it’s about all word’s

Zhuhai, kota romantis yang ambisius di Selatan China

Posted on: December 16, 2008

Zhuhai adalah kota romantis di Pantai Selatan China. Secara administratif Zhuhai adalah kota setingkat kabupaten di provinsi Guangdong. Letaknya di muara Sungai Mutiara.

Julukan bagi kota yang baru berusia 29 tahun ini adalah Kota Romantis atau Kota Bunga. Zhuhai dikenal sebagai jembatan China bagi Makau karena itu pemerintah China memberi status kota ini Special Economic Zones (SEZ).

Sama halnya dengan jembatan China atas Hong Kong, Shenzhen yang mendapat status keistimewaan ekonomi setahun sebelum Zhuhai atau tahun 1978.

Dengan status SEZ, pembangunan di Zhuhai dan Shenzhen diarahkan sebagai kota pelabuhan modern, ilmu pengetahuan, kota pariwisata dan kota transit. Artinya sebuah kota modern yang nyaman, aman dan bersih.

Pemerintahan Zhuhai ada di dua tangan politik dan administrasi. Untuk urusan politik dikendalikan Sekretaris Komite Partai Komunis China, Gan Lin sedangkan urusan administrasi dikendalikan bupati berpangkat Mayor. Saat ini Mayor Zhuhai adalah Zhong Shijian.

Dengan sistem yang terpusat namun otonom, Zhuhai jelas sangat berbeda dengan Batam yang carut marut karena adanya dualisme perizinan dan kewenangan antara Otorita Batam dan Kotamadya Batam.

Kota yang berdiri di atas delta muara Sungai Mutiara ini memiliki luas daratan 1,653 kilometer persegi sedangkan wilayah airnya mencapai 690 kilometer persegi

Sebagai kota industri Zhuhai terbagi menjadi tiga distrik yaitu Xiangzhou, Doumen dan Jinwan. Wilayah ini didiami 1.332.000 penduduk alias sebuah kota yang tak terlalu padat. Karena hanya 805,8 kilometer persegi yang ditinggali.

Industri di Zhuhai difokuskan pada industri berteknologi tinggi dan industri berat a.l. elektronik, pengembangan software komputer, bioteknologi dan farmasi, permesinan dan industri perlengkapan petrokimia.

Untuk mempermudah pengelolaannya, zona ekonomi diberlakukan a.l. Wilayah industri teknologi tinggi, Wilayah bebas perdagangan, Wilayah industri pelabuhan, Wilayah pengujian dan pengembangan teknologi kelautan Wanshan dan Wilayah pengembangan ekonomi Heng Qin.

Agar proses pengembangan teknologi terintegrasi dengan pengembangan manusia di China pemerintah Zhuhai membangun beberapa kampus yang terintegrasi a.l. Zhuhai College of Jinan University, Zhuhai College of Beijing Normal University, Zhuhai College of Beijing Institute of Technology, Zhuhai Campus of Sun Yat-Sen University, Zhuhai College of Jilin University dan Beijing Normal University-Hong Kong Baptist University United International College.

Dengan pengelolaan yang tegas dan terpusat pada partai, Zhuhai adalah magnet bagi investor asing. Tahun 2002 saja sudah hampir semiliar dollar yang masuk ke wilayah ini dalam bentuk investasi.

Diantara 500 perusahaan top dunia, 19 diantaranya bercokol di Zhuhai a.l. ExxonMobil, British Petroleum, Siemens, Carrefour dan Matsushita. Namun investor terbesar Zhuhai adalah warga Hong Kong (22%).

Dijejali fasilitas pendukung

Tidak seperti Batam yang digadang-gadang sebagai daerah perdagangan bebas yang serba nanggung karena tak dilengkapi sarana dan prasarana nomor satu. Sejak awal Zhuhai sudah mempersiapkan infrastruktur terbaik.

Untuk bandaranya, Zhhai memiliki Zhuhai Sanzao Airport di Distrik Doumen yang mengantungi sertifikasi bandara internasional.

Kemacetan yang menjadi ancaman setiap wilayah industri diatasi dengan perencanaan jalan bebas hambatan penghubung Zhuhai dan Foshan. Untuk jalur penghubung Zhuhai dan Macau dibangun Lotus Bridge pada 1999 agar kemacetan di pintu Gongbei berkurang.

Sementara pelabuhan Jiuzhou dan Gaolan dibangun untuk melayani kapal-kapal dengan bobot raksasa bisa aman merapat. Zhuhai diuntungkan karena muara sungai Mutiara memiliki kedalaman yang memungkinkan kapal raksasa merapat.

Sedangkan layanan kapal feri penumpang dipusatkan di Chu Kong Passenger Transport yang terletak di Pelabuhan Jiuzhou. Pintu masuk jalur air ini adalah jembatan Zhuhai, Hong Kong dan Shekou di Shenzhen.

Sejak 10 Juli tahun lalu, kota yang menjalin kerjasama dengan Surrey, British Columbia dan Redwood City, California ini menyediakan layanan feri penghubung Pelabuhan Jiuzhou dan bandara Internasional Hong Kong.

Dengan fasiltas yang serba lengkap dan jaminan keamanan ditandai penghargaan dari PBB, Zhuhai menggoda turis datang. Tahun 2002 ada 1,3 juta wisatawan internasional dan 3,64 juta wisatawan lokal yang berkunjung.

Hal ini mendongkrak posisi Zhuhai sebagai wilayah yang meraup banyak rejeki dari industri pariwisata setelah Guangzhou dan Shenzhen. Pendapatan dari pariwisata bagi Zhuhai pada 2002 mencapai US$500 juta.

Pencapaian tersebut tak membuat pemerintah Zhuhai berpuas diri. Mereka bertekad menaguk lebih banyak duit lewat kegiatan olahraga. Dana kemudian dikucurkan untuk membangun fasilitas olahraga canggih di Hengqin, Dong’ao, Hebao, Qi’ao, dan Yeli.

Puncaknya tentu saja ketika Zhuhai lewat tangan kontraktor membangun sirkuit intenasional Zhuhai di tahun 1996 di Jinding yang berbatasan dengan Zhongshan.

Dalam sirkuit ini digelar berbagai balapan berskala internasional a.l. BPR Global GT Endurance Series (1996), FIA GT Championship (1997, 1999, 2004, 2005 dan 2007) dan A1GP (2007). Balapan yang batal digelar adalah Champ Car World Series 2007.

Zhuhai makmur? Jelas pendapatan wilayah itu per 2004 mencapai 54,628 miliar yuan sementara pendapatan per kapitanya di tahun yang sama 41.800 yuan.

Toh iming-iming dolar masih juga menari di benak Yu Bin Ling, Ketua Otorita Zhuhai, daerah khusus di Cina. Zhuhai merupakan kawasan pariwisata elok yang dilengkapi kasino, tapi belum banyak dikenal orang.

Agar perolehan devisa meningkat, Ling berpendapat bahwa promosi melalui balapan F-1 paling tepat karena jangkauannya luas dan pangsa pasarnya pun orang berduit.

Berbekal sebuah proposal, Ling mendekati Ecclestone dengan mendampingi orang kaya ini sejak GP F-1 di Barcelona (1996) sampai GP Australia yang baru lalu. Setelah lobi selama empat tahun, barulah Ling dapat merebut kepercayaan bos Formula 1 itu.

Ambisi Ling cuma satu: bila Grand Prix Formula 1 yang digelar di Shanghai bisa dibelokkan ke Zhuhai, Cina, dalam waktu singkat wilayah yang dikuasainya itu akan seperti Hong Kong: terkenal dan banyak uang. Jadi tunggu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: