it’s about all word’s

Tren TI 2009: Layanan data via EV-DO CDMA

Posted on: November 7, 2008

Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat membuat kebutuhan masyarakat terhadap akses internet yang cepat dan mendukung mobilitas juga semakin tinggi dan primer.

Beragam koneksi internet ditawarkan oleh beberapa operator seluler dengan tenologi Global System for Mobile communications (GSM) maupun Code division multiple access (CDMA).

Menurut Harry K Nugraha, Senior Country Manager Qualcomm Teknologi GSM dan CDMA dari sisi device handset sebenarnya hampir sama bahkan sekarang semua gadget terhubung dengan internet.

“Mulai dari kamera, handphone bisa internet bahkan sekarang ada laptop yang tidak memerlukan ekstra modem, namanya Goby dengan modem internal yang dual mode, EVDO dan HSDPA,” ujarnya.

Saat ini operator GSM menawarkan broadband 3G dan 3.5G dengan teknologi High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang sangat cepat untuk melakukan download (3.6 Mbps) namun termasuk lambat ketika upload, sekitar 384 Kbps.

CDMA yang lahir dari industri perang tak mau kalah dengan meluncurkan CDMA2000 1x EV-DO Revision A biasa disebut EV-DO Rev A yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi untuk akses internet baik baik dowload ataupun upload.

EV-DO alias Evolution Data Optimization atau Evolution Data Only merupakan standar telekomunikasi baru yang dapat digunakan untuk mengakses internet broadband.

EVDO telah memiliki standar dari 3rd Generation Partnership Project 2 (3GPP2) sebagai bagian keluarga CDMA2000 kelanjutan dari teknologi 1x.

EVDO memanfaatkan jaringan CDMA2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi mobile networks dengan antarmuka udara pada kecepatan sampai dengan 2,4 Mbps pada Rev. 0 dan 3,1Mbps pada Rev A.

Sementara EVDO Rev. A menawarkan peningkatan pada kecepatan di dua jalur forward dan reverse (downlink dan uplink) dengan cara melakukan perbaikan pada penurunan nilai latency dan meningkatkan kemampuan data rate-nya sehingga kualitas transmisi data menjadi lebih efisien.

Dibandingkan dengan Rev.0, pada EVDO Rev.A ini selain terjadi peningkatan pada maksimum downlink rate (down load rate) dari 2,4 Mbps menjadi 3,1 Mbps. Pada peningkatan optimalisasi uplink data rate atau upload data rate dari 153 Kbps pada Rev.0 menjadi 1,8 Mbps pada Rev.A

Bagi pengguna aplikasi berbasis IP seperti Email, chatting, browsing dan lain-lain tidak perlu kuatir karena jaringan EVDO Rev A menggunakan protocol IP yang sangat mendukung layanan multimedia, baik layanan pertukaran data maupun suara karena dapat memadukan mobile wireless, komputasi dan perangkat elektronik.

Kehebatan teknologi EVDO Rev A ini telah dibuktikan oleh Sprint dan Verizon yang menjadi market leader di negara Amerika Serikat, selain itu broadband CDMA juga menyediakan potensi nirkabel yang memancarkan sinyal lebih kuat dari teknologi selular lainnya.

Superioritas lain dari teknologi EVDO Rev A ini memiliki  fitur yang tidak dimiliki oleh pesaingnya – teknologi HSDPA, dimana pada teknologi ini terdapat fitur ‘Service Control’ yang dapat mengenali lalu lintas  data apa saja yang sedang melewatinya sekaligus mampu untuk memberikan prioritas terhadap paket tersebut.

Pemberian prioritas ini juga dapat dilakukan berdasarkan profile dari pelanggannya. Fitur ini akan sangat berguna bagi operator untuk mengatur lalu lintas data yang akan lewat pada jaringan EVDO yang dimilikinya.

Contoh aplikatif dari fitur ini adalah prioritas tertinggi pada pengguna premiun sehingga pengalaman berinternetnya akan lebih baik ketimbang pelanggan biasa. Operator juga dapat mendefinisikan pelanggan yang melakukan browsing akan mendapatkan prioritas tinggi ketimbang pelanggan yang men-download.

Teknologi CDMA 2000 1x EV-DO Rev A yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi dengan kapasitas yang besar memang menjadi impian bagi pengguna teknologi yang hobi internet, transfer data, atapun multimedia.

Dengan kecepatan downlink (mengunduh konten dari internet) hingga  3.1 Mbps  dan kecepatan uplink (menaikkan konten ke internet) hingga 1.8 Mbps akan sangat memanjakan konsumen dalam menggunakan layanan multimedia seperti browsing, download lagu, mobile TV, video sharing, teleconference, hingga online games.

Keunggulannya EVDO membuatnya cocok untuk aplikasi yang mengharuskan koneksi internet cepat secara terus menerus semacam Voice Over IP (VoIP), dengan menggunakan teknologi ini, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih.

Aplikasi lain dari teknologi ini adalah transfer video pada perangkat video surveillance yang sudah didukung protocol IP.  Contoh, melalui perangkat video kita dapat memonitor dan mengetahui keadaan anak di rumah.  Pengembangan lainnya adalah monitoring kondisi jalan raya.

Sebagai teknologi yang dikembangkan dari medan perang, CDMA memiliki ketangguhan kala jauh dari jaringan. Sebab secara otomatis ketika pengguna menjauh dari jaringan jangkuan BTS secara otomatis pelanggan akan dipindahkan ke standar  mode 1X-RTT.

Artinya pelanggan tetap dapat melakukan akses ke internet di seluruh jaringan kemana pun mereka pergi minimal dengan kualitas 1X (153 Kbps) yang masih jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan dial-up ke PSTN berkecepatan 56Kbps.

Kendati menawarkan banyak kelebihan, teknologi EV-DO di Indonesia mempunyai tantangan yang tidak ringan. Hal itu karena sebagian besar pengguna ponsel di Indonesia dikuasai oleh teknologi GSM (global system for mobile communications).

Laporan lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) mengungkapkan dari total penjualan ponsel selama kuartal II (April-Juni) 2008 sebanyak 6 juta unit, sebanyak 70% adalah teknologi ponsel GSM. Adapun ponsel CDMA hanya menguasi 30% pangsa pasar.

Keunggulan teknologi EV-DO tersebut menggoyahkan pilihan masyarakat untuk berpaling ke teknologi seluler CDMA?

6 Responses to "Tren TI 2009: Layanan data via EV-DO CDMA"

dibayar berape lo buat nulis sampah kayak ginian .. ini teknologi kuno mending wimax sekalian ..

lho CDMA 2000 1x EV-DO Rev A sampah ya?

wimax meski potensial masih diganjal aturan…nanti aku bakal nulis

terimakasih pujiannya

mas algoth,,,
anggap sj sy pemula soal Modem CDMA dg PC,sy br berli herier C700 Smart,di kartu perdana ada info ttg update EVDO,krn sy gak gaul,jd ta cr di google,smpai deh kesini,nulis ini,,,yang intinya,,,Saya ingin sekali koneksi ineternet baik dg PC sy yg msh P4 2,6Ghz bisa lebih cepat,,kl dg update Evdo itu bisa,tolong beri sy petunjuk,bgmn caranya dan apa yg mesti sy lakukan,,please…sy gak bs ngadanlkan fasilitas Hotspot kantor teru,rikuh pekewuh.
maturnuwun…direspon ya,itu alamt email sy,lwt facebook jg boleh,pareng…

Salam kenal Mas Algooth….
gara2 mau nyari tau Mas Trias Kuncahyono..
eh larinya ke blog Mas Algooth….

BTW…masalah EVDO CDMA kayanya sekarang lagi yang paling bagus deh..
keluaran salah satu operator baru yang berpusat di Sabang..
ke depannya kemungkinana akan bersaing antara EVDO ini dengan LTE dan Wimax..

Sebagai pengguna Internet, kita menunggu aja murah dan bagus menggunakan apa..
jadi bisa terus kita ber-blog-ria dan internetan dengan murah meriah….

Wah keren pkoknya EV-DO, apalagi namanya Evolusi, berbenah lama tp menghasilkan yang the best…mantabbb…skg baru smart mungkin yg ada…

Very much the helpful information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: