it’s about all word’s

Apakah Soeharto juga akan menggugat PBB?

Posted on: March 1, 2008

Cerita tentang dugaan korupsi yang dilakukan mantan Presiden Soeharto seperti tak ada habisnya.

Beberapa hari lalu, ingatan publik seperti terbuka kembali menyusul putusan Mahkamah Agung (MA) yang memenangkan Soeharto dalam perkara dugaan pencemaran nama baik melawan Majalah Time Asia terkait laporan utama media itu mengenai Soeharto Incorporated yang dilansir beberapa tahun lalu.

Yang menarik, tak lama berselang, laporan hasil kerja sama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bank Dunia seperti ‘mengklarifikasi’ dugaan korupsi Soeharto. The Smiling General mendapat ‘kehormatan’ dari badan dunia itu sebagai pemimpin nomor wahid pencuri aset negara.

Sekjen PBB Ban Ki-moon sendiri yang merilis laporan Inisiatif untuk Mengembalikan Aset yang Dicuri’ (The Stolen Asset Recovery Initiative atau StAR Initiative), Selasa pekan ini, langsung dari Markas Besar PBB di New York.

Dalam pernyataannya, Ban mengungkapkan bahwa PBB cukup prihatin terhadap praktik korupsi yang menimbulkan dampak luas, mulai dari hilangnya prinsip demokrasi dan nilai-nilai hukum, sampai pada ancaman kejahatan HAM. Praktik korupsi oleh aparatur negara juga dapat menghilangkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Dalam daftar yang dikeluarkan PBB itu, Soeharto masuk pada peringkat pertama dari sepuluh pemimpin dunia yang dikategorikan sebagai pencuri kekayaan negara.

PBB memperkirakan jumlah kekayaan negara yang dicuri Soeharto berkisar antara US$15-US$35 miliar. Posisi kedua diduduki mantan Presiden Filipina mendiang Ferdinand Marcos. Selama periode kepemimpinannya (1972- 1986), Marcos diduga menilep uang negara sebesar US$5- US$10 miliar. Mantan Presiden Zaire Mobutu Sese Seko berada pada peringkat berikutnya, dengan kerugian negara diduga US$5 miliar selama 1965-1997.

Sementara itu, pada posisi ke- 10 terdapat mantan Presiden Filipina lainnya, Joseph Estrada (1998-2001) dengan kerugian negara sebesar US$70-80 juta.

Estrada baru saja divonis pengadilan Filipina dengan hukuman penjara seumur hidup.

Proses pengadilan

Tim Kuasa Hukum Soeharto mempertanyakan pemeringkatan yang dirilis PBB itu. Data- data yang dipakai PBB dalam menghitung dana dugaan korupsi Soeharto dianggap tidak memiliki validitas yang kuat. Mereka menduga penghitungan dilakukan dengan menggunakan data-data yang dipublikasikan Time.

Lepas dari soal korupsi Soeharto, laporan PBB itu tampaknya akan dijadikan novum (bukti baru) bagi Time dalam mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan MA.

Kuasa hukum majalah itu, Todung Mulya Lubis, mengatakan kemungkinan itu tidak tertutup. “Namun, saat ini eksekusi oleh pihak penggugat [Soeharto] harus menghadapi mekanisme hukum lintas negara.

Dalam kasus ini berita acara pidana (BAP) Indonesia tidak bisa dipaksakan pada sistem hukum negara lain,” ujar Todung, kemarin.

Tapi pakar hukum Nono Makarim Anwar menilai kecil peluang bagi Time untuk menggunakan daftar StAR Initiative sebagai novum dalam pengajuan PK .

Sementara itu, Menlu Hassan Wirajuda menyatakan prakarsa PBB dan Bank Dunia menyangkut StAR Initiative itu diharapkan dapat efektif membantu upaya Indonesia ataupun negara berkembang lainnya mengembalikan dana-dana yang dikorupsi dan kemudian disimpan di negara maju.

Secara terpisah, Kapuspenkum Kejagung Thomson Siagian menyebutkan data menyangkut kekayaan Soeharto yang diungkap PBB dan Bank Dunia itu bukan data baru. Tapi, “Kami berjanji akan mempelajari data tersebut guna melihat sejauh mana manfaatnya untuk melacak aset negara,” katanya.

Satu hal, Soeharto telah menggugat Time atas dugaan pencemaran nama baik. Adakah Soeharto juga akan melayangkan gugatan yang sama terhadap PBB-Bank Dunia?

Bisnis Indonesia Edisi: 20/09/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2008
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: