it’s about all word’s

Guns N’ Roses: Chinese Democracy

Posted on: October 24, 2008

Hanya Axl Rose yang tersisa

Supergroup Amerika, Guns N’ Roses, akan meluncurkan album asli pertama mereka dalam 17 tahun terakhir dengan merilis karya mereka yang sudah lama dinantikan, Chinese Democracy.

Seperti dikutip dari chinesedemocracy.com, album yang lama tertunda tersebut akan mulai dijual di AS pada 23 November, sedangkan lagu judulnya Chinese Democracy sudah diputar di radio New York, 22 Oktober lalu sejak pukul 6 pagi waktu setempat.

Rekaman ini merupakan album Guns N’ Roses pertama sejak rilis Use of Your Illusion I dan Use Your Illusion II pada 1991. Band itu telah menjual 90 juta keping album di seluruh dunia, dengan 42 juta kopi di AS saja.

“Peluncuran Chinese Democracy menandai saat bersejarah dalam rock n’ roll. Semua penggemar Guns N’ Roses pantas untuk merayakannya, karena ini baru permulaan,” kata manajer band itu, Irving Azoff dan Andy Gould.

Untuk mendongkrak penjualan Chinese Democracy, manajemen Guns N’ Roses menggandeng praktisi kampanye pemasaran Gary Arnold bersama tim situs penjualan Best Buy.

“Chinese Democracy adalah album yang paling ditunggu para penggemarnya. Axl Rose adalah musisi dan penulis lirik jenius,” ujar Gary Arnold.

Optimisme diterimanya album Gun’s Roses yang telah dinanti satu dekade itu juga ditunjukkan pihak label Interscope Geffen A&M Records yang diwakili secara langsung oleh Presiden Pemasaran Steve Berman

Empat tahun lalu penggemar Guns N’ Roses sempat bergembira namun langsung menyampaikan sumpah serapah setelah pihak Geffen A&M Records merilis album terbaru yang ternyata adalah album kompilasi lagu-lagu hit.

Chinese Democracy diproduseri Axl Rose dan Caram Costanzo yang dirilis lewat label Black Frog/Geffen Records. Album berisi 14 lagu a.l. Chinese Democracy, Better, Street Of Dreams, There Was A Time, Catcher N’ The Rye, Riad N’ The Bedouins, Sorry, I.R.S, Madagascar, This I Love dan Prostitute.

Album ini juga menyertakan tembang Shackler’s Revenge yang sudah beredar 14 September lalu dalam paket cakram video game Rock Band 2.

Selain itu, tembang  If The World juga telah menjadi musik latar film layar lebar Body Of Lies dengan dibintangi Leonardo DiCaprio dan Russell Crowe yang dirilis 11 Oktober lalu.

Sebagai album yang dirilis pada era digitalisasi, Chinese Democracy dilempar ke pasar dalam tiga format berbeda yaitu cakram padat (CD), Vinyl LP dengan track yang bisa bebas di-download dan album digital.

Sayangnya, banyak pengamat musik yang pesimistis penjualan Chinese Democracy akan mampu melampaui hasil album perdana Apetite for Destruction yang disebut sebagai album paling terkenal Guns N’ Roses, yang menampilkan lagu hit Welcome To the Jungle dan Sweet Child o’Mine.

Pentolan Guns N’ Roses, Axl Rose, menjadi satu-satunya anggota asli dari para personel band pada 1991, yang akan tampil pada album baru itu yang berisi 14 lagu ini.

Axl Rose, terlahir dengan nama William Bruce Rose, Jr, adalah vokalis sekaligus pendiri Guns N’ Roses yang lahir di Los Angeles, California, dari band bernama Tracii Guns.

Dalam Guns N’ Roses sosok Axl yang otoriter, egois, emosi yang meledak-ledak dan begitu dominan pada akhirnya membuat hubungan antar personel band itu kacau balau. Meski demikian Axl adalah pencipta dan penulis lagu yang mumpuni.

Perjalanan Guns N’ Roses akhirnya berantakan setelah sahabat sekaligus pendamping Axl, sang gitaris Saul ‘Slash’ Hudson atau memilih keluar menyusul keluarnya pemain bass Michael Andrew ‘Duff’ McKagan.

Hengkangnya Slash dan Duff merupakan tutup buku dari Guns N’ Roses setelah ditinggal pergi pemain gitar ritem, Jeffrey ‘Izzy’ Dean Isbell dan pemain drum Steven Adler terdepak karena terlibat narkotika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: