it’s about all word’s

Advertising That Makes Money

Posted on: December 11, 2008

Judul: Advertising That Makes Money
My Life, My Way, My Blood
12 Prinsip Mengelola Merek
Menjadi Market Leader dan Menghasilkan Profit
Penulis: A. Adji Watono
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, November 2008
Tebal: 316 Halaman

Banyak orang bijak menyatakan orang yang pintar dan murah hati adalah orang yang menginspirasi meski bertemu hanya semenit saja. Bagi saya Aloysius Adji Watono adalah sosok yang tepat.

Seperti halnya bos PT Sido Muncul, Irwan Hidayat yang juga klien setianya. Adji sama-sama low profile-nya. Beberapa petinggi yang jadi kliennya malah menyatakan, Adji adalah bos yang tak ragu membawakan tas atau membukakan pintu bagi mereka.

Saya berjumpa dengan Adji pasca peluncuran buku The 9 Credos of Advertising That Sells (2006). ‘Anak’ pertamanya itu bikin industri advertising agency di Indonesia geger karena membagi secara cuma-cuma rahasia Dwi Sapta Group.

Dwi Sapta, berdiri 1981 sejak tiga tahun lalu menjadi agensi besar—betul-betul perusahaan lokal-yang terus setia dengan rahasia umum sebuah industri iklan yaitu menjual. Karena menurut David Ogilvy, esensi iklan adalah jualan.

“Iklan itu ya jualan. Buat apa bikin iklan yang canggih tapi pesan jualannya sulit diterima pemirsa,” ujar pria yang mengawali bisnisnya itu dari studio foto kecil di Rawamangun usai belajar di Adolf Lazi Szhool, Stuttgart dan Technical Photography, Berlin.

Pesannya praktis dan menjadi inti The 9 Credos of Advertising That Sells. Jika ini dibilang sebuah ilmu kungfu, Adji berhasil menciptakan sebuah jurus pamungkas yang sederhana namun sulit untuk ditiru karena terlalu khas seorang Adji.

Tahun ini, Adji kembali menabalkan namanya di ranah perbukuan lewat Advertising That Makes Money. Intinya masih sama. Iklan artinya ya jualan. Namun jualan pun harus irit dalam produksinya, artinya memperbesar profit.

Lagi-lagi idenya sederhana tapi juga tidak mudah. Lewat buku ini Adji membagi ilmunya yang ternyata masih tersimpan. Ada 12 ‘jurus’ dari agensi berorientasi Integrated Marketing Communication (IMC) yang semuanya kebetulan berbahasa Inggris ini.

IMC adalah konsep layanan yang secara konprehensif menawarkan berbagai layanan sejak customer insight hingga evalution and monitoring. Menurut Adji perubahan ini fundamental karena tuntutan bisnis periklanan kini masuk ke fase hypercompetitive.

Yang memudahkan ke-12 jurus di buku ini dibagi Adji mejadi tiga bagian besar yang merefleksikan tiga dimensi manusia yaitu Soul-Mind-Body. Pemilihan tata letak yang memudahkan pembacanya.

Dua prinsip pertama adalah filososif dasar yang menjiwai prinsip-prinsip yang lain yaitu Advertising Must Create Money and Profit dan Think Big, Dream Big, and Action Big.

Keduanya disusul empat prinsip bisnis Dwi Sapta yaitu Lose to Win; Never Ever Give Up, No Matter the Obstacles Come Up; Never Say No. Nothing Is Impossible dan Hungry For Change. Never Stop Adapting.

Pada enam bab akhir memuat tindakan yang harus dilakukan Dwi Sapta dalam menghadapi ketatnya kompetisi yaitu: Be Passionate! Focus on the Momentum of Success; Follow Your Instinct. Trust Your Gut; All Out! Overcommitted to Every Decision You Make; Farming , Not Hunting; Hard Work! Create Your Own Luck dan Just Do It! Take the Risk.

Sepintas rumit padahal mudah dimengerti karena Adji menyusun buku ini dengan gaya bahasa yang sederhana. Setiap bab bahkan dihiasi kisah di balik keberhasilannya menangani klien.

Kliennya pun tak sembarangan. Sebagian besar adalah pemimpin di pasar mereka. Kreatifitas mereka tinggi karena ketatnya persaingan. Tentu saja Dwi Sapta dituntut sama kencangnya dengan langkah mereka untuk menjadi yang terbaik.

Namun yang menarik dari buku ini adalah keterlibatan generasi kedua Dwi Sapta. Pada bab akhir, putri Adji, Maya Carolina Watono mendaraskan pemahamannya perihal bisnis keluarga mereka yang harus berubah.

Dari bisnis yang dijalankan dan berkembang berkat kemampuan personal Adji, untuk masa mendatang dibutuhkan kerja kolektif, kolegial sekaligus professional. Jelas ini hal tak mudah dan boleh jadi bakal ada lagi buku berikutnya dari seorang Adji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: