it’s about all word’s

Hannah Dakota Fanning

Posted on: February 4, 2009

Kuncup Hollywood yang semakin mekar

Gelaran Oscar tinggal sepekan lagi. Namun ada satu wajah yaitu Hannah Dakota Fanning yang hilang dari percaturan elit terbaik meski diunggulkan di sejumlah ajang penghargaan pra Oscar.

Tidak masuknya Dakota Fanning dalam bursa ajang film bergengsi Hollywood ini mengejutkan karena The Secret Life of Bees yang dibintanginya meraup sejumlah nominasi dan penghargaan.

Mulai dari Palm Springs International Film Festival, Image Awards, Broadcast, Film Critics Association Awards, Hollywood Film Festival, hingga Black Reel Awards.

Fanning meraih penghargaan aktris muda terbaik dari Critics Choice Awards, Akting paling menarik Hollywood Film Festival dan Penghargaan bintang berbakat Palm Springs International Film Festival.

Tak heran dengan kualitas aktingnya yang selalu prima, nama Fanning disebut-sebut bakal ikut serta dalam New Moon, sekuel film laris Twilight.

Bagi pecinta film, wajah imut Fanning tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta film Hollywood. Jika tahun lalu melihat Charlotte’s Web, ingatan Anda pasti akan mengingat sosok anak perempuan manis berambut keriting pemilik peternakan yang didiami sang laba-laba Charlotte.

Pemeran Fern Arable ini lahir di Georgia Amerika Serikat 23 Februari 1994 sejak umur 5 tahun sudah akrab dengan kamera untuk produksi iklan di layar kaca. Aktingnya terasah sejak tampil di acara laris ER milik NBC.

Setelah itu tampangnya bersliweran di seral layar kaca a.l. CSI: Crime Scene Investigation, The Practice, Spin City bahkan sempat jadi bintang tamu di Ally McBeal dan The Ellen Show.

Titisan Temple

Praktis sejak usia belia Dakota Fanning sudah menembus layar perak Hollywood. Karirnya dimulai di usia masih tujuh tahun lewat I Am Sam. Bahkan lewat film ini Fanning mendapat kehormatan sebagai bintang cilik lewat perannya sebagai Lucy Diamond.

Bukan hanya itu, Fanning juga berhasil meraih penghargaan Grammy Award 2002 lewat aktingnya di film yang sama. Orang lalu menyebutnya titisan Shirley Jane Temple.

Berkat penampilannya yang menawan di I Am Sam, Fanning akhirnya selalu mendapat peran utama dalam beberapa film layar lebar, meski sosoknya sudah mulai beralih dari anak-anak menjadi remaja.

Pada masa peralihan usia remajanya Fanning tetap tampil menawan dan penuh pesona dalam Hounddog dan dilanjutkan kemudian The Secret Life of Bees.

Bahkan di film yang dirilis 2006 dan 2007 itu Fanning berhasil masuk daftar nominasi Screen Actors Guild Award dan menjadi nominator termuda yang pernah ada.

Lewat Charlotte’s Web, Fanning berhasil memenangkan ajang penghargaan Kid’s Choice Award 2007 dengan menyingkirkan aktris yang lebih senior a.l. Halle Berry, Keira Knightley, bahkan Sarah Jessica Parker.

Selain itu Fanning juga masuk nominasi Nickelodeon Kid’s Choice Award 2007 lewat judul film yang sama.

Hingga saat ini putri pasangan Joy Arrington dan Steve Fanning ini dianggap sebagai bintang paling bersinar dan paling potensial di masa depan.

Beberapa judul film yang akan diperankannya dan rilis tahun ini antara lain Coraline dan Push yang akan mulai tayang bulan ini.

Walau dipastikan masa kecilnya habis di depan kamera, tapi Dakota Fanning mengaku tak menyesal. Dia justru mengaku dapat pengalaman besar dibandingkan harus menghabiskan waktunya di sekolah biasa.

“Saya justru tak ingin hidup normal. Ini memang masa kecil saya, tapi saya sudah mengunjungi Australia, jalan-jalan dan belajar kebudayaan yang berbeda. Beberapa orang mungkin tak pernah meninggalkan negaranya seumur hidup. Pekerjaan saya membuka pikiran saya dan memperkaya masa kecil saya,” serunya

Pantas saja dia menyatakan demikian, majalah Forbes pernah menyebut untuk satu film saja gadis remaja ini bisa menggaruk honor hingga US$4 juta atau setara Rp40 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
%d bloggers like this: