it’s about all word’s

Morgan Spurlock: Si Indiana Jones pemburu Osama

Posted on: May 9, 2008

Setelah menanti sembilan tahun, sepekan lagi petualangan Indiana Jones dalam tajuk Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skul bakal hadir serentak di seluruh dunia. Steven Spielberg masih berkongsi dengan sobatnya George Lucas.

Spielberg masih menempati posisi sebagai sutradara sementara Lucas sebagai penulis cerita–didampingi penulis naskah David Koepp. Untuk posisi produser, kedua pemberontak Hollywood itu dibantu Frank Marshall.

Namun di balik demam Indiana Jones terdapat satu film yang tak kalah hebohnya di AS yaitu dokumenter Where in The World: Osama Bin Laden karya sutradara jahil Morgan Spurlock.

Spurlock adalah sutradara film-film nakal sekelas Michael Moore yang bikin heboh dengan Fahrenheit 9/11 dan Sicko yang menampar pemerintah Bush. Empat tahun lalu Spurlock membuat industri makanan junk food AS sebal ketika merilis Super-Size Me.

Dalam film tersebut, Spurlock menguak betapa buruk nutrisi junk food produksi raksasa gerai makanan cepat saji McDonalds. Tak tanggung-tanggung, pria kelahiran Parkersburg, West Virginia itu menjadi kelinci film itu.

Selama 30 hari, Spurlock menyantap semua makanan yang dijual McDonalds untuk menu makan hariannya. Karena langsung menyodok isu obesitas yang jadi masalah warga AS, Spurlock menuai kecaman sekaligus menyabet banyak penghargaan perfilman internasional di tahun 2004.

Kiprahnya tak terhenti di situ, tak beberapa lama dia merilis dokumenter layar kaca yang tak kalah kontroversialnya: Know Your Enemy: Al Qaeda’s Third Wave. Lagi-lagi ancaman dan pujian sama-sama banyaknya datang ke sosok kelahiran 7 November 1970 itu.

Kini Spurlock kembali menggarap Osama Bin Laden. Sosok pria tua yang sebetulnya didik oleh agen intelijen AS ketika perang Afganistan itu adalah teroris paling dicari Paman Sam.

Demi memburu Bin Laden yang jompo, pemerintahan George W. Bush tak hanya menghargai kepala Bin Laden sampai US$25 juta tapi juga mengirimkan para pemudanya untuk mati atau cacat di Afganistan dan Irak. Hasilnya? Sejauh ini nihil!

Namun Spurlock tak menjadikan sosok Bin Laden yang misterius itu sebagai batu penjuru Where in The World: Osama Bin Laden. Dia justru ingin menjawab pendapat umum pemerintahan AS bahwa ‘setiap orang di Timur Tengah ingin menghancurkan Amerika.’

Seperti biasanyanya Spurlock total menggarap dokumenternya. Satu persatu ditelisiknya negara-negara yang dicap sebagai sarang teroris. Mulai dari Mesir hingga abdi dalem AS di Timur Tengah yaitu Arab Saudi.

Dia juga menyusuri wilayah panas Palestina, Maroko, Yordania, Afganistan hingga gua di pegunungan Pakistan. Dalam perjalanannya itu, selama 93 menit penonton diajak mengetahui masyarakat Islam dalam bentuk yang sebenarnya.

Dengan kesabaran melakukan editing, Spurlock mampu menyuguhkan banyak perbincangan menarik dan sangat natural yang terjadi dalam setiap perjalanan tersebut.

Komentar tak melulu datang dari masyarakat umum Islam, Spurlock juga mewawancari seorang perwira AS yang memberikan jawaban yang tak kalah mengagetkan.

Komentar yang tak kalah tajam hadir dari seorang analis politik tentang pangkal persoalan tak pernah padamnya terorisme adalah kebencian antara Islam fundamentalis dan Kristen neokonservatif.

Islam fundamentalis membenci dukungan mata gelap Kristen neokonservatif yang tercermin dalam kebijakan AS untuk mendukung Israel. Kebencian masyarakat Islam di Timur Tengah tak akan lekang selama negara Yahudi itu masih berdiri.

Menghadapi kenyataan yang rumit ini, Spurlock memberikan gagasan agar warga AS menjadikan Islam sebagai sahabat mereka. Dia berasumsi Osama Bin Laden adalah sebuah simbol.

Artinya tak perlu ada Osama Bin Laden pun semangat perlawanan Timur Tengah akan tetap menyala. Sejarah membuktikan selalu muncul sosok teroris fenomenal di Tanah Arab, termasuk yang Kristen sekalipun seperti George Habash, pentolan Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: