it’s about all word’s

Jean-Pierre Goy: Real Bond and Batman

Posted on: April 15, 2008

Setelah jadi Bond kini Batman

Hanya dalam hitungan bulan, sekuel Batman Begins akan hadir dengan judul, The Dark Knight. Masih dengan Christian Bale sebagai kesatria kelelawar kota Gotham, Batman yang dingin dan misterius.

Dibandingkan film terdahulu, Batman sejak digarap sutradara Christopher Nolan jauh lebih keras dan realistis. Artinya semakin banyak properti Batman yang memang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Tiga tahun lalu, Nolan menampilkan Batmobile yang mirip monster penubruk, maka 18 Juli nanti atas supervisi kepala desainer produksi Nathan Crowley akan ditampilkan untuk pertama kalinya Batpod atau motor gede milik Batman.

Tampilnya Batpod adalah penantian panjang karena semua sutradara film Batman kecuali Nolan selalu gagal menampilkan sosok moge tunggangan Batman yang futuristik itu.

Rumit karena Batpod digambarkan menuntut pengendaranya lebih mirip rebah harus mampu bermanuver sekencang motorsport dan berlompatan layaknya motor trail. Hasilnya selain desain konstruksinya yang rumit harus ada pengendara yang bisa menungganginya.

Beruntungnya saya tak perlu jauh-jauh menjumpai si pengendara Batpod ke Amerika. Cukup di Karang Anyar, Surakarta dalam ajang seri kedua U Mild U Bikers (UMUB) Safety Race to Asia 2008.

Pria penganti Christian Bale itu adalah Jean-Pierre Goy. Bagi penggila freestyler dan bikers di Tanah Air, Goy bukan sosok asing. Pria yang mengenal Jakarta lewat komik Tintin dalam seri ‘Penerbangan 714’ itu sudah berkali-kali beraksi di Indonesia.

Pemeran pengganti James Bond dalam James Bond ke-18, Tomorrow Never Dies itu tetap bertingkah edan meski Bupati Karang Anyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih ada dihadapannya.

Di depan orang nomor 1 Karang Anyar itu, pria kelahiran Chavanoz, Prancis, pada 1961 itu justru makin menggila menggeleserkan roda belakang BMW F650 GS-nya ganas menggilas aspal.

Sesekali diangkatnya roda depan (wheely) atau gaya mengangkat roda belakang (stopy) di dekat Iriani yang hanya mampu tersenyum-senyum. Entah ngeri malah senang.

“Goy kalau semakin diberi tepuk tangan atau disoraki penonton justru semakin gila. Nah lihat itu,” bisik Brand Manager U Mild, Yasin Tofani Sadikin.

Usai istirahat dari aksinya, Goy mendatangi saya yang sedang sibuk bertarung dengan ayam goreng Solo. Tak banyak basa-basi saya langsung mencecarnya dengan pertanyaan perihal aksinya di Batman yang masih misterius.

Iga patah

“Motor Batman ini sulit untuk dikendalikan. Posisi menungganginya terlalu rebah dan ban yang digunakan ekstra lebar. Butuh banyak modifikasi. Mulai dari rem, stang, peredam hingga mesin,” papar suami dari Cristine itu.

Agar bisa beraksi dengan maksimal Goy dengan bantuan delapan mekanik menghabiskan waktu tiga bulan hanya untuk memodifikasi dan belajar menunggangi Batpod. Delapan pekan di Chicago dan empat pekan di London.

Setelah semua siap untuk adegan saling sikut dengan Joker (diperankan almarhum Heath Ledger), Goy harus banyak berdiskusi dengan pengendara mobil yang dikomandoi rekan senegaranya, Rick Le Fevour .

Untuk satu adegan itu, Goy bersama kru pemeran pengganti harus hati-hati karena sutradara Christopher Nolan menuntut Batman dengan moge seberat 500 kg itu melaju kencang melawan arus kendaraan.

Tak sekadar lurus menerjang tapi Goy harus meliuk-liukkan menghindari mobil yang melaju ke arahnya. Ketika adegan ini Goy cukup kerepotan karena Batpod yang menggotong senapan mesin betulan itu ketika melaju kencang tak stabil.

“Saya harus bekerja keras. Tangan dan bahu saya harus menjaga stang tetap stabil. Senjata mesin di kanan dan kiri sangat berat dan bergoyang-goyang ketika diterpa angin,” ujarnya sembari meluruskan tangan.

Belasan kali dia harus mengulang proses adegan itu untuk tiga sampai lima kali pengambilan gambar yang hasilnya mematahkan dua tulang iga-nya karena salah memperhitungkan jarak terseret kendaraan ketika melakukan teknik jatuh.

“Iga ini cedera tapi saya puas adegannya yang spektakuler,” ujar pemeran pengganti Pierce Brosnan yang berhasil melakukan salah satu adegan yang paling spektakuler dan berbahaya dalam dunia perfilman.

Bercumbu dengan bahaya memang menjadi pilihan Goy. Seringkali menurut dia, isi kepalanya harus diletakkan demi tuntutan profesional yang tak sekadar membutuhkan nyali.

Agar bisa tetap bernapas dan melihat istri maupun menemani Mellani, putri semata wayangnya yang baru berusia 12 tahun, Goy harus rela menjalani rutinitas hidup yang kering. Tak bisa sembarangan makan dan pesta dunia malam.

Jadwal pertunjukkannya yang padat di sudut-sudut dunia menuntutnya menjaga tubuh selalu fit. Karena terlambat bereaksi ketika beraksi, jawabnya hanya cedera atau mati.

“Saya memang harus berhenti suatu hari. Tapi belum dalam waktu dekat. Saya masih ingin terus melakukan adegan spektakuler. Ini hidup saya dan bisnis saya,” tutur pria yang menjadi pengajar sekolah sepeda motor trail di Lyon, Prancis dan Marakesh, Maroko itu.

Ada hal yang menakutkan di atas sepeda motor? Goy tersenyum lebar. “Saya paling takut naik motor ketika mengantar Mellani sekolah. Naluri saya adalah melakukan atraksi. Bisa dibayangkan kalau tanpa saya sadar sudah melakukan wheely atau stopy!”

Anak kampung

Meski jago beraksi di atas roda dua dan suka mengajak pengunjung ikut serta dalam aksinya, Goy sejatinya tak punya latar belakang tukang ngebut. Pria ini asli orang desa dan orangtuanya adalah petani yang memiliki usaha penggergajian kayu.

Goy mendapatkan sepeda motor pertamanya di usia 16 tahun. Itu pun dengan diam-diam menjual salah satu kuda milik ayahnya. Untung sang ayah mendukung penuh keinginan anaknya.

Sejak memiliki motor yang disebutnya terbaik di dunia itu, lahan seputar usaha penggergajian kayu itu menjadi sarana awal untuknya bereksplorasi dengan kendaraan roda dua.

Tak puas hanya memutari kebun dan halamannya, Goy lantas mulai mendalami trial bike atau sepeda motor halang rintang dan mulai berkompetisi pada1979.

Setahun kemudian dia dikontrak oleh perusahaan Italia Fanic Motor. Spesialisasi kemampuannya adalah di indoor trial biking atau ketangkasan motor trail di dalam ruangan.

Bertahun-tahun menekuni dunia motor akhirnya aksi Goy mendapatkan pengakuan dunia internasional, di mana para atletnya dituntut memiliki kemampuan dan keseimbangan prima.

Selanjutnya, dia mulai mengarahkan keahliannya ke dunia pertunjukan dan menciptakan ratusan atraksi-atraksi yang spektakuler di beberapa negara. Aksinya banyak mengisi program televisi di Prancis seperti Incroyable, Mais Vrai (Incredible but True) Auto-moto, dan Ushuaia.

Tak puas dengan hal itu dia terus menyempurnakan sekaligus menciptakan teknik-teknik dan atraksi-atraksi baru termasuk memegang beberapa rekor dunia a.l. menyeberangi jembatan setinggi 36 meter di Loyettes, Prancis dengan sepeda motor serta bersepeda motor dengan menggunakan tumpuan satu roda, belakang atau depan saja lalu menaiki tangga dengan menggunakan satu roda.

Atraksi gilanya yang lain adalah bersepeda motor dengan mengangkat roda depan sejauh 221 km pada Oktober 1999 dan dia juga bersepeda motor dengan mengangkat roda belakang sejauh 129,15 m menggunakan sepeda motor BMW 650cc pada Juli 2001.

Berbagai undangan untuk tampil pun datang dari berbagai penjuru dunia seperti Jepang, Brazil, Mesir, Kepulauan Reunion, Amerika Selatan, dan seluruh Eropa. Bersama isterinya, Cristine yang dinikahinya pada 1992, Goy akhirnya membangun perusahaan Jean-pierre Goy Organisation di tahun yang sama.

Selain pernah beraksi dalam film Jackie Chan, akhirnya sebuah penghargaan atas kerja kerasnya bertahun – tahun akhirnya datang pada 1997 saat dia diminta menjadi pemeran pengganti Brosnan dalam Tomorrow Never Dies.

2 Responses to "Jean-Pierre Goy: Real Bond and Batman"

Harat ! Sidin Suwah ba-Oungah2 di balipAt.. Lapangan balalanjaan sapidamotuy nang d banggaakan urang binuang..

Emmbah.. Urang bujur ? Iyaliih. Hakunha dikarampuTi olih mr.me nitu.,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: