it’s about all word’s

Pemalsuan lukisan semakin marak

Posted on: February 25, 2009

Seiring harga yang terus meroket, pemalsuan lukisan saat ini semakin marak. Jika sebelumnya lebih banyak terjadi pada old master Indonesia kini mulai menimpa lukisan kontemporer.

Hal tersebut diungkapkan Amir Sidharta kurator dan juga pimpinan Balai Lelang Sidharta Auctioneer yang menemukan pemalsuan lukisan terjadi akaibat peningkatan harga yang begitu pesat.

“Dulu yang dipalsu karya Hendra Gunawan, Affandi, Sudjojono. Dalam 1-2 th belakangan ini pemalsuan mulai terjadi juga pada karya senirupa kontemporer, misalnya Ugo Untoro, Ivan Sagito, Rudi Mantofani dan lainnya,” ujar dia.

Memalsu karya senirupa kontemporer bisa dianggap lebih mudah karena cukup sulit membedakan karya seni kontemporer yang palsu dan yang asli.

Sampai saat ini keahlian terhadap karya seni kontemporer masih minim dan para perupa juga belum benar-benar mematangkan pendekatan keberkaryaan mereka.

Namun, di pihak lain berbeda dari karya para master yang kebanyakan sudah tiada, para perupa kontemporer kebanyakan masih dapat ditanyai langsung tentang keaslian karya mereka.

Karena lukisan palsu baik karya para master mau pun perupa muda masih banyak sekali beredar, seleksi karya senirupa yang akan dilelang di Sidiharta Auctioneer ditujukan untuk memastikan otentitasnya.

“Pakar kami memeriksa karya, dengan dibantu pakar spesialis lain yang secara spesifik lebih memahami karya-karya perupa tertentu yang mereka dalami,” ujarnya

Bila ada keraguan, lanjut dia, tentang suatu karya, kami memilih untuk tidak menyertakan karya tersebut untuk melindungi kepentingan para klien kami, baik pembeli mau pun penjual.

Pemalsuan merebak di dunia seni rupa. Sayangnya, kita belum dibekali pengetahuan yang mendalam apalagi perangkat hukum yang kuat untuk menanggulanginya.

Ini juga mengakibatkan masyakat kurang tegas dalam menganggapi karya senirupa yang palsu dan akhirnya para pemalsu bisa berlindung di balik kelemahan itu.

Ancaman pidana

Pada kesempatan terpisah pakar hukum hak atas karya intelektual (HaKI) Iman Sjaputra menegaskan tindakan pemalsuan suatu karya lukis—apalagi di-lakukan pelukis—sangat tidak terpuji. Selain itu, pelakunya juga dapat diancam hukuman pidana dan denda.

Hal senada dikatakan pula Djoni Irawan, pakar hukum pidana. Ditegaskan, sangat tidak etis dan memalukan jika lukisan yang dipalsukan karya seniman asing. Seolah-olah pelukis Indonesia hanya bisa menjiplak, plagiator.

Baik Iman maupun Djoni mengingatkan, perbuatan itu dapat dikategorikan melanggar tindakan pidana sebagaimana diatur pada UU No.19/2002 tentang Hak Cipta.

“Lukisan diatur dalam pasal 12 UU Hak Cipta. Artinya, setiap karya lukis dilindungi oleh hukum. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi hukum sesuai pasal 72,” urai Imam.

Ditambahkan pengacara yang banyak menangani kasus HaKI itu, perlindungan hukum bagi karya cipta termasuk lukisan, tidak terbatas yang sudah dipublikasikan saja.

“Yang belum diumumkan, tapi sudah merupakan suatu bentuk kesatuan yang nyata, UU wajib memberikan perlindungan. Hal itu berlaku bagi semua karya cipta,” ungkap Imam.

Tentang sanksi pidana dan denda, pemalsu lukisan bisa dijerat pasal 72 UU Hak Cipta, yakni hukuman badan selama tujuh tahun dan denda sebesar Rp5 miliar.

Hery Suhendra & S. Hadisusanto

3 Responses to "Pemalsuan lukisan semakin marak"

minta no hp bp. agus darmawan t? saya butuh inforrmasi tentang lukisan karya hendra gunawan dan locatelli.

Mohon ijin mentautkan blog Bpk ke blog saya… Terima kasih.

Kalau hukuman untuk penjual lukisan palsu bagaimana pak (apalagi jika penjual tahu bahwa lukisan yang di jual nya palsu)? Mohon di advise utk UU nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
%d bloggers like this: