it’s about all word’s

MS Kaban on interview

Posted on: August 15, 2008

Hutan Indonesia sampai kiamat masih hijau

Indonesia merupakan paru-paru dunia. Kawasan hutan yang ada di Khatulistiwa seharusnya masih subur, hijau dan memberikan sumber daya alam subur, tapi nyatanya sekarang kondisinya sangat memprihatinkan.

Sering terjadi kegiatan pembalakan liar yang dilakukan oleh beberapa oknum instansi untuk mengeruk keuntungan. Berikut petikan wawancara ekslusif wartawan Monitor Depok FX Aji Hendro  dengan Menteri Kehutanan MS Kaban di kawasan Beji baru-baru ini.

Apa betul hutan Indonesia masih hijau  ?
Hutan Indonesia masih tetap hijau, dan tetap bertahan hingga ratusan juta tahun dan itu tergantung dari bagaimana warga Indonesia untuk tetap menjaga dan melestarikan. Bahwa kita selaku warga Indonesia bahwa hutan Indonesia merupakan aset negara yang merupakan titipan untuk masa yang akan datang, dan itu harus kita titipkan kepada cucu yang nantinya merasakan hutan Indonesia.
Bahwa kita tegaskan bahwa banyak warga yang berpendapat seakan-akan hutan Indonesia tak terawat hingga rusak, sebenarnya itu tidak benar, bahwa hutan Indonesia baik di Jawa dan luar Jawa semuanya masih bagus dan terkendali.

Kata dia terlalu banyak tokoh dan oknum yang mendramatisir seolah-olah hutan Indonesia telah punah, dengan melakukan propaganda dan memprovokasi, hutan Indonesia lebih baik dibandingkan dengan hutan yang ada di negara lain.

Jika dibanding hutan Amazon?

Hutan Amazone lebih rusak dibandingkan dengan hutan Indonesia, hutan kita masih menghasilkan kekayaan lama, dan sumber penghasilan, tetapi kita masih memiliki cagar alam walapun masih banyak yang rusak, tapi tidaklah apa yang di dramatisir oleh oknum tertentu.

Ambil contoh hutan Indonesia menghasilkan sumber karbondioksida terbesar ketiga di dunia, yang berarti ini menunjukan hutan Indonesia masih baik dan berguna, hutan Indonesia pada tahun 1998 sudah rusak mengapa di salahkan di tahun 2007, dan 2008.

Kita lihat pada tahun ini mana ada hutan Indonesia yang menghasilkan asap putih ke Malaysia, dan Singapura.

Malaysia dan Singapura protes ketika asap putih yang dihasilkan hutan Indonesia, tapi bila karbondioksida hingga kesana negara itu hanya diam saja, buktinya saat ini kita bisa mengendalikan masalah asap putih.

Malaysia itu negara kecil, Malaysia pandai beropini, negara Indonesia besar  selalu kalah mendegradasi negaranya dengan kerusakan hutan. Kita harus menyadari masyarakat bahwa hutan merupakan aset negara yang perlu di lindungi.

Siapa yang harusnya bertanggungjawab?

Kehutanan kita merupakan tanggung jawab bersama termasuk melibatkan masyarakat dengan budayanya. Kita melihat di daerah tertentu budaya masyarakat membakar lahan untuk berladang dan berkebun sekarang sudah jauh berkurang tidak seperti tahun yang lalu.

Berarti masyarakat Indonesia telah memiliki komitmen untuk menjaga dan melestarikan lahan hutan Indonesia.

Masyarakat adat yang ada di pedalaman seperti di Kalimantan dilibatkan untuk melakukan pengawasan keberadaan hutan, sangat mungkin dilakukan dengan melakukan hutan adat,hutan masyarakat yang sesuai dengan peraturan yang ada.

Kita harus pelu membangun budaya menanam seperti puncak aksi sejuta rehabilitasi sejuta lahan hutan, kecil menanam dewasa memanen, pelajar menanam, santri menanam, ormas menanam pohon, dan semua menanam pohon itu merupakan program Silver Culture Intensive pemegang ijin.

Apa langkah Pemerintah khususnya Departemen Kehutanan ?

Pemegang konversi sekarang diwajibkan untuk menanam pohon, bila mereka tidak melakukan akan dicabut perizinannnya oleh instansi terkait, ini berarti bila hutan Indonesia diintervensi penanaman pohon, hutan akan dipelihara masyarakat hutan Indonesia hingga kiamat tetap hijau, bertahan dan tetap ada.

Untuk menjaga kelangsungan hutan Indonesia diperlukan langkah-langkah seperti proses pendidikan, penguatan sumber daya manusia tentang masalah kehutanan, membangunan institusi yang lebih membuka partisipasi masyarakat, membatasi kegiatan-kegiatan non kehutanan di kawasan yang sensitif seperti kawasan hutan lindung nasional.

Memperluas areal lahan hutan di taman nasional yang ada di Indonesia, meningkatkan produksi kawasan hutan dengan memanfaatkan produk timber dan non timber.

Produk timber dan non timber saat ini belum bisa dimanfaatkan dan diolah dengan baik misalnya karbon plan, kerjasama sudah dimulai bersama dengan Australia. Sekarang kepala negara Indonesia dengan kepala negara Australia sudah melakukan kesepakatan.

Selain Australia, Indonesia juga bekerjasama dengan negara lain seperti Norwegia, Korea dan Jerman, Inggris

Semua gerakan kembali penghijauan hutan Indonesia, penanaman hutan yang rusak yang memakan waktu.

Kewajiban pemda untuk menjaga kawasan hutan ?

Agar konsisten dan energi pemerintah, kabupaten, kota, itu harus menjaga luas kawasan hutan yang ada di wilayahnya, dan kota, kabupaten harus ada dapat mempertahankan  30 % lahan hutan dari luas kota yang ada.

Lahan 30% yang ada di kota, kabupaten harus menjadi ruang terbuka hijau, seorang gubernur, walikota gagal apabila tidak mampu membangun lingkungan yang bersih.

Begitu juga dengan propinsi yang memiliki kawasan hulu, daerah aliran sungai yang bisa menjamin kelangsungan dan keberadaan danau, dan waduk-waduk yang ada di wilayahnya masing-masing dengan melibatkan partisipasi masyarakat. untuk membangun kawasan hutan  seperti yang ada di pulau Jawa.

Kita tidak berhasil membangun hutan kita kalau tidak mempertahankan kawasan hutan sekitar 30% di wilayah masing-masing.

Pulau Jawa saat ini hanya sekitar 17% lahan hutan yang tersisa, rakyat pulau Jawa kalau tidak menyadari keberadaan hutan, rakyat Jawa tinggal menunggu badai saja.

Saya memiliki keyakinan dengan cara rehabilitasi hutan, keberadaan hutan di Pulau Jawa tidak akan punah dengan catatan melakukan konsisten semuanya melakukan penanaman pohon di lingkungannya.

Sepadan kanan kiri aliran sungai secara disiplin seharusnya hijau, tapi saat ini yang ditemukan tidak hijau, semuanya kanan kiri sepanjang sepadan sungai tidak hijau dan tidak ada disiplin.

Intinya harus ikut melakukan intervensi dan pemerintah harus mengalokasikan anggaran setiap tahunnya untuk rehabilitasi hutan lebih besar, dengan biaya yang besar nantinya rakyat Indonesia akan menikmati hasil dari hutan yang lebih besar.

Berapa alokasi dana rehabilitas hutan Indonesia ?

Negara yang paling besar untuk mengalokasikan dananya untuk rehabitasi hutan dan penanaman pohon hanya Indonesia dengan mengeluarkan dana sekitar U$S1 miliar.

Ini bukan sombong, cari negara mana yang mengeluarkan dana sebesar ini untuk rehabilitas hutan.

Amerika Serikat, Jerman dan negara lainnya tidak pernah mengeluarkan dana sebesar itu untuk rehabilitasi hutan, karena komitmen Indonesia untuk membangun hutannya kembali.

Dengan dana itu kita lakukan aksi dan strategi, kita tunjukan kepada dunia bahwa Indonesia tetap memperhatikan keberadaan hutan, dengan terbukti Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 2007 lalu telah memberikan penghargaan kepada Indonesia.

Nama lengkap : Malem Sambat  Kaban
TTL : Binjai, Sumatera Utara dan 5-8-1958
anak ke-6 dari 11 bersaudara
Ayah : AM Kaban
Ibu   : S. Tarigan
Isteri : Hj.Nurmala Dewi
Anak : tujuh anak

Pendidikan
SMA 7 Medan                :
S-1 Jurusan  Universitas Jayabaya, Jakarta
S-3 Institut Pertanian Bogor
DR (Honoris Causa) Kangwon National University Korea Selatan.

Karir pendidikan            :
Dosen, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor
Dosen, Universitas Islam As Syafiiyah
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Ibnu Khaldun

Karir politik                :

Sekretaris Jenderal Ukhuwah Islamiah se-Jabodetabek
Sekretaris  Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (1998-2005)
Ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang ( 2005-sekarang)
Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu ( 2004-sekarang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: