it’s about all word’s

Sara Beth Bareilles

Posted on: January 28, 2009

Menunggu hentakan contraalto Bareilles di Grammy

Selama ini dunia pentas musik pop Amerika dihiasi pianis perempuan Alicia Keys, Norah Jones, dan Vanessa Carlton. Dan belakangan kancah musik ini semakin lengkap dengan kehadiran Sara Beth Bareilles.

Dilahirkan di Eureka, California 29 tahun lalu, Bareilles dikenal sebagai penulis lagu sekaligus pianis beraliran musik pop.

Namanya mulai tenar pada 2007 saat hit Love Song masuk dalam daftar unggulan 100 lagu terpopuler versi Billboard. Dan tahun ini dia masuk nominasi Grammy Award lewat judul lagu yang sama.

Bareilles mulai dikenal publik karena karakteristik vokalnya yang unik dari level suara contralto hingga mezzo-soprano. Vokalnya yang kuat mengingatkan pada pianis dan penyanyi Vonda Shepard atau biduan Trisha Yearwood.

Bakat vokal Bareilles mulai tampak sejak dia berpartisipasi dalam paduan suara sekolah, Limited Edition. Selain itu dia juga bergabung dalam produksi teater musikal Little Shop of Horrors dengan peran sebagai Audrey.

Bahkan di buku tahunan lulusan SMU Eureka pada Juni 1998 dia dinobatkan sebagai murid paling berbakat tahun itu.

Usai menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas, Bareilles melanjutkan pendidikan di UCLA yang menggabungkan dia dengan grup vokal (acappella) Awaken A Cappella.

Soal kualitas kelompok suara ini masuk jajaran top, buktinya mereka masuk di album kompilasi Best of College A Cappella 2004.

Pada masa itu Bareilles juga tampil di MTV TRL, di mana dia bertemu band pop Maroon 5 yang tengah menjajaki karir bermusiknya di California lewat kelompok Kara’s Flowers.

Untuk Bareilles sendiri, karir bermusiknya diawali sejak dia menyelesaikan pendidikan di UCLA pada 2002. Semula dia hanya tampil di kafe dan bar lokal sebelum akhirnya menginjakkan panggung yang lebih besar.

Sepanjang 2003 dia selalu tampil membawakan dua lagu demo yang dia ciptakan yaitu The First One pada April dan The Summer Sessions pada Oktober.

Baru pada 2004 dia muncul sebagai penyanyi latar untuk film indie berjudul Girls Play lewat tembang Undertow.

Dilirik Epic

Awal 2004 menjadi awal kemunculannya di kancah industri musik saat dia mulai merilis album rekaman bertajuk Careful Confessions, dan mulai dia dilirik Pete Giberha, pemilik studio rekaman Epic’s Record mulai 15 April 2005.

Sepanjang tahun itu hingga awal 2006 dia menghabiskan waktunya dengan menulis lagu dan menggarap kembali lagu-lagu ciptannya untuk album lanjutan.

Lagunya Gravity mulai digunakan pada film independen berjudul Loving Annabelle pada 2006. Tembang Gravity diciptakan Bareilles yang terinspirasi fase kehidupan ketika tergabung dalam Awaken A Cappella
Dia juga menjadi penyanyi pembuka dalam penampilan panggung tour Carencro milik Marc Broussard.

Pada pertengahan 2004 dia membuka inagurasi pentas musik Rocco DeLuca dan The Burden yang didukung Guster bekerjasama dengan Jon McLaughlin.

Pada 2007 Bareilles kembali menjadi penyanyi pembuka untuk Aqualung dan Mika yang dilanjutkan kemudian dengan pentas Marron 5 bersama Paolo Nutini di tour kawasan Amerika.

Prestasi bermusiknya makin menonjol saat lagu Love Song masuk posisi tertinggi dalam beberapa kali rating. Demikian juga dengan single album-nya yang berjudul Little Voice.

Hingga akhirnya pada Desember 2007 lagu Love Song masuk daftar 10 lagu terbaik versi Billboard Hot 100. Lagu itu juga berhasil mendapatkan platinum pada April 2008 sementara Little Voice juga meraih Gold dari RIAA.

Tetapi bukan hanya Love Song, karya terbaik Bareilles juga muncul lewat tembang The Tonight Show with Jay Leno dan Today.

Akhir tahun lalu lagunya yang merupakan kolaborasi bersama Ingrid Michaelson berjudul Winter Song dirilis dalam bentuk album kompilasi berjudul The Hotel Cafe Presents Winter Songs.

Berkat segudang prestasi yang dia raih dalam waktu yang cukup singkat itu, Bareilles akhirnya masuk nominasi Grammy Award tahun ini dengan dua kategori.

Nominasi pertama muncul lewat Love Song untuk kategori lagu terbaik tahun ini. Nantinya lagu itu akan diadu dengan lagu American Boy milik duet Estelle dan Kanye West, Chasing Pavements milik Adele, I’m Yours milik Jason Mraz, dan Viva La Vida-nya Coldplay.

Sementara nominasi kedua menempatkan nama gadis bershio kambing ini sebagai Penampilan penyanyi pop perempuan terbaik bersama Adele, Duffy, Leona Lewis, Katy Perry, dan Pink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: