it’s about all word’s

Sukses tak lazim

Posted on: February 23, 2008

Judul : The XO Way: 3 Giants 6 liliputs
3 Pedoman Emas & 6 Teknik Ampuh
Penulis : Herry Tjahjono
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Maret 2007
Tebal : 198 halaman

Satu hari Rhenald Kasali dalam sebuah perbincangan pernah mengatakan sampai saat ini bintang dari industri buku Tanah Air adalah buku kiat (self-helf) dan buku know how. Tak heran buku jenis ini membanjiri pasaran.

Ucapan pengajar UI itu terbukti. Herry Tjahjono dengan The XO Way berhasil menghentak pasar. Direktur HR sebuah perusahaan properti yang dikenal luas sebagai corporate culture theraphist itu diakui pembacanya berhasil menyuntikkan segenggam motivasi.

Terbit awal Maret, tak sampai sepekan buku ini langsung ludes di pasaran dan saat ini tengah dalam proses naik cetak yang ketiga. Luar biasa, sekaligus menarik untuk dikaji.

Seperti halnya penulis top lain macam Rhenald Kasali atau Hermawan Kertajaya, Herry dengan lugas berhasil menyajikan pengetahuannya sebagai praktisi berlatar pendidikan formal psikologi dengan keseriusannya sebagai seorang pemikir yang berwawasan luas.

Ramuan itu lalu disajikan dalam formula khas cita rasa seorang budayawan sekaligus kolumnis. Hasilnya, sebuah paparan yang jauh dari kesan kering karena sekadar menyodorkan tip yang rutin ditemui dalam sebuah buku praktis.

The XO Way sejak awal tampak digarap dengan pendekatan yang ‘ilmiah’, tidak hanya mengandalkan ide kreatif namun dengan bernas dibingkai dengan teori-teori yang kokoh.

Sebut saja saat Herry dengan mudahnya melontarkan teori para pemikir serius macam Heidegger, Deepak Chopra hingga Isaiah Berlin. Pemikiran mereka tak terasa menyesakkan pembacanya karena disusun rapi sehingga relevan dalam mendukung setiap paparan.

Gaya Herry yang intelek namun tetap membumi itu mengingatkan saya pada dua penulis kondang di Tanah Air asal Kota Gudeg yakni YB Mangunwijaya atau Romo Mangun dan Umar Kayam.

Maklum bahasan XO Way termasuk jarang diurus para penulis lain. Herry bermaksud menguliti berbagai extra-ordinary way alias jalan yang tidak umum dalam hidup dengan jargon 3 Giants dan 6 Liliputs, yang beraroma dongeng terkenal.

Jika diteliti Herry sangat terbantu dengan kehadiran Ariobimo Nusantara dan penata isi Samsudin. Hasilnya buku setebal 198 halaman tersaji dengan sistematika yang rapi antara teks, gambar, foto, ilustrasi, kutipan dan lembar pelatihan bak sebuah sesi tatap muka yang akrab.

Mengikuti tiga pedoman emas yang disodorkan, buku ini dibagi ke dalam tiga bagian besar a.l. Giant Hope, Giant Paradigm dan Giant Goal. Lalu enam teknik superefektif untuk menjadikan individu sebagai the giant person.

Salah satu teknik yang dianjurkan Herry adalah Teknik Landak. Binatang tersebut mengajarkan sebuah filosofi yang sangat penting dan mendasar, yaitu agar kita jangan terfokus untuk menjadi yang “terbaik dalam banyak hal”, baik di tempat kerja maupun dalam lingkungan masyarakat.

Tapi yang lebih utama, adanya kesadaran dan pemahaman kita untuk menemukan hal terbaik apakah yang ada dalam diri kita. Intinya, bagaimana kita menemukan hal terbaik dari diri kita dalam menjalani kehidupan.

Dengan perspektif yang kaya, pendekatan metaforis yang universal dan unik buku ini berhasil mengajak pembacanya mengembangkan diri menuju kesejahteraan dan kemakmuran hidup tanpa meninggalkan kepekaan dan kearifan sebagai manusia.

Bisnis Indonesia Edisi: 15/04/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: