it’s about all word’s

Nasib Sudibyo ‘Dwikora’

Posted on: August 11, 2008

‘Dulu pejuang kini dibuang’

Peltu Sudibyo (75) warga RT 01 RW06 komplek Dwikora mantan pejuang Dwikora dan Sapta Negara kini hidupnya terancam karena rumah yang dia tempati selama puluhan tahun akan dikosongkan oleh pihak mabes TNI AU.

Dia yang duduk dikursi roda sejak tiga tahun yang lalu bersama rekan-rekan sesama kesatuan dari Korps peluru kendali di kompleknya tetap berjuang dan menolak pengosongan dari pihak TNI AU.

Ketika Monde mendatangi kediaman Sudibyo kemarin, mantan anggota Sapta Negara ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan semasa di medan pertempuran melawan penjajah dan para pemberontak.

Pria kelahiran 1933 mendaftarkan diri menjandi anggota TNI AU pada tahun 1954 dengan mendaftarkan diri di pangkalan udara Abdurahman Saleh, Malang Jawa Timur.

“Saya menjadi anggota TNI merupakan inisiatif diri sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun,” kenangnya.

Dalam TNI AU Sudibyo bergabung dengan kesatuan penangkis serangan udara yang berhubungan langsung dengan persenjataan berat seperti Orlikon produksi negara Uni Soviet yang panjangnya 2 sentimeter.

“Senjata yang pernah aku pakai saat bertempur melawan pemberontak seperti double dan triple gun,” ucapnya.

Selain bergabung di kesatuan penangkis serangan udara kakek delapan cucu ini juga bergabung di kesatuan peluru kendali. Semasa dinas menjadi anggota TNI Sudibyo sering melawan para pemberontak dan penjajah.

“Semua pemberontak yang ingin memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia anggota TNI pada masa silam langsung ambil tindakan,” tuturnya.

Pada tahun 1957 Sudibyo diberikan tugas ke wilayah Sumatera Barat yang intinya berperang melawan pemberontak yang ingin berpisah dengan NKRI.

Dalam palagan di Sumatera Barat, Sudibyo bertugas melawan Pemerintahan Revolusi Rakyat Indonesia (perang PRRI), di perjuangan melawan PRRI dia selalu siap menangani peluru kendali yang siap diluncurkan.

Berhasil melawan pergerakan PRRI, Sudibyo lalu diterjunkan ke medan pertempuran melawan pergerakan Darul Islam-Tentara Islam Indonesia di Sumatera.

“Di medan pertempuran prajurit tak kenal lelah setiap saat dan waktu harus standby untuk dikirimkan ke wilayah pertempuran,” ucapnya.

Tengah malam yang gelap gulita, Sudibyo dan prajurit lainnya harus terjun payung dari pesawat Hercules dengan ketinggian sekitar 2000 kaki yang mendarat di tengah hutan belantara dipenuhi musuh lawan.

Di tahun 1962 dia dan anggotanya dikirimkan untuk mengganyang perlawanan negara tetangga Malaysia yang dipimpin langsung oleh Soekarno Hatta.

Sudibyo menempati rumah di komplek Dwikora sejak tahun 1964 yang dibentuk Komando Tertinggi Soekarno Hatta, pertama kali menginjakan kakinya komplek ini masih belum dialiri listrik dan air.

“Kawasan ini dulu kebun karet dimana sering terjadi pembunuhan orang yang dilakukan oleh perampok,” tuturnya.

Di jaman pemberontakan Gerakan 30 Septemper Partai Komunis Indonesia ko komplek Dwikora dikepung kesatuan Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (Kopassus) karena pada kala itu Angkatan Udara yang dipimpin Jenderal Umar Hadikusumah tersinyalir mendukung G-30 S PKI.

Di tahun 1981 ayah berambut putih pensiun dari kesatuan TNI AU, dimasa pensiun dia masih aktif di lingkungan masyarakat dan keagamaan.

Sekarang dia kembali berjuang meminta keadilan kepada kesatuan TNI AU untuk tetap menolak pengosongan rumah dinas komplek Dwikora.

Warga komplek Dwikora sekitar 90% belum memiliki rumah tinggal yang layak.

“Mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka diberikan fasilitas oleh negara, tetapi mantan pejuang negara di buang begitu saja, dulu pejuang kini dibuang,” ujarnya kesal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: