it’s about all word’s

The perpetuity of Marilyn Monroe

Posted on: April 17, 2008

Si seksi Marilyn Monroe yang abadi

Setiap kali nama Marilyn Monroe melintas yang mengikuti adalah sosok rambut pirang, cantik, kenes, terkenal, perselingkungan dengan tokoh terkenal dan tentu saja mati muda.

Baru-baru ini perempuan yang terlahir dengan nama Norma Jeane Mortenson pada 1 Juni 1926itu kembali mencuat karena seorang pengusaha Manhattan rela mengeluarkan US$1,5 juta untuk membeli rekaman khusus Marilyn Monroe.

Seperti dikutip dari hollywoodreporter.com film hitam-putih itu berisi rekaman Monroe melakukan hubungan seks dengan seorang pria yang kepalanya tetap tak direkam selama 15 menit seluruh adegan tersebut.

Disebut khusus karena merupakan rekaman adegan hubungan seks Marilyn dengan seorang pria tak dikenal dan akan menyimpannya secara pribadi. Sosok tak dikenal yang disebut-sebut adalah mendiang Presiden AS John F. Kennedy.

Pada tahun 1960-an, dipuncak karirnya Monroe didesas-desuskan memiliki hubungan dengan John F. Kennedy hingga kemudian meninggal dalam keadaan bugil di kamar tidurnya pada 15 Agustus 1962, pada usia 36 tahun.

Gosip santer itu semakin kencang karena diketahui J. Edgar Hoover, Direktur FBI dan pesaing Kennedy pernah melakukan analisis serius tentang rekaman yang salinannya dimiliki lembaga federasl tersebut.

Hoover sampai pernah membawa beberapa pekerja seks komersial yang diduga telah bersama Presiden AS John F. Kennedy dan melakukan analisis rekaman tersebut di satu laboratorium untuk membuktikan bahwa benar-benar Kennedy yang berada di dalam film tersebut.

Sebelumnya rekaman ini pernah diburu Joe DiMaggio, salah seorang mantan suami Monroe. Ketika itu DiMaggio berani membayar harga US$25.000 dolar AS, tapi ditolak oleh sang pemilik rekaman yang memilih memberikan salinan film itu pada FBI.

Dunia memang terus mengenang Marilyn Monroe sebagai seorang aktris, penyanyi dan model terkenal asal AS yang terus terkenal sampai saat ini. Pose-posenya yang nakal dan berani menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Lihat saja Madonna yang pernah habis-habisan meniru Marilyn di awal karirnya, Lindsay Lohan rela berpuse nudis hingga antitesisnya, musisi gothic Marilyn Manson.

Hidup Marilyn memang singkat namun luar biasa karena meniti karir benar-benar dari strata terbawah. Setelah memainkan peran-peran kecil, uniknya dia justru terkenal dengan keahliannya bermain komedi.

Humoris dan cantik membuatnya menjadi salah satu bintang film yang sangat populer pada tahun 1950-an.

Marilyn sempat membawakan sejumlah peran serius yang cukup sukses, namun tak pernah menuai Academy Award. Pengakuan atas kemampuan aktingnya justru diberikan para wartawan film asing dalam Golden Globe lewat film The Misfits pada 1961.

Dalam film yang memamerkan Marilyn berpose nudis itu ternyata merupakan sinema terakhirnya .

Mati dipuncak karir dalam kondisi bugil membuat banyak desas-desus terus melingkupinya. Mulai dari akibat tindakan bunuh diri karena overdosis obat tidur hingga teori konspirasi keluarga Kennedy hingga mafia.

Namun Marilyn tetap menjadi satu ikon pop yang paling dikenal dunia lewat sosoknya yang manja kaget ketika rok terkembang ketika berdiri di atas saluran udara subway.

Tak heran Marilyn Monroe terus menjadi inspirasi bagi kalangan seniman. Elton John menciptakan lagu Candle in the Wind (1974)”. Grup rock Def Leppard mendedikasikan lagu Photograph dalam album mereka Hysteria (1981).

Namun yang paling fenomenal adalah seri sketsa buatan pelukis art pop homo Andy Warhol.

Balai lelang Christie mencatat sketsa Marilyn Monroe versi Lemon yang tak pernah ditawarkan selama 45 tahun laku seharga US$15 juta atau setara Rp135 miliar padahal ketika baru dibeli hanya dihargai US$250.

Harga sketsa Monroe versi itu masih kalah mahal dibandingkan versi Gold, Grape, Cherry, dan Marilyn yang pada November lalu terjual hingga Rp145,8 miliar atau US$16,2 juta. Versi Orange Marilyn laku sampai Rp153 miliar atau US$17 juta.

Majalah Forbes dalam survei terakhirnya 2007 menyebutkan kekayaan Marilyn Monroe setiap tahun bertambah US$7 juta dari penjualan memorabilia dan royalti lagu-lagu maupun film yang dibintanginya semasa hidup.

*Terbit di Bisnis Indonesia 17/4/08

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: