it’s about all word’s

Tuntunan asyik meliput dunia bisnis

Posted on: February 23, 2008

Judul : Covering Oil
Editor : Svetlana Tsalik dan Anya Schiffrin
Penerbit : Yayasan Pantau, Juni 2007
Tebal : 230 halaman

Judul : Business and Economic Reporting
Meliput Perusahaan, Pasar Uang dan Ekonomi Makro
Penulis : Anya Schiffrin, Margie, Freaney, dan Jane M. , Folpe
Penerbit : Yayasan Pantau, Mei 2007
Tebal : 81 halaman

Darah Bumi. Begitu orang menyebut minyak bumi. Bagi warga pribumi, minyak yang terkandung di tanah mereka adalah berkah sekaligus bencana. Berkah karena roda ekonomi akan bisa diputar, sebaliknya akan banyak pertumpahan darah karena perang kepentingan.

Banyak rakyat di negara yang memiliki sumber daya alam ini justru menjadi golongan paria. Tersingkir dari gemerincing uang industri ini. Pada titik ini wartawan memiliki tanggung jawab sebagai anjing penjaga untuk menyajikan berita seputar industri minyak dengan jernih.

Sebagai suara publik, wartawan memiliki tanggung jawab untuk menekan pemerintahnya agar transpraran dan menggunakan pendapatan dari industri minyak untuk kepentingan publik.

Buku Covering Oil diharapkan mampu memberikan informasi praktis untuk wartawan yang meliput industri perminyakan dengan mendalam termasuk analisis sisi-sisi dampak ekploitasi tambang minyak bagi negara penghasil minyak.

Harapan ini cukup pantas disematkan mengingat buku ini ditulis oleh delapan penulis a.l. Joseph E. Stiglitz, Terry Lynn Karl, John Roberts, Katherine Stephan, Jenik Radon, Randall Dodd, David Waskow dan Carol Welch.

Proses translasi buku ini patut mendapat pujian karena mampu menjaga roh tulisan masing-masing penulis. Kekurangannya adalah pada ketiadaaan contoh studi kasus liputan industri minyak di Indonesia yang lebih berwarna dan licin.

Industri uang

Sementara itu pada buku Business and Economic Reporting lebih mirip sebuah buku pegangan daripada sebuah buku naratif yang bisa menggiring wartawan agar makin cerdas menelisik industri keuangan.

Ketersediaan informasi yang akurat tentang transaksi keuangan, perkembangan ekonomi, dan kondisi pasar sangat esensial bagi perkembangan dan pertumbuhan demokrasi.

Bahkan di negara yang belum sepenuhnya menerapkan kebebasan pers, informasi bisnis dan ekonomi yang akurat, berimbang, dan terbuka tidaklah sedikit manfaatnya membuat masyarakat lebih melek dengan informasi bisnis terkini.

Justru dengan ujudnya, buku pegangan ini makin mudah menukik dengan menyediakan beberapa kiat dasar dan saran tentang bagaimana meningkatkan liputan bisnis dan ekonomi.

Manual ini dirancang untuk mengajar dasar-dasar liputan bisnis dan ekonomi, serta menyelami secara mendalam topik-topik khusus seperti perusahaan, komoditas, perbankan, atau ekonomi secara umum.

Tiap bab dalam buku ini berisi kiat-kiat menemukan narasumber dan ide cerita yang membantu Anda melakukan liputan yang kuat. Bagian terakhir ditujukan untuk menemukan bahan-bahan tentang bisnis dan ekonomi secara online.

Hanya saja patut diingat, seluruh bidang peliputan termasuk masalah keuangan tak sekadar mengandalkan pelatihan. Justru pengalaman dan menyebar jaringan informasi yang lebih diperlukan.

Bisnis Indonesia Edisi: 21/10/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: