it’s about all word’s

Selamat datang di negeri klenik

Posted on: February 23, 2008

Belakangan ini klenik dan pasukan setan tampaknya sudah bermutasi dari yang tadinya ditakuti dan bisa membuat bulu kuduk bergidik menjadi sesuatu yang disukai dan bisa membuat banyak orang terhibur.

Bagaimana tidak. Hampir semua stasiun TV menyuguhkan acara beraroma klenik kepada jutaan pemirsanya. Sebut saja Dunia Lain, Siang Mencekam, Tumbal Darah Perempuan, Gentayangan, Uka-uka, Tali Pocong, Kolor Ijo, Boneka Dajjal, Ekspedisi Alam Gaib, Pesugihan, Tim Pemburu Hantu, dan masih banyak judul lainnya yang bisa membuat Anda ‘kesetanan’. Klenik telah dikemas dengan bingkai budaya. Bahkan demi mengokokohkan keberadaannya sebagai acara dengan rating tinggi, Dunia Lain memiliki komunitas tersendiri dalam sebuah situs internet.

Hebatnya lagi, acara tersebut menjadi acara yang ditunggu-tunggu dan mampu bertengger pada rating yang menggiurkan dibandingkan acara hiburan lainnya. Bahkan dalam perhelatan pemberian penghargaan untuk program TV, acara bertajuk klenik tak sedikit yang dianugerahi piala.

Setan sudah menang di dunia ini. Dia berhasil merebut perhatian banyak orang dan sanggup terus bertahan. Ketika film Buruan Cium Gua diputar di bioskop, badai protes pun muncul diikuti dengan penarikan film dari peredaran. Ini berbeda dengan nasib yang dialami film Di Sini Ada Setan. Film ini lolos dari benak sensor banyak orang sehingga semakin mengukuhkan kebenaran bahwa negeri ini adalah negeri klenik.

Memasuki 2005 orang langsung mengaitkannya dengan tahun ayam kayu. Di penghujung 2004 pun ramalan mengenai 2005 sudah deras mengalir dilontarkan paranormal. Ada yang mengatakan banyak pasangan artis akan cerai-sebenarnya tanpa diramal pun ini sudah menjadi ‘tabiat’ artis-dan tak sedikit yang melihat ketidakberuntungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun ini.

Tapi siapa yang peduli dengan ramalan itu? Ternyata banyak juga dan bahkan hampir setiap orang mempercayainya. Ada yang mengatakan ramalan paranormal tentang SBY tepat. Karena selama dia menjabat sebagai presiden bencana muncul silih berganti.

Di negeri ini apapun bisa dikaitkan dengan klenik. Klenik pun bisa dikaitkan dengan bisnis. Ya, bisnis klenik.

Pengusir setan

Sekarang ini tak jarang kita jumpai paranormal yang berprofesi sebagai pengusir setan. Mengusir mahluk halus pun menjadi jasa yang banyak diminati orang. Mulai dari orang biasa berpendidikan rendah hingga ‘orang penting’ yang punya latar belakang pendidikan segunung. Semuanya percaya bahwa di sini ada setan dan setan harus diusir jauh-jauh.

Para pengusir setan ini, selain mempromosikan jasanya dari mulut ke mulut, ada juga yang memasang iklan di sejumlah media masa lengkap dengan alamat, nomor telepon atau mahar yang nota bene pengganti jasa.

Mereka, para pengusir setan ini, mengaku bisa mengusir setan rumahan atau setan kantoran hanya dalam waktu beberapa jam. Tarif jasa atau maharnya tentu berbeda antara mengusir setan rumahan dengan kantoran. Dengan uang Rp300.000 setan rumahan bisa diusir, Tapi untuk setan yang ada di kantor, biayanya bisa Rp4 jutaan. Mungkin di kantor setan juga ‘mengantor’.

Di AS pun banyak sekali kelompok pengusir setan. Bahkan di Negeri Paman Sam ini setan diteliti dengan metode yang sangat ilmiah. Misalnya saja South Jersey Ghost Research (SJGR). Organisasi nirlaba ini didirikan untuk mempelajari roh-roh halus. Pemimpin SJGR David Juliano bersama rekan-rekannya mengajarkan peneliti-peneliti pemula untuk menggunakan alat pendeteksi hantu.

Organisasi ini selalu menggelar acara rutin tahunan di Gedung Ritz Theater di Oaklyn, New Jersey, AS. Dalam acara itu, kelompok pengusir setan ini memburu hantu yang berada di gedung teater dengan kamera. Ritz dipilih karena tempat pertunjukan kesenian yang berdiri sejak 70 tahun lampau ini konon berpenghuni makhluk tak kasat mata.

Kalau SJGR beroperasi hanya di New Jersey, maka di Chicago pun jumlah kelompok pengusir setan cukup banyak.

Pada 2003 lalu misalnya, uskup agung di Chicago secara resmi mengangkat seorang exorcist alias dukun pengusir setan yang bertugas penuh. Dukun pengusir setan ini dikukuhkan mengingat banyak sekali kasus orang kesurupan di AS. Ini adalah kejadian pertama kalinya dalam sejarah keuskupan Chicago yang sudah berlangsung 160 tahun. Para pakar gereja di sana mengatakan, jumlah exorcists terus bertambah dalam 10 tahun terakhir ini.

Eksistensi klenik kenyataannya tak hanya di negara-negara tertinggal, melainkan juga di negara maju. Apakah ini bukti bahwa kita semua memang sudah ‘kesetanan’?

Bisnis Indonesia Edisi: 30/01/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: