it’s about all word’s

Membongkar Konspirasi Bunga Bank

Posted on: October 28, 2008

Judul: Membongkar Konspirasi Bunga Bank
Penulis: Tarek El Diwany
Terbitan: Penerbit PPM, September 2008
Tebal: 116 Halaman

Kondisi pasar finansial dunia tengah guncang. Panglima demokrasi, globalisasi dan ekonomi kapitalisme Amerika Serikat sedang demam karena krisis finansial. Hasilnya jelas seluruh dunia kena imbasnya.

Pemerintah Indonesia lewat Bank Indonesia sigap bertindak. Likuiditas diperketat dengan cara menaikkan bunga bank. Pemerintah tutup kuping dengan kebutuhan sektor riil yang terbebani.

Bunga bank alias sistem riba ternyata memang sebuah konspirasi jahat yang diamini para praktisi perbankan yang mengaku beriman. Padahal bunga jelas-jelas dilarang oleh hukum agama Yahudi, Kristen dan Islam.

Kitab Keluaran ayat 22:25 dan Ulangan 23:20 dari Perjanjian Lama adalah rujukan dilarangnya memungut bunga dari peminjam. Sementara Al-Quran dalam surah Ar-Rum ayat 39 jelas menyatakan praktek riba adalah salah.

Meski salah para praktisi industri keuangan secara sadar begitu setia terhadap sistem riba dan penciptaan uang yang telah membentuk suatu sistem yang sangat berkuasa selama 300 tahun terakhir.

Maklum lewat kampanye yang begitu panjang disebutkan pinjaman dengan sistem bunga akan dapat membantu ekonomi masyarakat yang pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan  ekonomi rakyat.

Agar jelas penulis Tarek El Diwany mengajak pembaca untuk kembali pada kejadian besar dalam ekonomi terjadi di abad ke-17 di mana uang simbol (token) digabungkan dengan riba (usury).

Dua arus sejarah ini bertemu kemudian menghasilkan apa yang dikenal luas di masa kini sebagai perbankan. Perbankan komersil adalah uang simbol ditambah dengan riba.

Paham yang direstui Gereja Anglikan Inggris ini kemudian semakin merajalela setelah didukung oleh Gereja Katolik dalam Codex luris Canonici yang mengamini praktek bunga.

Akibat kesalahan sejarah ini segala upaya menghapuskan praktek bunga yang dilakukan Bank Islam masa kini akan gagal kecuali kita memahami apa yang terjadi pada pertengahan abad ke-17 di London.

Seiring perjalanan waktu sistem keuangan semakin meninggalkan sistem tradisional barter atau uang komoditas dan semakin bergantung pada sistem uang kartal dan giral.

Uang kartal adalah uang yang dijadikan sebagai alat transaksi sah dan wajib diterima seluruh masyarakat pada perekonomian. Uang kartal umumnya berbentuk uang kertas dan uang logam yang di Indonesia dibuat oleh Bank Indonesia selaku bank sentral yang diberi hak tunggal mencetak yang / hak oktroi.

Uang dilindungi oleh Undang-Undang di mana pelaku pemalsuan uang diancam oleh hukuman denda dan kurungan penjara. Contoh uang kartal seperti uang logam Rp. 100,- uang kertas Rp. 1.000,- dan lain sebagainya.

Uang giral adalah suatu tagihan pada bank umum yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dan transaksi yang sah dan masyarakt tidak wajib menerima pembayarannya.

Uang giral dapat dibilang mudah, aman dan praktis karena dalam melakukan transaksi di mana seseorang tidak perlu menghitung dan membawa banyak uang kartal atau uang kontan.

Segi kepraktisan uang giral adalah jika hilang atau jatuh ke tangan orang jahat dapat segera diblokir dan mudah dalam penggunaannya. Contoh uang giral yaitu adalah seperti cek, giro, telegraphic transfer, dan lain-lain

Dengan semakin tersturkturnya sistem keuangan kartal dan giral, industri keuangan kemudian melangkah pada sistem fiat money, fractional reserve requirement, dan tentu saja interest (bunga bank).

Bagi negara-negara berkembang ketiga sistem tersebut sekilas memudahkan negara-negara berkembang namun dalam jangka panjang adalah tali pencekik leher hingga ke anak cucu.

Lalu bagaimana jalan keluar dari semua kesulitan itu? Segeralah kembali ke sistem keuangan yang tak mendewakan riba. Keuangan syariah adalah jalan keluarnya.

1 Response to "Membongkar Konspirasi Bunga Bank"

alternatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: