it’s about all word’s

Weezer in the Red Album: More-more and more

Posted on: June 5, 2008

Kembalinya aroma kental geek rock

Tiga tahun menggarap album keenam yang disebut sebagai ‘Red Album’ Weezer langsung menggebrak pasar musik rock lewat tembang unggulan Pork & Beans yang dirilis secara gerilya sejak 1 April lalu.

Seperti dikutip dari billboard.com, single dari band yang diperkuat  Rivers Cuomo (vokal dan gitar), Patrick Wilson (drum dan vokal latar), Brian Bell (gitar, vokal latar) dan Scott Shriner (bas dan vokal latar) langsung menempati posisi 19 tangga lagu musik Modern Rock Billboard.

Pencapaian Weezer nyaris menyamai prestasi tembang The Pretender milik The Foo Fighter, yang langsung bercokol di posisi ke-16 saat pertama kali masuk chart di tahun 2007.

Namun terjangan Pork & Beans tak tertahankan ketika memasuki pekan kedua langsung menduduki peringkat pertama hingga saat ini.

Maklum Weezer pintar bermain strategi. Sengaja tembang Pork & Beans secara komersial secara terbatas diperdengarkan di stasiun radio KROQ 106.7 Los Angeles, situs Weezer dan bis di download di situs iTunes Music Store.

Sepekan kemudian sebagian track dari delapan lagu dari album Merah itu bisa didengarkan di situs yang dibuat para penggemar Weezer, http://www.albumsix.com dilanjutkan video klip di situs YouTube dan puncaknya seluruh materi album keenam itu dirilis di iTunes pada 27 Mei 2008.

Vokalis sekaligus frontman Weezer, Rivers Cuomo , kepada Billboard mengatakan Pork & Beans yang diproduseri Rick Rubin dan Jacknife Lee itu lebih gelap dan kelam, tapi sebuah karya yang indah.

“Jelas lebih menantang mendengarkannya, kalian juga akan mendengar sebuah lagu yang sangat panjang dan strukturnya tidak seperti biasa,” papar sarjana sastra Inggris Universitas Harvard itu.

Dengan sensasi yang diciptakan tersebut, tak heran jika album dalam kemasan cakram padat itu langsung diserbu penggemar Weezer begitu dirilis awal pekan ini. Kejutan belum berakhir sebab Cuomo sudah menyatakan bakal merilis album ketujuh tahun depan.

Jika rencana ini benar-benar terlaksana artinya untuk kedua kalinya Weezer mengulang teknik pemasaran ketika merilis Green Album pada 2001 dan Maladroit setahun berselang.

Yang menarik dari album keenam adalah kembalinya sentuhan prog-metal, lirik klasik yang sastrawi dan kesederhanaan indie rock. Tembang Pork and Beans memiliki sentuhan khas geek rock seperti di album awal Weezer.

Geek rock boleh disebut sebagai brit rock yang berkembang di Amerika Serikat. Mulai dari lirik, struktur bermusik hingga harmonisasi vokal namun berbanding terbalik dengan gaya atau penampilan pemusiknya yang mencitrakan diri sebagai anak-anak kutu buku kurang percaya diri.

Berhasil bangkit

Bagi industri musik rock, Weezer adalah bagian dari rangkaian fenomena brit rock ala Amerika Serikat. Band yang dibentuk di bawah sinar matahari Los Angeles 1991 itu langsung menggebrak dunia lewat album The Blue Album.

Album yang ditangani pentolan band Cars, Ric Ocasek menjagokan tembang Undone—The Sweater Song dan Buddy Holly itu mengagetkan dengan lewat video klip unik garapan Spike Jonze. Tak sampai sepekan, video klipnya bergantian jadi nomor satu di stasiun musik MTV.

Tahun itu menjadi milik Weezer dengan meraup tiga platinum dan empat penghargaan dari MTV Award dan Billboard Music Video Awards. Bahkan video klip Buddy Holly terpilih menjadi klip yang diinstal dalam CD Microsoft Windows 95.

Praktis dengan debut yang begitu sukses, album berikutnya Pinkerton menanggung beban meneruskan prestasi Weezer. Hasilnya ketika album kedua dirilis 24 September 1996 nasibnya suram bahkan sampai dijuluki album terburuk tahun 1996 oleh para pembaca majalah musik Rolling Stone.

Uniknya, di tahun 2004 majalah Rolling Stone menobatkan Pinkerton dalam hall of fame.

Personil Weezer pun terpukul dan memilih istirahat usai menyelesiakan kontrak tour Pinkerton pada musim panas 1997. Masing-masing personil memilih untuk melakukan proses penyegaran.

Pemain drum, Patrick Wilson mudik ke Portland, Oregon untuk membentuk band The Special Goodness, sementara Matt Sharp mengurus band The Rentals, sedangkan Brian Bell melanjutkan band Space Twins.

Langkah berbeda dilakukan Rivers Cuomo yang kembali ke Boston, Massachusetts untuk melanjutkan kuliah di Harvard dan fokus pada penulisan lagu.

Tiga tahun beristirahat, Weezer tanpa Matt Sharp—digantikan Mikey Welsh– kembali berkumpul untuk menggarap album ketiga Weezer atau biasa disebut album The Green Album.

Album ini berhasil menyamai kesuksesan album perdana dengan tembang Hash Pipe dan Island in the Sun dan bergantian menjadi tembang yang paling diminati di MTV pada 2001.

Dalam penggarapan Island in the Sun, pemain bas Mikey Welsh harus masuk rumah sakit jiwa setelah hilang ketika pembuatan video klip. Sukses dengan The Green Album, hanya berselang setahun Weezer merilis Maladroit yang cukup sukses.

Dua tahun kemudian, Weezer merilis Make Believe yang dikatakan para kritikus terkesan dangkal maklum Rivers Cuomo memilih drop out dari Harvard dan menulis semua lagu Weezer, bagai penyair yang berhenti berpuisi.

Toh album ini tetap sukses menguasai papan atas tangga lagu berbagai negara. Maklum saja penggemar sudah rindu dengan perspektif sosok pria pengecut khas Weezer.

Dalam album ini menampilkan emosi secara pekat dan gamblang. Tidak seperti Pinkerton yang masih sarat dengan metafora dan alusi.

Kali ini untuk The Red Album dalam urusan penciptaan lagu, Cuomo tidak lagi mendominasi, para personel lain turut memberi kontribusi besar.Mereka bahkan ikut bernyanyi.

Dalam sebuah track,menurut Cuomo,dia menggantikan posisi Pat Wilson menggebuk drum. Sementara Wilson sendiri bernyanyi sekaligus bermain gitar.

”Ada banyak energi yang selama beberapa tahun ini terpendam, sekarang dikeluarkan. Dan itu mengalir di antara kami berempat. Sangat menyenangkan,” ujar Cuomo.

1 Response to "Weezer in the Red Album: More-more and more"

My Bridge Lyrics…

That was a very difficult period of time, because I think once you go through something like that and you are able to continue making discs, you’re pretty much tough for the rest of your life….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: