it’s about all word’s

Maria Pinto

Posted on: January 23, 2009

Tangan terampil di balik citra First Lady

Sepekan ini mata dunia dibetotpaksa memincingkan pandangan ke Amerika Serikat. Pesta pentahbisan Barack Obama sebagai Presiden ke-44 tergolong extravaganza dengan biaya Rp1,5 triliun.

Tentu ini bukan pesta Obama seorang, di balik sukses pria ada perempuan hebat. Wanita itu, Michelle LaVaughn Robinson Obam yang cerdas dan modis. Mirip mendiang Lady Diana, busana Michele selalu bikin kaum Hawa ngiri.

Perempuan kelahiran 17 Januari 1964 jebolan Universitas Princeton dan Sekolah Hukum Harvard ini memang unik karena tertarik pada keluarga militer dan menentang keras akan kekuasaan mayoritas

Dengan karakter unik ini, Michele butuh busana yang memancarkan kecerdasan pribadinya. Tangan terampil perancang busana tersebut adalah Maria Pinto yang piawai memadupadankan warna-warna cerah dengan kulit gelap Michele.

Balutan desainer asal Chicago itu mulai dikenakan Michelle sejak 2004. Kawan Pinto dalam sebuah sesi gosip makan malam menanyakan apakah Pinto mau menemui seorang perempuan yang suka dengan rancangannya.

Uniknya Michelle datang sebagai pelanggan pada umumnya. “Aku butuh beberapa baju. Aku butuh baju buat kerja.” Lewat percakapan singkat itu Pinto langsung mengidentifikasi Michelle butuh baju yang nyaman, elegan dan berkelas.

Pinto memulai karir di dunia perancangan dengan menjadi pegawai dan asisten Geoffrey Beene selama dua tahun usai menamatkan pendidikan jurusan seni murni di Sekolah Seni Chicago, sekolah Desain Parson’s di New York dan Institut Teknologi Busana.

Kepada Gary James dari FamousInterview.com dua tahun yang disebutnya bisa melakukan apapun dan pengalaman di bidang tata busana dan bekerjasama dengan model dan perancang.

Namun Pinto bosan dia lalu mulai merancang memproduksi pernak-pernik busana dalam kapasitas kecil. Belakangan produknya diambil sejumlah toko di seputaran Chicago.

Salah satu toko yang keren dan beken adalah Ultimo. Toko dengan pelanggan berkelas internasional ini membuat Pinto mulai dikenal. Dia kemudian bermimpi menaklukan New York.

Tak butuh waktu lama, Dawn Mello, bos dari Bergdorf Goodman terpesona dengan daya cipta Pinto dan meminangnya agar menjadi perancang aksesoris perempuan yang kemudian dipasarkan lewat jaringan tersebut pada 1991.

Era 1991-2001 menjadi milik Pinto yang kemudian membuka bisnisnya ke Saks Fifth Avenue dan Nieman Marcus. Namun Pintu memutuskan untuk menyatakan dirinya bangkrut pada 2002 setelah kejadian September kelabu.

Bangkit kembali

Keputusan yang pahit itu membuat Pinto stres. Tidak hanya harus menerima dirinya yang ada di puncak dunia tiba-tiba terjerembab, dia dipusingkan oleh jerit karyawannya yang di PHK.

Dia bahkan sempat harus disayat pisau bedah karena menderita peritonitis dan terbaring di rumah sakit hingga tiga pekan dan istirahat total di kediamannya di Gold Coast selama enam bulan.

“Ini adalah waktu terburuk dalam hidupku.Tapi aku tahu aku bisa kembali. Aku tahu itu saat aku menutup pintu [usaha],” ujar Pinto yakin.

Sembuh dari sakit, Pinto mulai belajar melukis, komputer dan ikut kelas bisnis untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Pada 2004, dia mengumumkan mereknya kembali termasuk mencari sejumlah pekerja.

Pada awal 2008, pertumbuhan pendapatan perusahaannya disebut meningkat 300%. Produk rancangan rumah desainer Pinto terpajang anggun di sejumlah toko-toko kelas atas a.l. Barney’s, Saks Fifth Avenue, dan Takashimaya in New York.

Selama karirnya di dunia fashion, Pinto telah menggenggam sejumlah penghargaan termasuk Gold Coast Fashion Award, penghargaan yang diterima Donna Karan, Bill Blass, dan Anne Klein.

Sebuah karir yang membanggakan bagi warga keturunan Italia. Tak ada yang menyangka anak terkecil dari tujuh bersaudara pasangan tukang kebersihan dan tukang masak yang tinggal di wilayah dekat Pecinan Chicago itu bisa sesukses sekarang.

Kepada sang ibu, Pinto pantas berterima kasih karena membiarkannya mencoret-coret desain sejak umur 10 tahun dan merancang, menjahit dan mengenakan baju rancangannya ketika dia di kelas 1 SMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: