it’s about all word’s

Joerg Kelling: BMW tetap di Indonesia!

Posted on: August 3, 2008

Di kalangan pengusaha otomotif, beredar kabar PT BMW Indonesia akan hengkang dari Indonesia dan akan digantikan oleh PT Astra International Tbk.

Untuk mengonfirmasikan kabar tersebut, saya mewawancarai Presdir BMW Indonesia Joerg Kelling (22/7). Berikut petikannya:
Bicara soal penjualan tahun ini BMW saya melihat ada penurunan. Apa yang terjadi?

Tahun ini kondisi pasar dan target BMW memang berbeda dengan tahun lalu. Saat saya datang tahun lalu, kami memfokuskan pada penjualan unit yang tersedia. Namun bagi kami target dan prioritas BMW hingga saat ini adalah menjaga kepuasan konsumen terhadap produk kami.

Tapi bagi kami ada yang lebih penting di Indonesia dibandingkan negara lain. Konsumen Indonesia memfokuskan pada berapa nilai yang bisa mereka terima dari produk yang mereka beli dalam setahun atau tiga tahun kemudian.

Mereka tak saja fokus pada uang yang dikeluarkan tapi pada nilai yang mereka dapat untuk itu kami harus memastikan apa yang konsumen dapat satu hingga tiga tahun kemudian.

Itu adalah bagian yang harus diperhatian seluruh pihak hingga akhir tahun lalu. Sekarang hal ini yang harus dijaga. Jika kita bersaing harga dengan kompetitor bahkan hingga menjual murah produk apa yang bisa Anda berikan dalam tiga tahun kemudian.

Menjual produk murah itu adalah langkah mudah dalam waktu pendek. Jika kita melihat hal ini. Ini bisa kita lihat dari selalu melihat volume penjualan.Tapi pada strategi jangka panjang, volume sedikit tapi memuaskan pelangan.

Alasan lain rendahnya penjualan BMW adalah kami baru melakukan rilis produk baru pada tahun ini. Sementara untuk produk yang berdasarkan pesanan, kami tak bisa mempercepat produksi. Jika dipercepat, tidak bisa memenuhi standar produksi kami.

Selain itu harus diakui memang ada keterbatasan produksi di antara tingginya permintaan. Semua Presiden BMW berteriak soal suplay kendaraan tapi tetap saja terbatas.

Meski demikian kami tetap senang penjualan secara global yang stabil. Dengan kondisi saat ini saya optimistis BMW dapat mencapai target tahun ini.

Jadi Anda optimistis target bisa tercapai?

Ya. Asalkan semua berjalan lancar. Hari ini kami membuat salah satu contoh perubahan yang kami lakukan. Saat ini tren yang terjadi adalah kendaraan yang kaya perangkat digital.

Jika bukan ini fokus Anda. Maka Anda harus berkonsentrasi pada volume. Artinya Anda harus memproduksi dan menjual sebanyak-banyaknya.

Soal stok unit yang terbatas bagaimana BMW mengatasinya?

Ya ini memang persoalan. Tapi memang konsumen Indonesia sangat berbeda dengan Eropa. Mereka bisa cuek pergi ke show room lalu menunggu tiga buan. Di sini berbeda. Mereka sangat inovatif. Permintaan mereka selalu pribadi dan itu sulit untuk dipenuhi dalam waktu cepat.

Normalnya mobil CBU bisa selesai dirakit dalam waktu empat pekan. Tapi CKD custom unik. Bahkan di Jerman pun harus tunggu tiga bulan. Memang lama tapi ini untuk memuaskan pelanggan.

Lagi-lagi jika kita mengejar volume itu lebih mudah. Potong harga lalu produksi sebanyak-banyaknya. Tapi untuk memuaskan selera pribadi Anda akan sulit.

BMW ingin menempatkan diri sebagai mobil premium yang bisa memuaskan pelanggan. Bukan volume yang kami kejar tapi kepuasan konsumen.

Kami dengan isu soal BMW bakal meninggalkan Indonesia dan Astra akan kembali menangani penjualan. Sejauh mana kabar itu?

Ya kami dengan isu tersebut. Itu pertanyaan bagus. Tapi kami sudah hadir di Indonesia dalam waktu lama. Kami melakukan investasi, melatih SDM lokal dan banyak kegiatan lain. Jadi ini bukan sebuah indikasi dari isu tersebut.

Dalam hubungan kami dengan Astra, mereka adalah partner penting BMW. Anak usaha mereka adalah importir mobil kami, mereka juga yang merakit mobil kami, jaringan penjualan mereka juga terkait dengan BMW.

Mereka telah menanam uang. Tapi BMW sudah punya komitmen kuat di Indonesia. Jadi bisa saya pastikan kami tetap akan di sini.

Jadi Anda memastikan komitmen BMW untuk Indonesia?

Jelas saya bisa pastikan komitmen itu. Tapi Anda juga perlu menanyakan hal itu pada Astra. Mereka partner penting kami.

Ada strategi untuk memperpendek waktu tunggu unit ke tangan konsumen?

CKD atau yang CBU? Saya bisa memastikan CKD bisa dipercepat tapi itu penuh resiko. Karena kita bicara soal mobil seharga di atas Rp 1,5 miliar. Apa ada konsumen yang mau beli kendaraan seharga itu dengan fitur standar? Anda tentu ingin mobil yang costumize.

Jika itu yang Anda inginkan beri kami waktu untuk mengerjakan. Paling lama empat pekan. Tapi setelah itu di luar kekuasaan kami yaitu pengiriman yang butuh waktu sebulan sampai dua bulan.

Ini bisa dipercepat. Tapi hasilnya bisa mengecewakan karena bisa jadi tak memuaskan selera Anda. Warna, kursi, perlengkapan yang Anda inginkan. Bisa lebih cepat sampai ke tanga Anda misalnya dengan jasa penerbangan. Tapi jelas itu sangat mahal.

Kalau boleh tahu kenapa BMW enggan terlibat dengan IIMS?

Bukan kami tak mau. BMW adalah anggota Gaikindo. Kami bayar biaya keanggotaan kami. Tapi produk kami tak cocok dengan IIMS. Terlalu banyak merek dan banyak orang dari berbagai lapisan. Tak cocok untuk BMW. BMW adalah produk premium. Beberapa model kami malah terlalu niche.

Statistik penjualan semester ini?

332 unit. Tapi harus diingat angka penjualan bukan berart penjualan. Kami selalu memastikan siapa pelanggan kami. Kami tahu siapa pembeli kami. Kami bisa saja memasukkan angka pemesanan tapi tidak tahu siapa pembeli kami. Bukan itu yang kami lakukukan.

Jadi Anda seoptimistis tim Formula 1 BMW?

Ya jelas. Dengan hasil saat ini saya seoptimistis mereka. Saya berharap mereka beruntung seperti halnya BMW Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: