it’s about all word’s

Andrew ‘Kaskus’ Darwis: on interview

Posted on: September 3, 2008

17 Agustus lalu Kaskus berubah orientasi. Saya dapat kesempatan berbicang dengan pendiri Kaskus, Andrew Darwis. Sayang sosok godfather di dunia maya ini gelagapan kalau diajak ngobrol face to face. Akhirnya saya ngobrol dengan via email. Berikut petikannya:

Seputar kaskus:
Lo menyebut sempet bikin indocampus yang berdiri sekitar Agustus 1999…dalam hal apakah itu?

Maksudnya gw bukan sebagai pendiri IndoCampus, tapi kapasitasnya waktu itu hanya sebagai anggota forum IndoCampus. Karena saat itu komunitas untuk pelajar Indonesia di luar negeri  yang gw tau cuman IndoCampus dan lumayan terkenal saat itu. Hampir seluruh mahasiswa yang lanjutin study di luar pasti tau tuh website.

setahu gw indocampus cukup tertib dalam berbahasa apa itu yang bikin elo muak?

Bukan muak sih, tapi merasa terkekang aja… Kan salah satu yang bikin seru di Internet itu lo jadi bisa mengekspresikan diri lo sebebas-bebasnya. Karena semua orang itu pada dasarnya pengen bersuara dan didenger.

Kaskus dibuat dengan dasar itu “Freedom of Speech”, karena FOS itu merupakan hak asasi setiap orang. Dan gak ada satu orang pun di dunia yang berhak untuk melarang orang bersuara dan berpendapat.

dari ketiga pendiri Kaskus, apa semuanya dari kalangan makmur? artinya puyeng dan sebel dengan kondisi indo yang ga keruan dan tapi bingung mo ngomong apa?

Yah sebenernya kita bertiga itu boleh di bilang cukup beruntung yah.. bisa di biayain sekolah ke luar negeri. Kalo dari biaya sendiri sih kayaknya gak mungkin, karena lumayan mahal. Apalagi jaman tahun 2000-an itu pas dollar masih mahal-mahalnya.

Tapi yang penting semuanya udah balik Indo, jadi bener-bener ke sana untuk belajar terus bawa balik ilmunya ke Indo.. itu kan yang idealnya…. Belajar di negeri orang.. bawa balik ilmunya ke negeri sendiri.

ketika pertama launch kaskus, apa tanggapan publik dunia maya? kaget? seneng? apa keki?

Pertama launch Kaskus itu gak ada yg tau.. paling untuk kalangan temen-temen aja.. dimulai dari cuman 15 orang.. terus berkembang sampe sekarang ini 638.586 orang.

Tanggapannya cukup baik, Kaskus sangat di kenal sebagai komunitas yang bebas bersuara… ini yang membedakan Kaskus dengan forum-forum lainnya. Forum-forum laen moderatornya galak-galak… salah sedikit di omelin , di banned dll.. Kalo di Kaskus gw selalu tekankan ke moderator kalo ke user itu jangan galak-galak, tapi kadang malah ada beberapa user yg di baekin malah jadi bikin keki moderator.

seberapa cepat pertumbuhan komunitas kaskus di awal pendirian?

Pertumbuhan kaskus di awal-awal itu lumayan lambat sih…. Awalnya yang seminggu paling nambah 2-3 member baru… sekarang Kaskus bisa ada 500-1000 member baru setiap harinya.
Sekarang setiap 3 bulan kita harus nambah server buat ngimbangin jumlah user yang bertambah dengan kapasitas server kaskus.

Kita beruntung banget karena sejak awal gak pernah mengeluarkan biaya promosi satu sen pun, kita cuman dari mouth-to-mouth aja… Biasa orang yang baru gabung sama Kaskus awal-awal bingung. Tapi setelah beberapa kali dateng baru mulai tau seberapa powerfull-nya Kaskus.

Satu contoh yang bikin kagum yah itu, anak-anak di forum otomotif Kaskus.

Pernah ada satu Kaskusers yang punya mobil antik, pas suatu hari dia mau benerin mesin mobilnya. Jadi dia otak atik / bongkar itu mobil… pas mau pasang balik gak bisa… nah loh kalo mobil antik kaya gitu.. mana ada buku manualnya… nih kaskusers gak kehabisan akal.. dia nanya ke komunitas otomotif di Kaskus. Gak lama setelah dia posting pertanyaanya, ada kaskusers lain yang ngejawab lengkap dengan poto mesin mobil dia, bahkan sampai di photonya itu di kasih tulisan supaya si penanya gak bingung.

Kaskus itu boleh di bilang Komunitasnya sangat aktif dan seneng bantu sesama kaskusers. Kalau punya pertanyaan apa pun pasti ada yg jawab dalam hitungan menit.

lo mengatakan kaskus kemudian ribut dengan indocampus, kenapa?

Begini, komunitas kaskus / komunitas apa aja yang baru mulai kan pasti isinya kosong (gak ada isinya) jadi pada saat itu ada beberapa kaskusers mampir ke forum indocampus, dan mereka  disana mungkin ngajak anggota Indocampus untuk bergabung di Kaskus. Jadi hal itu yang sempet bikin hubungan Kaskus dengan Indocampus agak gak harmonis saat itu.. (istilahnya ngebajak member) tapi akhirnya kita sempet teleponan sama anak-anak yang ngurus IndoCampus untuk menyelesaikan masalahnya.

sempet diem-diem an berapa lama?

gak lama sih.. begitu ada masalah.., kita langsung teleponan terus kelar juga hari itu…

awalnya lo memilih topik-topik underground? lalu gimana lo mengarahkan agar group-group itu terbentuk? berapa lama? alami?

Gak juga sih, sejak awal Kaskus udah punya banyak category menarik lainnya, seperti sports, kesehatan, lifestyle, dll.
Untuk pembentukan category / group baru biasa kita melakukan survey dulu.. kita liat berapa banyak peminatnya dan berapa serius, sekarang ini sudah terbentuk lebih dari 50 category yang terdapat di FORUM dan JUAL BELI, dan akan terus dikembangkan dan digarap biar kaksusernya nambah cinta sama kaskus.

lo menyatakan setelah 3 taon ga untung2x dua founder kaskus lalu menyerah. apa sebabnya karena kantong jebol atau ada yang lain?

Sebenernya Budy & Ronald  bukan menyerah. Bahkan mereka sampai sekarang masih kaskusers, tapi Emang awal-awal kaskus itu kan gak ada income sama sekali dan mereka berdua itu anak jurusan business. Beda dengan saya. Kalo saya kan emang hobi jadi kalo gak menghasilkan duit yah gak apa-apa yang penting seneng.. lain kalo investor / business man.. mereka kan harus liat kapan balik modal dan profit… Semua investor kalo liat perusahaan atau produk dia gak laku-laku selama 3 tahun yah pasti stress dong… harus cari usaha lain dan move on.

gimana lo bertahan membiayai kaskus? kerja? dimana? sebagai apa?

Gw sempet kerja di Amrik setelah lulus kuliah sebagai web developer selama 4 tahun.
Kerjanya untuk perusahaan local Seattle, bikin website untuk perusahaan fast food yang lumayan terkenal. Kemudian kerja di Lyrics.com sebagai web developer juga.

berapa lo mesti alokasi dana buat kaskus?

Gak ada alokasi dana atau budget plan sih di Kaskus selama 8 tahun ini, karena sejak awal kan di buat sebagai hobby jadi yah berapa pun biaya yang harus di keluarkan untuk Kaskus, pasti di keluarin.

bagi waktu mengawal kaskus gmn? begadang mulu pa ada yg bantuin? berapa banyak orangnya?

Lumayan berat sih… ratusan ribu member pasti punya banyak problem/keinginan/pertanyaan yg berbeda-beda. Mulai dari password hilang, gak nerima kode aktivasi, dll… jadi setiap pulang kerja biasa yah pasti langsung di depan computer lagi.

Untuk masalah forum category, kita punya 38 moderator yang memonitor thread di Kaskus.
Mereka bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di setiap section, biasa kalo ada masalah baru kita diskusikan bareng.

alasan kenapa pulang ke indo? lulus kuliah?

Internet di Indonesia boleh di bilang lagi berkembang pesat banget di Indonesia. Jadi ini merupakan moment yang tepat buat Kaskus. Dan selain itu juga pas S2 nya baru kelar.. Jadi  yah timingnya lagi tepat aja.

emang udah punya rencana mindah server?

Server kaskus emang sekarang sudah beroperasi di Indonesia.. kurang lebih 3 bulan lalu kita setup 8 server di Indonesia, dan kita masih ada 8 lagi yang bakal dipasang. Kita awal-awalnya pake server salah satu merek server, tapi ternyata spare parts nya di indo itu lumayan susah di cari.. Kalau lagi butuh harganya jadi gila-gilaan. Kedepannya kita mau coba pake merek lain yang spare part gampang di dapet. Karena lumayan kapok juga sih.

alasan mindah server? kantong jebol atau traffic?

Alas an utama kita pindah server karena 90% pengakses Kaskus kan dari Indonesia, jadi masalah yang sering kita denger dari Kaskusers adalah akses Kaskus sangat lambat.

Karena masih banyak  warnet-warnet di Indonesia yang saat ini gak punya koneksi Internasional, mereka cuman tersambung ke jaringan IIX doang.

Selain itu juga kita pengen meningkatkan konten lokal.

Bandwidth International di Indonesia sekarang ini masih sangat mahal… dengan di pindahkannya Kaskus yang di akses lebih dari 150 juta page view perbulan ke Indonesia berarti kaskusers mengakses Kaskus dengan jaringan lokal (jaringan IIX), sehingga aksesnya sekarang jauh lebih cepat (tidak perlu mengakses ke server kaskus di Amerika). Dengan hal ini juga berarti Kaskus membantu ISP local menekan biaya operasionalnya.

lo bilang sehari setelah lo pulang keluar UU ITE? sempat bingung?

Iya karena kemaren itu pas kita balik kita kan sedang rencana untuk memindahkan server kaskus ke Indonesia, dan saat itu Kaskus masih memiliki category forum “dewasa”.  Konten “dewasa” di Amerika sana itu sah-sah aja, tapi di Indonesia hal ini masih tabu dan gak bisa di terima. Jadi dengan adanya UU ITE dan rencana pemindahan server kaskus ke Indonesia, bearti kita harus mengikuti hukum di Indonesia. Kita gak pengen karena konten “dewasa” ini akhirnya Kaskus di blokir oleh pemerintah (kalo sampe di tutup bisa-bisa ratusan ribu orang kecewa dan marah).

Karena kaskus itu bukan situs “dewasa”, di Kaskus banyak orang bertukar informasi, berjualan, dll.. Jadi kalo selama ini persepsi orang bahwa Kaskus situs “dewasa” itu sangat salah sekali.. dan kita lagi mau membersihkan citra Kaskus ini.

waktu menendang BB17 apa diskusi dengan tim lain?

Tentu ada diskusi dengan tim lain, karena BB17 saat itu adalah salah satu kategori yang ramai di kunjungi.

Yah intinya kita gak pengen kaskus di blokir hanya karena ada konten “dewasa”. Kaskus sekarang ini menjadi lahan untuk mencari nafkah oleh sebagian anggotanya. Ada yang hidup dari berjualan di Forum Jual Beli. Jadi kalau sampai Kaskus di tutup berarti beberapa kaskusers ini jadi gak bisa cari nafkah. Hidup udah susah kok mau dibikin susah lagi….

trus konten BB17 gimana?

Konten BB17 yah kita buang dari Kaskus, kaskus sekarang sudah gak ada lagi section “dewasa”.

mimpi ke depan setelah kaskus ganti wajah dan menendang BB17?

Waktu kita tutup BB17 memang ada sedikit kekhawatiran kalo pengunjung kaskus menurun. Ternyata enggak… malah jumlah pengunjung bertambah banyak dan kita sempet semingguan mengalami gangguan di server karena jumlah pengunjung membludak. Dan sekarang jumlah pengakses wanita bertambah. Mungkin karena kemaren-kemaren ini Kaskus identik dengan situs “dewasa” membuat para wanita enggan masuk ke Kaskus.  Untuk ke depannya kita akan menambahkan category-category baru untuk kaskusers wanita.
Dengan perubahan wajah ini, kita berharap Kaskus gak lagi di identikan dengan situs “dewasa” dan advertiser mulai melirik Kaskus sebagai salah satu target produk/service mereka.

target? berapa lama?

Target kita sih akhir tahun ini member Kaskus menjadi 1 juta.

udah keluar dana berapa untuk merevisi wajah dan citra kaskus?

Untuk merombak kaskus dengan wajah baru ini bukan hal yang mudah dan kita harus cari programmer dan content strategic, selain itu juga harus ada pendekatan ke user. Karena kaskus kan sudah 8 tahun gak pernah ganti tampilan, jadi perubahan wajah saat ini bikin kaget sejumlah kaskusers. Tapi kita terus berusaha mendengar feedback mereka karena Kaskus ada sampai sekarang karena mereka-mereka juga. Jadi kita harus mendengarkan apa keinginan mereka.

Saat ini dana yang udah di keluarkan agak sulit di hitung, karena 8 tahun berjalan sebagai hobby jadi semua pengeluaran itu gak pernah di catat.

setelah ada iklan? artinya mesti mengikuti mekanisme pasar?

Kita akan meneruskan kaskus seperti biasa, dan kita tidak akan membiarkan kaskus menjadi terlalu komersial.

Kalau mekanisme pasar yah kita akan ikutin seperti size iklan, format, dll.

apa elo menjamin freedom to speech kaskus bakal punah?

Enggak, kita berusaha untuk menjaga freedom of speech di Kaskus.
Tapi kita akan terus tekankan bahwa freedom of speech di kaskus itu harus kebebasan berbicara yang bertanggung jawab. Kita hanya menyediakan wadah / forum untuk berinteraksi, isi tanggung jawab penulis.

Setiap postingan yang masuk ke Kaskus itu tidak bisa kita monitor 7×24 jam oleh 38 moderator … Karena setiap detiknya ada 20 postingan baru. Jadi kita juga membutuhkan bantuan dari Kaskusers untuk memberikan laporan apabila ada thread yang di anggap mengganggu dan tidak cocok.

Seputar pribadi:

nama lengkap lo?

Andrew Darwis

tempat tanggal lahir

20 July 1979

nama bokap dan nyokap?

Antonius Darwis , Nancy I.A

punya sodara? berapa? nama-nama mereka?

Punya, 4, Andry Darwis, Andreas Darwis dan Angela Darwis

bisa diceritain sekolah lo sebelum ke state?

SD, SMP itu di Tarkanita. Kemudian SMU lanjut ke Gandhi Ancol

kenapa mesti ke state? singapur atau aussie kan lebih deket dan murah?

Waktu tahun 2000 itu kan gw mulai suka dengan web design, terus di Indonesia belum ada kuliah web design. Pas teman-teman SMA lanjut ke Seattle terus pas mereka balik ke Indo kasih tau kalo gw kenapa gak lanjut ke Seattle aja, disana ada sekolah web & multimedia yang lumayan bagus.

di state tinggal di mana? rent house? boarding? di daerah mana? punya pengalaman seru?

Seattle, Washington
Beberapa tahun pertama tinggal di apartment bareng temen SMA.
Pengalaman seru, yah itu bikin Kaskus taon 2000 bareng Budy dan Ronald.

selama di state sempet lonely boy ga? home sick?

Gak juga yah, karena temen-temen kan juga lumayan banyak disana. Terus kalo kangen Indo kan bisa email, chatting dan webcam.. Jadi gak sering homesick… selain itu juga ada banyak temen di Kaskus jadi kayaknya gak ngerasa lonely.

rutin pulang ke indo? lebaran atau pas christmas?

Selama 8 tahun di sana, cuman sempet balik 3 kali aja. Kan mahal ongkos terbangnya udah itu jauh lagi. Jakarta – Seattle.

buku favorit? kenapa?

Buku favorit gak ada sih, lebih demen baca majalah.. kalo baca buku kaya novel gitu bisa ketiduran. Biasa lebih demen baca-baca di Internet.

film favorit? mengapa?

Wah gw paling demen nonton bioskop, kalo di Seattle sana hampir setiap minggu nonton film baru. Pokoknya yang namanya film semua film gw suka.. komedi, action, drama, dll …. Dalam waktu dekat kita mau ngadain nonton bareng kaskusers. Filmnya, Tempat dan waktu nanti di announce di Kaskus. Mau ikutan? Nongkrongin aja forum movie –nya kaskus.

musik favorit? lagu paling?

Music POP …. US, UK & Indo… waktu jaman kuliah sering banget kangen music Indonesia. Akhirnya bareng temen-temen kita bikin Kaskus Radio yang 70% muterin lagu Indonesia.

gadget favorit? belinya susah ga?

Saat ini gadget favorit itu Blackberry. Alat ini sekarang gak bisa lepas.. kemana pun pergi Blackberry pasti harus nempel. Kalo sampe ketinggalan bisa stress.

sosok inspirasi? kenapa?

pacar? ngurusnya gmn sembari ngurus kaskus?

Pacar? Wah belon ada.. single sampe sekarang…. Mungkin karena terlalu sibuk ngurusin Kaskus jadinya sampe gak ada waktu cari pacar. Tapi tetep mencari kok.. cuman belon ketemu aja.

sempet diprotes pacar ga?

bisa ceritain ketika kaskus ribut dengan yogyafree?

Awalnya itu waktu jaman UU ITE dikeluarin kan, banyak kejadian situs-situs pemerintah di deface. Nah salah satu hacker yang maen di Kaskus itu ternyata ngedeface komunitas YogyaFree dan kemudian oknum di YogyaFree gak terima situs mereka di deface, yang kemudian jadi ajang saling serang yang gak ada habisnya.

gmn menjinakan mereka? ngobrol baik-baik? kaskuser ada yg bikin serangan balik ga?

Kita bikin memorandum / statement bersama antar kedua admin situs bahwa “Komunitas Kaskus & Yogyafree adalah forum sahabat.”
Karena pada dasarnya itu yg ribut itu hanya oknum aja yang megatas namakan komunitas. Kalau mengenai serangan balik ada beberapa hacker yang memang anggota di Kaskus menawarkan diri untuk mengirimkan serangan balasan, tapi kalo misalnya saling bales terus yah gak bakal ada habisnya.

12 Responses to "Andrew ‘Kaskus’ Darwis: on interview"

nice interview🙂

Trully great information about kaskus i got here!

thanks!

bagus bagus..jadi lebih tau sejarah kaskus hehehe

waah ada info yg beda nih tentang kaskus
thank u yaah

Waa, thanks ya uda nge-post wawancara ini. Jadi tau deh sejarah kaskus😀

wah! kasih cendol nih buat yang menginterview kang andrew!

kaskus dikenal banget di sekolahku dulu dan di kampusku sekarang

semoga semakin cinta sama INDONESIA

hahahaahhaa

kayaknya gue pertamax deh nih

(ngarep)
ahhaahahah

hehehehehe

om admin bisa g minta cp nya andrew darwis, butuh banget ni buat acara d kampus gue, udah hoples banget ni nyari infonya.
mohon bantuannya yaa.
makasih banget ya sebelumnya

Andrew tuch kata temen kuliahnya ternyata menjiplak karya orang lain dan kena kasus laennya.
kasusnya juga lagi mulai diproses di amerika denger2 sih..
Makanya pulang ke indo
Gimane dong gan… bener engga sich?

^@ masa vbuletin jiplak, yang ada vbuletin itu bayar

nice info gan
ini interview langsung atau dapat copas gan

jelas ketemu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: