it’s about all word’s

Nukilan sejarah musik Indonesia

Posted on: March 29, 2008

Judul: Album Emas Kris Biantoro
Artis: Kris Biantoro dan Tuti Maryati
Jumlah Lagu: 20 tembang
Produser: Kris Biantoro

Ketika menerima album yang diproduksi Kris Biantoro ini ada tanda tanya. Apakah album yang berisi 20 tembang ini sekadar kado untuk peringatan 70 tahun pria bernama lengkap Christoporus Soebiantoro itu.

Namun semua itu sontak berubah. Album yang diproduksi dalam kemasan double CD ini adalah usaha napak tilas penyanyi yang kondang dengan tembang Dondong opo Salak itu terhadap karya para pencipta lagu yang hampir terlupakan oleh para pecinta musik dalam negeri.

Sembilan penyanyi dan pencipta itu adalah Bing Slamet, Iskandar, A.Oesman, Saiful Bahri, Mochtar Embut, Suni Warkiman, Ismail Marzuki, Soetedjo, dan Soedharnoto yang terus dikenang sebagai para macan panggung di masa big band

Dengan bantuan pengarah musik Djanuar Ishak dan penata musik Didiek Ishak lagu ini mirip buku sejarah yang terasa lebih renyah karena selain menyanyikan dengan seorisinalitas mungkin, album ini dilengkapi sekelumit sejarah di balik semua lagu.

Sejak lagu pertama, Kris dengan suara merdunya mendendangkan ‘Hanya Semalam’ karya Bing Slamet yang romantis khas masa 1960-1970-an. Masa-masa ketika sosok yang digelari penyanyi adalah biduan yang sebenarnya.

Sebagai tembang dan harus dinyanyikan oleh manusia di luar produk instan industri musik masa kini, Kris sanggup secara sempurna menyanyikan tembang-tembang berkategori sulit.

Simak saja tembang ‘Sewindu’ karya Iskandar yang membutuhkan penguasaan suara, nada dan tempo menyanyi. Tembang yang dikenal sebagai neraka bagi para penyanyi.

Satu kekurangan yang terasa mengganggu adalah aransemennya yang terasa terlalu modern. Bagaimana pun roh sebuah big band tak akan bisa secara sempurna digantikan synthesizer.

3 Responses to "Nukilan sejarah musik Indonesia"

Ah tidak terasa, ternyata beliau masih terus berkarya. Dan tidak terasa pemeran Iklan ” Hi- A che ” ( Hiace ) itu ternyata masih tok cer..
Selamat untuk album emasnya Om Kris yg memang dari dulu dikagumi banyak org.
Selamat Om, dan semoga Selalu Sehat, dan selalu dalam Lindungan Tuhan dan tentu saja Murah Rejeki..

Ah jadi Rindu Indonesia.

Goth,
tolong ingetin aku ntar kalo ke jakarta aku mau beli album ini. kira2 gampang carinya semua toko kaset kan? pengalamanku, lumayan sulit cari album musik lawas…

oh album ini memang tak dijual bebas…tapi ntar aku tanyain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2008
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: