it’s about all word’s

Obama and ACORN= A Hard Road

Posted on: October 21, 2008

Belukar tajam menuju Gedung Putih

Dua pekan jelang pemungutan suara Pemilu AS, kandidat presiden terkuat dari Partai Demokrat Barack Obama harus berhati-hati meniti langkah menuju Gedung Putih setelah munculnya tuduhan manipulasi suara yang dilontarkan sang pesaing Senator John McCain.

International Herald Tribune menulis dalam debat terakhir capres, McCain mengingatkan kelompok yang dinamakan ACORN ‘tengah bergerak untuk melakukan manipulasi suara yang terbesar sepanjang sejarah’ dan ‘kemungkinan bisa merusak sendi-sendi demokrasi’.

Tuduhan ini tak main-main sebab Partai Republik meminta pertanggung jawaban Obama atas pengekangan yang dilakukan Obama terhadap ACORN.

Kubu Republik mengecam ACORN yang dituduh telah memasukkan pemilih remaja dan bahkan Mickey Mouse dalam daftar penyumbang suara.

Palin menerangkan ACORN bertanggung jawab terhadap situasi tak terarah dalam kasus penipuan penyumbang suara itu. Dia juga mengecam kubu kampanye Obama karena tak memberikan tanggapan terhadap masalah ini.

Associated Press menyebutkan, Palin geram karena kubu kampanye Mc Cain sudah  mengirimkan sepucuk surat ke kubu Demokrat untuk mengambil tindakan terhadap penipuan soal pemberi suara September lalu tapi tak kunjung ada jawaban.

Barack Obama sendiri jelas kena sodok maklum ACORN Votes atau komite aksi politik nasional ACORN, diresmikan oleh Barack Obama selama pemilihan pendahuluan calon presiden AS dari partai Demokrat.

Antara tahun 2004-2008, ACORN memfokuskan diri pada misi  pendaftaran pemegang hak suara dan bergerak di kalangan masyarkat bawah yang umumnya tak peduli pada kondisi politik yang terjadi.

Menurut tim kampanye Republik, kabar ACORN mengarahkan orang-orang tersebut untuk mengambil sikap tertentu pada pemilihan presiden mendatang.

Selain itu ACORN telah mengecoh calon pemilih dengan mengirimkan form pendaftaran yang tidak sah bagi mereka yang sudah terdaftar.

Meski tak menerima tuduhan itu Acorn tak membantah. Mereka bahkan mengklaim telah membayar lebih dari 8.000 tenaga yang mendaftarkan tak kurang dari 1.3 juta pemilih baru, sebagian besar rakyat miskin dan umumnya anggota kelompok rasial minoritas.

ACORN juga mengakui orang-orang yang dihubungi lewat telepon jumlahnya tidak mencapai 1% dari total yang disasar. Lembaga ini juga mengatakan menyeleksi secara ketat setiap formulir pendaftaran yang masuk.

Sebelum formulir dibagikan kepada kantor-kantor pemilihan, penyelia dari ACORN membuat semacam tanda bila ada masalah yang diperkirakan muncul.

Menurut mereka, sebagian besar formulir yang kini menimbulkan kontroversi adalah formulir yang diberi tanda dan kemudian dibocorkan oleh oknum-oknum kepada pers.

Tiga hari sebelum debat puncak berlangsung, kasus ACORN sudah memanas. Kuasa hukum Partai Republik meminta agar pemerintah AS segera menindaklanjuti temuan kontroversial tersebut.

Bekas Obama bekerja

Tak ayal, komentar Mc Cain membuat publik Demokrat dan Republik bertanya-tanya. Apa yang sebetulnya telah terjadi. Maklum tuduhan ini tak main-main. Jika benar jelas ini sebuah skandal.

ACORN atau The Association of Community Organizations for Reform Now adalah lembaga nirlaba yang didirikan Wade Rathke and Gary Delgado tahun 1970 dan bertujuan peduli pada masyarakat berpenghasilan rendah.

Konsistensi dan sepak terjang ACORN dalam pemberdayaan masyarakat miskin dan terpinggirkan cukup menakutkan beberapa negara bagian, lembaga pemerintahan dan pebisnis.

ACORN memiliki sejumlah catatan keberhasilan memaksa politisi nakal, kebijakan salah dan pebisnis menguras dompet mereka untuk membayarkan kompensasi. Pendek kata ornop ini adalah Robbin Hood yang menggasak uang haram milik penguasa.

Tentu saja agar efektif gerakan ACORN tak hanya melakukan advokasi hukum maupun turun ke jalan. Mereka juga sangat taktis merasuk ke tubuh partai yang berkuasa.

Alasannya jelas untuk memengaruhi kebijakan publik yang akan dikeluarkan pemerintah agar lebih pro masyarakat yang termarjinalkan.

Dalam risalah sejarah organisasi yang dimuat dalam acorn.org disebutkan sejak 1980 selalu bergerak aktif dalam lobi politik di konvensi Partai Demokrat maupun Partai Republik.

Bos anggota kongres dari partai Republik, John Boehner menyebut ACORN dalam waktu lama bertanggung jawab membawa ekonomi AS kepada kebangkrutan dan kerusakan sistem dalam pemilu.

Tak heran musuh ACORN yang kini memiliki dana tak kurang dari US$100 juta atau setara dengan Rp9,5 miliar ini cukup banyak. Presiden AS saat ini, George W. Bush diketahui sangat sebal karena selalu direcoki.

Intel negara federal tak tinggal diam. Mereka cepat bergerak menyisir negara bagian Nevada, Connecticut, Missouri dan setidaknya lima negara bagian lain. Ohio dan North Carolina disebut-sebut juga menjadi basis manipulasi ACORN.

“Kami sudah mendapatkan daftar pemilih dan beberapa relawan yang mau membantu kami dalam menyelesaikan administrasi politik, kami tak butuh ACORN, kami tak butuh bantuan ACORN,” papar Obama.

Menurut Obama yang dulunya pernah bekerja di ACORN sebelum masuk sekolah hukum, sebenarnya ACORN tidak bekerja untuk Partai Demokrat. ACORN tidak memberikan nasehatnya kepada kampanye Demokrat.

Sejauh ini masalah ACORN semakin sayup terdengar namun bukan tidak mungkin bakal menjadi belukar tajam bagi Obama ketika pada akhirnya melibas Mc Cain di sesi Electoral Colleges yang paling menentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: