it’s about all word’s

AC/DC kembali dan mengejutkan

Posted on: November 13, 2008

Delapan tahun meninggalkan dunia rekaman sejak merilis Stiff Upper Lip kelompok musik rock AC/DC kembali bangkit bahkan sanggup merampok puncak tangga lagu di sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat.

Lewat album Black Ice yag dirilis 20 Oktober 2008 lalu, AC/DC yang mencuri perhatian lewat single Rock ‘n’ Roll Train sukses mengembalikan keperkasaan hard rock yang sempat redum satu dekade terakhir.

Namun Black Ice bagi band yang didirikan di Sydney, Australia, pada 1973 ini meski sukses mengembalikan posisi AC/DC ke jajaran musik rock dunia masih ditunggu keberhasilan untuk melampaui pencapaian album tersukses mereka sebelumnya, Back in Black.

Sedikit menengok ke belakang Back in Black adalah album AC/DC pasca ditinggal mati penyanyi mereka, Bon Scott, karena tersedak muntahan setelah mabuk alkohol di bulan Februari 1980.

Pengganti Scott, Brian Johnson memberi bukti kekuatan AC/DC lebih pada harmonisasi dan lirik yang kuat hasilnya Back In Black yang dirilis 21 Juli 1980 di Amerika dan 11 Agustus di Australia sukses dipasaran.

Sentuhan sang produser Robert John “Mutt” Lange–suami penyanyi diva pop Shania Twain—membuat sound Back In Black sangat jernih dan hard rock melambungkan album ini ke posisi empat tangga lagu Billboard.

Sementara penjualan album yang menghasilkan tembang abadi You Shook Me All Night Long, Back In Black, dan Hells Bells itu dalam waktu lima bulan menyentuh angka sejuta kopi di Amrik dan setahun setelah dirilis terjual 12 juta kopi di seluruh dunia.

Bagaimana dengan Black Ice? Album dengan 15 tembang yang diproduseri Brendan O Brian dan direkam di Warehouse Studio di Vancouver, Kanada itu menampilkan line-up Angus Young (gitar), Malcolm Young (rhythm gitar), Brian Johnson (vokal), Cliff Williams (bass), dan Phil Rudd (drum)

Lewat album ini AC/DC kembali memamerkan kelincahan lick gitar cepat Angus Young dan kocokan ritem Malcolm Young yang mendapat gelar pemain rhythm gitar rock sekelas James Hetfield, vokalis sekaligus gitaris Metalica atau Scott Ian (Anthrax).

Hasilnya begitu Rock ‘n’ Roll Train membahana yang terdengar adalah band-band rock tradisional tahun 1970-an dengan sodoran skill, suara melengking, bas yang dinamis dan ketukan drum yang bersih nan menghentak.

Sementara untuk tembang panggung, AC/DC menyodorkan Big Jack dan War Machine. Namun pamer skill tanpa banyak distorsi dan efek ala Angus Young baru bisa ditemukan dalam Spoilin’ For A Fight.

Sedangkan nuansa rock old skool bisa ditemukan pada She Like Rock N Roll, Money Made, Rock’n Roll Dream dan Rocking All the Way yang cocok didengarkan dan dimainkan di kafe sembari menyeruput bir.

Black Ice sebagai lagu penutup album menawarkan nuansa rock yang kental dengan riff rock dan melodic gitar ala AC/DC. Tak seberisik thrash metal atau nu metal namun cukup mengocok adrenalin ala Chuck Berry atau Keith Richards.

Hal menyenangkan lain dari album Black Ice adalah kesetian mereka pada tembang-tembang yang menggunakan lirik sederhana ala band punk Ramones. Rata-rata tembang dalam album ini adalah 3-4 menit.

Tembang dengan durasi tersingkat adalah War Machine (3:09) dan Stormy May Day (3:10) sementara tembang terpanjang adalah Rock ‘n’ Roll Train (4:21) dan Rock ‘n’ Roll Dream (4:41)

Data yang dirilis Nielsen SoundScan menyebutkan, seminggu sejak dirilis, Black Ice terjual 784.000 kopi untuk Amerika Serikat saja dan menjadi nomor satu di hampir 29 negara a.l AS, Inggris, Irlandia, Australia, Swedia, Italia, Belgia, Selandia Baru, dan Jepang.

Sementara untuk penjualan di seluruh dunia malah sudah menembus dia angka sejuta kopi dan diperkirkan akan terus melonjak karena permintaan terus berdatangan dari negara-negara lain.

Jika tak ada aral melintang sesuai target para personel AC/DC diharapkan album itu bisa terjual minimal 10 juta kopi di seluruh dunia yang artinya bakal menjadi album tersukses negeri kangguru itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d bloggers like this: