it’s about all word’s

Antara Ecclestone & Madoff

Posted on: December 18, 2008

Bernard Charles Ecclestone sama sekali tak ada hubungannya dengan Bernard Lawrence Madoff. Yang pertama bos Formula 1, yang kedua tokoh kawakan di bursa Wall Street dan mantan Ketua Nasdaq.

Uniknya kedua pria gaek ini biasa disapa sebagai Bernie. Keduanya juga menganut tamzil pecunia non oleat (uang itu tidak berbau). Demi uang aturan bisa dilabrak.

Jika Bernie Ecclestone memaksa banyak pihak rela membenamkan miliaran dolar dalam kerajaan balapnya. Maka Bernie Madoff sukses melakukan penipuan senilai US$50 miliar kepada investornya.

Pekan lalu Bernie Madoff kepada para penyelidik FBI yang menangkapnya telah mengaku menipu para investor dalam praktek bisnis berskema piramida (skema Ponzi).

FBI telah menangkap pria 70 tahun itu, namun dia dibebaskan oleh istrinya, Ruth dengan jaminan obligasi senilai US$10 juta beserta apartemen dan manisonnya di Manhattan’s Upper East Side dan Palm Beach, Florida senilai US$14,3 juta.

Kebusukan bisnis finansial Bernard L. Madoff Investment Securities yang didirikan pentolan Yahudi New York sejak tahun 1960-an itu terkuak setelah para nasabah meminta kembali uang mereka akibat krisis finansial global.

Bernie gagal memenuhi permintaan nasabahnya. Maklum selama ini, ketika industri keuangan AS bugar, skema bisnis yang dijalankannya berjalan lancar. Dengan mudah dia bisa membayar uang beserta bunga yang jatuh tempo dengan investasi baru yang masuk.

Dengan kondisi super sehat, Madoff dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memperjualbelikan sekuritas dari pasar secara online dan memberi ruang bagi broker untuk membeli dan menjual saham secara kontinu.

Madoff juga masuk perusahaan yang menawarkan bonus terbesar atau bayaran atas jasa pengelolaan pesanan para kliennya. Operasional yang disebut Madoff sebagai skema Ponzi.

Berdasarkan data NASD, per 17 November 2008, nilai aset Madoff mencapai US$17,1 miliar. Sebanyak 50% dari kliennya merupakan hedge fund, bank-bank, dan kalangan individu kaya

Bloomberg menulis Madoff menangani sekuritas dari broker online di sejumlah perusahaan besar AS, termasuk General Electric Co dan Citigorup Inc. Rata-rata saham yang dikelola mencapai 50 juta saham per hari.

Tak hanya perusahaan yang terpikat sejumlah yayasan dan lembaga nir-laba donatur LSM pun memutar uang sosial mereka di Bernard L. Madoff Investment Securities.

Sebut saja Justice, Equality, Human Dignity and Tolerance (JEHT) Foundation, yasayan yang menjadi donatur bagi Human Rights Watch. Kemudian Yayasan Wunderkinder yang dibentuk sutradara peraih Piala Oscar, Steven Spielberg.

Licin bak belut

Sebenarnya, Security and Exchange Comission (SEC) pernah sakali memeriksa Madoff di tahun 1992 dengan tuduhan menjual saham tak terdaftar selama tiga dekade. Namun, Madoff lolos dari pemeriksaan itu.

Tujuh tahun kemudian, seperti tulis harian New York Times, seorang sumber mengaku pernah memperingatkan SEC. Namun investigasi itu menguap.

Begitu juga ketika pemberitaan majalah Barron perihal ketertutupan perusahaan, auditor tak terkenal, hingga strategi investasi Ponzi ala Madoff pada 2001. Semua hanya dianggap angin lalu oleh otoritas pasar modal AS.

Banyak yang percaya Bernie memanfaatkan jejaring Yahudinya yang solid dan menggurita di segala lini bisnis, pemerintahan dan hukum.

Menurut sumber Bloomberg, SEC bahkan tutup mata sejak 2006 karena Bernie ada di komite SEC. Komite yang terdiri dari akademisi, regulator, dan eksekutif ini bertugas memberi nasehat mengenai berbagai regulasi pasar modal.

Bernie makin kebal karena dia juga memimpin komite trading pada Securities Industries Association di Wall Street dan tentu saja menjadi Chairman Bursa Nasdaq.

Hebatnya untuk kasus sebesar ini, pada FBI, Bernie mengaku menjaadi pemain tunggal. Dia bahkan merahasiakan jurus investasinya dari kedua puteranya, Mark dan Andrew dan anggota keluarga lain yang juga bekerja di perusahaannya.

Padahal jika terbukti bersalah, Bernie dihadapkan pada ancaman hukuman penjara 20 tahun dan denda US$5 juta. Ada apa di balik sikap heroik Bernie?

Terbitlah kecurigaan bahwa Bernie dekat dengan industri, pengawas, dan politisi. Angin makin panas karena Partai Demokrat banyak mendapat sumbangan dana dari Bernie.

Dalam 64 transaksi mengalir sejumlah dana kepada sejumlah senator dan Komite Kampanye Senat Partai Demokrat sejak tahun 1994.

Senator yang menerima dana a.l. Jeff Merkley, Ron Wyden, Jon S Corzine, Hillary Rodham Clinton, Jack M Fields Jr, Frank R Lautenberg, hingga Christopher J Dodd.

Sejauh mana hubungan mereka dengan Bernie?

Humanas actiones non ridere, non lugere, neque destari sed intelligere. (Perilaku manusia itu jangan ditertawakan, jangan diratapi dan jangan dikutuk tetapi hendaknya dimengerti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: