it’s about all word’s

Corporate Culture & Organization Culture

Posted on: July 15, 2008

Judul: Corporate Culture & Organization Culture;
A Strategic Management Approach
Editor: A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko
Penerbit: The Jakarta Consulting Group, Januari 2008
Tebal: 532 Halaman

Budaya perusahaan sejak tiga dekade terakhir menjadi perbincangan di antara pebisnis dan pengamat dunia usaha. Publik bahkan sampai menjadikan budaya korporasi Jepang sebagai anutan.

Maklum saja, publik barat masih tak habis pikir dengan kesuksesan Toyota sebagai korporasi mobil nomor wahid di dunia. Jeffrey K. Liker bahkan menghabiskan waktu 20 tahun intuk membedah filosofi manajemen Toyota.

Sebut juga Bill Capodagli dan Lynn Jackson yang menguliti rahasia manajemen Disney yang unik atau Mark Malseed yang memukau para pemasar lewat kisah sukses mesin pencari Google.

Corporate culture atau budaya perusahaan atau budaya organisasi bukan barang baru namun ‘baru’ didefinisikan dan dipopulerkan pertama kali oleh seorang antropolog bernama Edward B Taylor tahun 1871.

Dalam definisi Taylor, corporate culture adalah sekumpulan pengetahuan, keyakinan, seni,moral, hukum, adat, kapabilitas dan kebiasaan yang diperoleh oleh seseorang sebagai anggota sebuah perkumpulan atau komunitas tertentu.

Pendek kata budaya organisasi adalah nilai-nilai dan cara bertindak yang dianut organisasi—beserta anggotanya–dalam hubungan-nya dengan pihak luar. Untuk mencapai taraf budaya organisasi diperlukan waktu yang panjang dalam pertemuan yang intens.

Tidak heran jika tim penulis The Jakarta Consulting Group secara garis besar dalam buku setebal 532 halaman ini menyebut corporate culture merupakan sesuatu yang unik.

Corporate culture adalah sebuah value yang sulit untuk begitu saja diadaptasi dengan cara instan karena akan menyebabkan pertentangan budaya dan kebiasaan karena budaya perusahaan lahir dari sebuah titik pertemuan dari ego masing-masing individu.

Terkadang untuk mencapai sebuah konsepsi way of life organisasi yang kemudian dianut sebagai corporate culture akan membuat beberapa individu terbaik tersingkir.

Sehingga muncullah pertanyaan pentingkah corporate culture? Harvard Business School melakukan studi yang hasilnya mencengangkankan. Perusahaan yang secara aktif mengelola budaya organisasinya memperoleh pemasukan sebesar 682% dibandingkan peningkatan pendapatan sebesar 166% yang diperoleh oleh perusahaan yang tidak mengelola budayanya.

Sementara pendapatan bersih naik 756% bagi perusahaan yang memberi perhatian terhadap budaya dibandingkan hanya 1% peningkatan bagi yang tidak, juga harga sahamnya melambung 901% untuk perusahaan yang secara aktif mengelola budayanya, sementara yang tidak mengelola dengan baik hanya 74%.

Duet editor A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko harus diakui berhasil mengarahkan agar tulisan para pemikir The Jakarta Consulting Group jalin menjalin tidak saling mendahului.

Kedua editor membuat buku yang dibagi dalam 14 bab yang setiap babnya bisa dengan mudah dipilah pembacanya tanpa harus berurutan. Artinya pembaca bisa melompat ke bab yang menarik.

Jika ingin mendalami konsep corporate culture bisa memulainya dengan membaca sesuai urutan dari depan untuk kemudian mengatahui perubahan yang terjadi berkat adanya budaya perusahaan itu.

Pembaca juga akan emndapatkan konsep bagaimana mengelola agar budaya organisasi terjadi secara nyaman dan mampu mengikuti perkembangan jaman tanpa harus disebut kuno.

Dengan begitu mendalamnya kajian yang diberikan para penulis The Jakarta Consulting Group, bisa dikatakan buku ini adalah semacam buku babon bagi kajian budaya organisasi yang pantas selalu tersedia di rak para pemegang keputusan di perusahaan Anda.

5 Responses to "Corporate Culture & Organization Culture"

Tolong donk, kasih info untuk mendapatkan buku ini. Karena saat ini amat sangat saya butuhkan

Terima kasih

Jika di toko buku (Gramedia dan Gunung Agung, Kharisma, TM Bookstore, dll) kehabisan, dapat memesan langsung ke kantor. Hub. Maria di 5727515.

To build corporate culture need strong leadership…

1 kunci pasti…memanusiakan manusia….

bagaimana branch awarness?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

July 2008
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: