it’s about all word’s

Jetstar Asia/Valuair invasion

Posted on: March 1, 2008

‘Kami ingin menjaga nama maskapai murah’

Setelah lama tak terdengar pascamerger, maskapai penerbangan Jetstar Asia/Valuair berancang-ancang lebih merentangkan sayapnya ke kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Tak pelak, persaingan penerbangan bertarif murah di kawasan dengan pertumbuhan penumpang angkutan udara tertinggi kedua di dunia itu bakal kian sengit.

Jetstar Asia sendiri merupakan anak perusahaan gabungan antara Qantas Australia (49%) dan pengusaha lokal Singapura Tony Chew (22%), FF Wong (10%,) serta Temasek Holding (19%). Untuk mengetahui bagaimana langkah maskapai itu merayu pasar, CEO Jetstar Asia/Valuair Chong Phit Lian mengungkapkan kepada Bisnis.

Bagaimana Anda melihat prospek bisnis Jetstar Asia/Valuair di pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia?

Menurut kami, dalam tiga tahun terakhir ini maskapai kami mendapatkan reputasi yang baik dalam bidang keselamatan. Aspek pelayanan kepada pelanggan kami juga baik di Indonesia.

Kesempatan di bisnis moda penerbangan juga masih terbuka lebar di sini dan kondisi ini juga tak terlepas dari perbaikan perekonomian negara [Indonesia].

Apa yang ditawarkan perusahaan Anda untuk bersaing di maskapai bertarif rendah?

Kami juga terus berusaha meningkatkan produk kami, dalam hal ini keselamatan, sehingga bisa masuk ke Terminal 1 dan 2 di Bandara Changi [Singapura] seperti halnya penerbangan internasional lain.

Kami juga memberikan pelayanan kargo tambahan kepada penumpang hingga 20 kg. Semua pesawat kami memiliki perlengkapan avionik terbaik, di mana dengan sistem ini kami ingin menjaga nama maskapai penerbangan murah.

Intinya, sebagai maskapai penerbangan murah kami bisa melakukannya dengan benar karena kami memiliki basis di Singapura. Kami juga memiliki komite keselamatan yang mengontrol sisi keselamatan dari Qantas.

Bagi kami, sistem keselamatan dikomunikasikan oleh pilot dan semua orang wajib mengetahuinya sebab keselamatan adalah syarat mutlak.

Baru-baru ini, dunia dikejutkan kecelakaan pesawat dari maskapai penerbangan murah One Two Go (Thailand). Apakah ada pengaruh bagi maskapai Anda?

Peristiwa jatuhnya pesawat di Thailand tidak memengaruhi jumlah penumpang. Yang biasanya dipertanyakan penumpang adalah soal kerusuhan dan demonstrasi.

Konsumen umumnya sudah tahu kami memiliki komite keselamatan yang melihat apakah penerbangan berjalan lancar. Saya juga termasuk anggota komite itu. Tugas komite itu menilai dan memberikan jalan keluar jika ada masalah dalam operasional penerbangan.

Saat ini, ada berapa kota yang diterbangi Jetstar Asia/ Valuair di Indonesia?

Penerbangan ke Indonesia dilayani oleh Valuair. Kami terbang ke Jakarta tiga kali per hari, ke Surabaya enam kali per minggu, serta ke Bali kami terbang empat kali per minggu.

Kami mengharapkan bisa menambah frekuensi asal mendapatkan izin dari otoritas penerbangan di Indonesia.

Indonesia sekarang pasar yang tumbuh pesat dan tantangan kami adalah memberikan nilai tambah penerbangan. Salah satunya dengan pemotongan biaya penerbangan hingga 50%.

Apa ada rencana membuka rute baru di beberapa kota lain di Indonesia?

Sekarang kami juga tengah mengkaji kota tujuan baru di Indonesia. kalau sudah finalisasi saya akan informasikan ke Anda.

Banyak kota di Indonesia yang kami harapkan dapat kami jangkau seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar. Untuk jumlah penumpang, sejauh ini memang Bali yang paling bagus. Untuk daerah lain, kami harap Departemen Pariwisata [Depbudpar] dapat mempromosikannya.

Apakah ada rencana menambah frekuensi penerbangan ke tiga kota di Indonesia dari Singapura?

Kami mengharapkan bisa meningkatkan frekuensi penerbangan itu. Untuk Jakarta menjadi empat kali per hari, Surabaya 10 kali per minggu, dan Bali tujuh kali per minggu dengan mengoperasikan satu jenis pesawat Airbus A320.

Kami sudah menyiapkan penerbangan langsung dari Singapura ke Hong Kong atau ke Bangkok. Kota yang punya potensi adalah Bandung, Solo, dan Medan karena waktu tempuhnya tak terlalu lama. Lombok juga ada kemungkinan karena pasar penyelam dan Semarang juga bisa.

Wawancara bersama Hendra Wibawa

Bisnis Indonesia Edisi: 18/10/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2008
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: