it’s about all word’s

PT Dwi Sapta Advertising

Posted on: February 23, 2008

Sukses dengan mengusung 9 kredo

Bagi dunia bisnis, industri periklanan adalah rekan kerja. Sebab, tujuan beriklan adalah menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat secara efektif agar kena sasaran.

Tentu tidak mudah untuk mewujudkan sebuah iklan pelayanan masyarakat yang efektif dan mengena. Sebab, saat ini di dunia promosi ataupun pemasaran, timbul pernyataan yang meragukan keefektifan iklan dalam mempengaruhi konsumen.

Salah satu sebabnya adalah jumlah iklan yang diterima konsumen sudah terlalu banyak, baik iklan komersial maupun iklan layanan masyarakat, sehingga membuat iklan susah diingat.

Bahkan iklan yang kadang terlalu berlebihan atau mengada-ada, membuat iklan tidak dipercaya. Akibatnya, penonton tidak mampu menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Belum lagi bujet iklan sering menjadi pertarungan antara bagian keuangan dan bagian penjualan sebuah perusahaan. Keuangan menuntut benefit dari cost yang telah dikucurkan sementara penjualan umumnya kesulitan menunjukkan statistik benefit dari biaya iklan yang akan dikeluarkan.

Segala tantangan ini harus pintar-pintar diakrabi oleh industri periklanan. Salah satu perusahaan iklan kelas atas yang sanggup secara cerdas mengakrabi lika-liku tantangan ini adalah Dwi Sapta Advertising.

Perusahaan periklanan yang awalnya adalah studio fotografi bernama Studio 27 didirikan oleh Aloysius Adji Watono. Jebolan jurusan fotografi Adolf Lazi School, Stuttgart ini secara bertahap berhasil menjadi salah satu pemain penting industri periklanan di tanah air.

Pada 1982, berkat keuletan dan kerja keras, Studio 27 mendapat order dari PT Djarum untuk membuat foto-foto produk rokok untuk iklan, brosur, serta company profile.

PT Djarum yang merasa puas lantas menawarkan pekerjaan lainnya yang lebih kompleks seperti pembuatan spanduk. Walau belum punya pengalaman, tawaran itu diterima termasuk mempekerjakan orang-orang terbaik di bidang itu.

Tiga tahun kemudian, kesulitan itu justru dilihat sebagai peluang melakukan ekspansi dengan mendirikan perusahaan Screen Printing bernama PT Intan Gading Kencana Persada.

Perusahaan baru ini bergerak di bidang jasa pembuatan aneka bentuk promosi medium cetak, mulai dari papan reklame, brosur sampai koran.

Tumbuhnya media televisi swasta berkat deregulasi dunia pertelevisian nasional pada 1989 yang melahirkan Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah peluang lain yang segera ditangkap Dwisapta.

Alhasil, Dwi Sapta berkembang menjadi PT Dwi Sapta Pratama, perusahaan yang menawarkan full service advertising agency yang menggeluti bellow the line dan above the line alias iklan televisi komersial.

“Butuh keberanian, kenekatan dan perhitungan yang cepat untuk menanggapi kecepatan dunia bisnis. Tanpa melakukan hal tersebut kita bisa tergilas,” tutur Adji Watono.

Lagi-lagi PT Djarum menjadi klien pertama mereka, lalu Minigrip dan Mixagrip dari PT Dankos Labs. Setahun kemudian PT Ceres datang dengan Meises Ceres dan Biskuit Selamat. Demikian pula PT Sido Muncul dengan produknya Tolak Angin.

Seperti membuka pintu lebar-lebar, giliran PT Herlina Indah Group mempercayakan Sari Puspa dan PT ICI dengan produknya Cat Catylac. Pada 1995 Dwi Sapta berbiak mendirikan Netracom Film Production – production house dan TV production.

Sayang badai krisis kemudian datang menghempas pada 1998. Akibatnya, banyak perusahaan periklanan yang terkena imbas dan harus gulung tikar karena bujet iklan merosot drastis.

Dwi Sapta pun melakukan manuver dengan meyakinkan klien agar terus beriklan dengan biaya murah tanpa menurunkan kualitas bahkan melakukan subsidi. Hasilnya, PT Kino menghampiri dan sukses dengan produk Kino Candy yang diiklankan.

Pada 1999 menjadi berkah bagi Dwi Sapta karena berdasarkan riset yang dilakukan lembaga Frontier, iklan Kino Candy, Briko, Mextril (obat batuk) dan Adem Sari mendulang sukses besar. Saat itu Dwi Sapta mampu menggarap 30 iklan televisi dengan 90 % di antaranya adalah iklan baru.

Untuk selanjutnya, klien iklan datang dengan sendirinya hingga kini. Peringkat Dwi Sapta pun terus melonjak dan mulai masuk ke peringkat 10 besar perusahaan periklanan lokal.

Menanggapi pertumbuhan tersebut, Dwi Sapta lagi-lagi berbiak menghasilkan Neo Post-perusahaan di bidang post production, digital off line, editing iklan televisi-dan Divisi Special Project (untuk melayani pembuatan TV programme, event organizer dan public relations) pada 2004.

Formula sendiri

Tentu saja tak mudah mewujudkan hal itu, pada umumnya industri periklanan sangat bergantung pada kondisi ekonomi secara makro belum lagi persaingan yang ketat seperti banting harga.

Menurut Adji Watono, setidaknya ada sembilan kredo yang menjadi nilai lebih Dwi Sapta dibanding perusahaan periklan lain selama 25 tahun berkarya.

Sembilan kredo tersebut adalah creative that sell bahwa dalam membuat iklan haruslah menjual. Untuk itu iklan yang dibuat haruslah single message, simple, segmented, focus to your target market atau hard sell.

Agar iklan mudah mencuri perhatian, Dwi Sapta harus selalu be differet, be controversial, big idea atau haruslah lain dari yang lain “Bahkan kalau perlu, menimbulkan kontroversi di kalangan target pasar.”

Namun, dari semua hal tersebut ada prinsip yang tidak mungkin disamai oleh perusahaan iklan milik modal internasional yaitu Q-C-D atau best quality, reasonable cost dan Speed ditambah fleksibilitas.

“Soal fleksibilitas atau musyawarah mufakat dengan klien ini tak mungkin bisa disamai pebisnis luar negeri. Ini keunggulan pebisnis dalam negeri yang mungkin dilupakan,” tutur Adji.

Selain itu wajib melayani klien dengan sepenuh hati, layanan yang didasari jiwa dan hati yang tulus untuk membantu klien (serve from the heart).

Hal tersebut terus ditingkatkan pada tataran hubungan dengan klien tak hanya sebatas hubungan kerja, tapi lebih dalam lagi yaitu persahabatan, kedekatan, kejujuran ,saling percaya, keterbukaan, loyalitas serta komitmen ini memenuhi credo create intimicy, build agency dan client chemistry.

Menurut Adji, dengan demikian bisa tercipta hubungan saling mendengarkan dan tahu kebutuhan, keinginan, harapan dari klien dan memenuhinya secara efektif (sleep with clients, listen to their needs, their wants and expectations)

Salah satu kredo yang kemudian menjadi prinsip Dwi Sapta yang paling unik adalah Make your clients succeed rirst and your success will follow, intinya apabila mampu membawa klien sukses, dengan sendirinya kesuksesan akan menghampiri perusahaan Anda.

Jika hal ini sudah dilakukan, umumnya akan tercipta hubungan klien jangka panjang yang tentu saja memberikan jaminan keuntungan.

“Prinsipnya bahwa memberi kepuasan pada pelanggan tak cukup lagi, maka untuk mencapai sukses jangka panjang harus membuat klien kami loyal bukan kepalang,” tegasnya.

Tentu saja hal ini bisa dilakukan siapapun. Yang mutlak adalah kerja keras, ketekunan, keuletan, kesabaran, komitmen dan bekerja dengan sepenuh hati , berdedikasi dan mencintai profesi yang digeluti.

Bisnis Indonesia Edisi: 22/10/2006

31 Responses to "PT Dwi Sapta Advertising"

bisa minta riset yang dilakukan terhadap iklan sido muncul versi truly indonesia? sekaligus daftar anggaran belanja iklannya. untuk kepentingan tugas kuliah

Dear Pak Adji Watono,

Sukses buat bapak dan Dwisapta …

salam,
Handri

event off air & iklan radio apa saja yg pernah dan sedang di jalani oleh dwisapta pada saat ini?..
terima ksasih…

pak Aji Watono,,
dapat salam dari anak” SMA Yosef..
sukses aja buat 27Advertising y…

jangan lupa datang lagi ke SMA tercinta,

saya suka bangeet lho iklan yang di eksekusi oleh dwi sapta adversing
untuk tolak angin semua fersi nya. teritama tagline nya orang pintar minum tolak angin siapa y..yg
mencetuskan slogannya itu…?

apa kabar eventnya dwi sapta? saya harap tidak lupa denga frontline indonesia event & brand activation
see our profile at frontlineindonesia.wordpress.com
terima kasih
ditunggu aktifasi produknya di jawa tengah, dan kami siap membantu
salam sukses
ali,frontline
08180-4566-888

saya ingin bergabung dengan dwi sapta, posisi apa yang di butuhkan sekarang.
thank

sukses terus ya wat 27,

buat Pak Adji Watono,aku pengen banget setelah lulus aku pengen kerja di sana.aku pengen banget sukses kyak pegawai2 Bpk skrang.

saya bekerja di makassar tv,..bagian marketing….ya…pengen punya teman yg kerja di agency ikaln tv,….itung itung…bisa kerjasama…..tolong bantuanya. than before

No : 102/CNS/ADV/XI-09
Hal : Penawaran Kerjasama

Palangkaraya, 14 Nopember 2009

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Dwi Sapta Advertising
Up.Adji Watono
Di –
Tempat

Dengan hormat,

Kami dari Radio Canisa fm ( group ) Palangka Raya di kalimantan tengah

berkeinginan sekali menjalin hubungan kerjasama dengan Biro Iklan yang bapak pimpin

sebagai bahan pertimbangan,berikut kami lampirkan alamat website kami.

Atas perhatian nya tak lupa kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ady Nugroho
Pimpinan

Kpd bagian HRD Dwi Sapta

Saya mahasiswa D3 periklanan UNPAD, bermaksud untuk bisa melakukan Praktek Kerja Lapangan di Biro Iklan Dwi Sapta pada bulan februari nanti.
Saya pernah melakukan kunjungan perusahaan di Dwi Sapta, maka dari itu saya tertarik untuk bisa bergabung dan mempelajari lebih dalam segala aktifitas di Dwi Sapta.
Mohon syarat dan ketentuan Untuk PKL, di balas ke email saya.
Terima Kasih…

Kepada Yth.
Bapak Aloysius Adji Watono

Pak, saya ingin menawarkan ruang untuk pemasangan iklan untuk produk apa saja di mobil pribadi dan di depan toko. Gimana caranya ? Apakah bapak bisa membatu untuk hal yang saya maksudkan. Saya mohon informasi selanjutnya dari bapak. Sebelum dan sesudahnya diucapkan banyak terima kasih.

Salam

halo ada yang tau Soundtrack lagu di iklan meises ceres itu ada lagu aslinya atau tidak? pengen tau bs download dimana lagunya
liriknya kira2 seperti
“when I wake up in the morning…..bla bla bla
in memory like this..taburkan meises ceress taburkan cintamuu”

haha… gw pikir mungkin aja lagunya ada lagu asli trus diubah dikit sesuai iklan. kalo ada lagu aslinya bole info ga dimana bs donlod? thx

Saya Bayu Adias mengajak PT Dwi Sapta Advertising untuk bekerja sama dalam bidang fotografi. Saya menawarkan jasa fotografi, keahlian saya dalam bidang fotografi dapat digunakan untuk:

– Foto produk
– Foto interior
– Foto kegiatan para karyawan
– Foto karyawan
– Foto gedung
– Foto events
– Dsb

Saya kenakan biaya sebesar Rp. 750.000/50 foto (CD) dan untuk setiap produk dikenakan biaya sebesar jumlah produk yang akan difoto, sebagai berikut:

1. 1 – 5 = @Rp. 100.000
2. 6 – 10 = @Rp. 75.000
3. >10 = @Rp. 50.000

Contoh:
Ada 3 (tiga) produk yang akan saya foto, 3×100.000 = Rp. 300.000 atau ada 11 (sebelas) produk yang akan saya foto, 11×50.000 = Rp. 550.000

Biaya foto produk tersebut hanya berlaku jika di dalam studio. Seluruh biaya foto sudah termasuk biaya edit.

Contoh foto produk dapat dilihat pada link http://www.flickr.com/photos/36614795@N04/

Jika butuh contoh foto interior dan model dapat saya kirim melalui email, terima kasih.

021 – 9180 5925 (Bayu Adias) atau adiasbayu@yahoo.com

disini nerima mahasiswa yang kkl gak.

Sukses selalu buat pak adji dan dwisapta.
Terima kasih atas hadiah tour office dwi sapta yg diselenggarakan bulan mei lalu untuk siswa-siswi berprestasi dari sma pl st.yosef solo.
Saya adalah salah satu yang beruntung mendapatkannya.
Pengalaman yg sungguh berharga.

ngak taunya netracom dah 15 tahun berdiri hidup netracom…………..sukses buat bpk aji watono……

KAMI DARI PT. RADIO AL-MA’ARIF FM KAB. BONE SUL-SEL MENAWARKAN KERJASAMA KEPADA PERUSAHAAN ANDA DALAM BENTUK ADVERTISING DAN SPONSOR ACARA DI RADIO KAMI YANG MEMPUNYAI PENDENGAR MENCAKUP BEBERAPA KABUPATEN DI SUL-SEL…BESAR HARAPAN KAMI AGAR KERJASAMA INI BISA TERJALIN YANG BISA MENGUNTUNGKAN KEDUABELAH PIHAK
LEBIH LANJUT LIHAT PROFIL KAMI DI http://radioalmaarifm.wordpress.com

Pak saya ingin mengikut sertakan anak saya dalam audisi calon bintang iklan…khususnya bayi, bagaimana caranya???

saya adalah mahasiswa jurusan periklanan semester 5. di perusahaan bapak bisa menerima mahasiswi yang ingin KKL (kuliah kerja lapangan ) atau tidak. mohon balesan segera ke email saya.

Terima Kasih

salam kenal,

Kami dari Radio DJATI FM 103,6 MHz Banda Aceh – Jejaring Aceh Media – Innnovative Communications ingin sekali menjalin kerjasama dengan PT. Dwi Sapta Advertising khusunya di daerah Aceh. Thanks

Rgds,
Amin
Public Relation
Radio Djati FM-Jejaring Aceh Media-Innovative communications
Jl. Kartini No.2 Peunayong
T/F: +62 651- 22772/ 637643
M : +62 813 8677 4175

saya salah satu mahasiswa UNSOED Purwokerto, kami pada bulan februari akan mengadakan Komunikasi Tour dab kami tertarik untuk mengunjungi Dwi Sapta advertising agency..
nah kami ingin tau gimana caranya agar kami bisa mengadakan kunjungan kesana.. minta contact person juga yaaa…
thx..

Lieber Adji
Endlich habe ich dich gefunden
Gratuliere zu deinem Erfolg.
Bin immer noch in Berlin, und denke an euch. Ralf und Patra sind leider schon lange keine Familie mehr. Bitte melde dich.
Ich arbeite immer noch im Martin-Luther-Krankenhaus Berlin.
Ganz herzliche Grüsse aus dem Winter mit ganz viel Schnee
Gabi

ass n mat pagi kami dari PT RADIO MAHARDIKA TOLITOLI SULAWESI TENGAH yang merupakan radio suasta satu satu berdiri sejak juni 2008,ingin mengajak kerja sama kepada pt dwi sapta advertising….mohon petunjuknya ya….terimakasih

Salam bwt pa adji,,saya berniat untuk magang ditempat/perusahaan bpk.. bagaimana carany untuk bs magang ditempat/perusahaan bpk.trima kasih

Salam Damai Dalam Kasih Tuhan,,

Pak adji,saya salah satu siswi yang akan berkunjung ke kantor Bapak dari SMA Yosef Solo.
Setelah membaca profil di atas saya berniat untuk semakin ingin tahu dan belajar mengenai periklanan apalagi saya akan masuk ke fakultas komunikasi di universitas tahun ini.
Semoga selama 3hari di Jakarta besok saya bisa banyak belajar..
Trima kasih

Mat malam pak, maaf mengganggu,kami dari Harian Umum mercusuar, koran lokalan tertua di sulteng terbit sejak tahun 1962, terbit sertiap hari, 20 halaman ful coulor dan menjangkau 10 kabupaten dan 1 kota. Setelah membaca profil Dwi Sapta edisi Swasembda 7 Desember 2011, kami sangat tertarik menjalin kerja sama dibidang advertesing. kami sangat merespon jika perusahaan bapak meresponnya. info baliknya kami tunggu. Trims

Sabar itu baik

salam sukses untuk PT.DWI SAPTA PRATAMA

Baik itu sabar
salam super pak….!!!!!

Baik itu sabar
salam sukses….!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: