it’s about all word’s

Radio Star Rush Limbaugh

Posted on: March 13, 2009

Penayangan video klip lagu Video Killed the Radio Star yang dibawakan The Buggles. Tepat pukul 12 siang, 1 Agustus 1981 di kanal MTV yang disaksikan jutaan pasang mata disebut sebagai tahun kematian radio AM.

Setelah itu, radio AM memang mulai ditinggalkan dan penggunaan teknologi FM meningkat pesat, belakangan bahkan mulai menyentuh pada teknologi radio satelit (XM).

Namun seorang Rush Hudson Limbaugh III membuat semua itu berubah. Penyiar radio pengasuh Rush Limbaugh Show ini kini diakui secara langsung menjadi musuh berat Presiden Barack Obama.

Gelar wicara The Rush Limbaugh Show disindikasikan ke radio-radio di seluruh pelosok Amerika Serikat melalui Premiere Radio Networks yang menyebutkan merangkul 515 radio di 43 negara bagian.

Tak heran jika Limbaugh disebut sebagai tokoh yang berjasa menghidupkan kembali radio gelombang AM di Amerika Serikat, dia digelari ‘kapten sektor pemilihan’ (precinct captain) bagi Partai Republik karena membantu keberhasilan Partai Republik memenangi perolehan kursi Kongres pada 1994.

Dalam liputan utama 1993, majalah National Review menjulukinya sebagai “pemimpin prinsip-prinsip konservatif” di era Bill Clinton. Boleh dibilang semua tingkah Clinton selalu disorot kubu Republik lewat mulut pria kelahiran Cape Girardeau, Missouri itu.

Gaya siarannya menggabungkan diskusi kelas berat sambil mendengarkan musik dan menyentil isu-isu politik secara ceplas-ceplos membuat Limbaugh bagaikan politikus jalanan yang menghibur

Gayanya yang ringan tapi berisi ini sangat diterima pendengarnya yang memang golongan konservatif.

Jumlah pendengar Limbaugh benar-benar fantastis. Terbanyak di antara pendengar siaran radio apa pun. Bahkan, ketika serangannya kepada Obama kian keras, jumlah pendengarnya terus berkembang.

Dipercaya pendengar Limbaugh semakin banyak karena radio FM mulai ikut memancarkan siaran itu, bahkan situs rushlimbaugh.com menyediakan akses siaran radio dan video pria berumur 58 tahun itu asalkan Anda mendaftar terlebih dahulu.

Harian terkemuka Washington Post menyebut angka 25 juta pendengar, sementara host tenar Pat Buchanan menyebut sampai 30 juta orang sedangkan televisi Fox News menyebutkan 19 juta orang.

Limbaugh yang fasis makin tenar karena menjadi corong kaum kulit putih konservatif yang frustasi di tengah suasana krisis ekonomi yang berat. Obama yang kelihatannya juga sangat mementingkan pencitraan jelas terganggu oleh kritik-kritik pedas tersebut.

Dia bahkan sampai meminta para pendukung Partai Demokrat tidak lagi mendengarkan siaran Rush Limbaugh ketika jam makan siang di Amerika bagian timur atau jam 10 pagi waktu Amerika bagian barat.

Tetapi bagai film porno, makin dilarang Limbaugh makin liar beredar. Salah satu pernyataannya yang menuai tepuk tangan Partai Republik adalah ketika berharap agar Obama gagal. Gedung Putih pun geger! Kesatuan bangsa pejuang demokrasi itu terancam!

Akar rumput AS kini memang terbelah, sebagian mendukung Obama sebagian lagi menyangsikan kiprah sang Presiden menggodok APBN Paman Sam yang sudah siap berlaku mulai 1 Oktober.

Limbaugh jelas bakal terus menjadi bintang jika melihat susahnya Obama mencari timnya. Rata-rata calon menteri Obama mundur teratur melihat tekanan besar yang menghadang.

Elit politik Republik yang dipaksa diam, jelas bersorak senang dengan politisi jalanan jebolan SMA yang rajin mengipasi bara kaum konservatif itu.

Konservatif sejati

Limbaugh memang dilahirkan dan besar di negara bagian yang jadi basis warga kulit putih konservatif Missouri. Keluarganya orang-orang terhormat: politisi dan pengacara terkenal.

Ayahnya Mildred Carolyn “Millie” Armstrong asal Searcy, Arkansas dan ibunya Rush Hudson Limbaugh, Jr. Ayahnya adalah seorang pengacara dan mantan penerbang pesawat tempur di Perang Dunia II yang bertugas di Cina, Burma, dan India.

Nama pemberian “Rush” diberikan oleh kakeknya untuk menghormati nama keluarga salah seorang kerabat yang bernama Edna Rush. Limbaugh dilahirkan di tengah keluarga pengacara dan hakim.

Kakek, ayah, dan kakaknya, David adalah pengacara. Stephen N. Limbaugh, Sr. yang ditunjuk Ronald Reagan sebagai Hakim Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Timur Missouri adalah pamannya. Stephen N. Limbaugh, Jr. yang menjadi hakim di Mahkamah Agung Missouri adalah saudara sepupunya.

Kakeknya adalah mantan jaksa penuntut dan hakim yang bekerja di Dewan Perwakilan negara bagian Missouri dari tahun 1930 hingga 1932. Kakek Limbaugh adalah tokoh yang dihormati di komunitas Cape Girardeau.

Ketika meninggal dunia pada umur 104 tahun, kakeknya masih aktif sebagai pengacara berpraktik. Nama kakek Limbaugh dipakai sebagai nama gedung pengadilan federal di Cape Girardeau.

Karir Limbaugh di dunia penyiaran dimulainya ketika masih remaja pada tahun 1967 di kota kelahirannya Cape Girardeau dengan memakai nama samaran Rusty Sharpe.

Limbaugh lulus dari Sekolah Menengah Atas Cape Central pada tahun 1969. Setelah kedua orang tua menginginkannya untuk kuliah, dia masuk di Universitas Southeast Missouri.

Namun dia dikeluarkan setelah dua semester dan satu musim panas. Menurut sang ibu, putranya gagal dalam semuanya, termasuk kelas dansa di ruang dansa. Dia tidak kelihatannya tidak tertarik pada bidang lain kecuali radio.

Gagal kuliah, Limbaugh merantau ke Pennsylvania dan menjadi disc jockey (DJ) di sebuah radio. Berhasil. Dia terpilih sebagai top-40 disc jockey terbaik dan mulai hidup berpindah-pindah untuk menjadi pengaruh acara talk show.

Kehidupannya yang nomaden membuat istrinya Roxy Maxine McNeely yang dinikahi pada 1977 memutuskan bercerai pada 1980. Lepas dari Roxy, tiga tahun kemudian Limbaugh menikahi Michelle Sixta.

Sewindu kemudian Limbaugh menembus New York dan bekerja di Radio WABC (770 AM) dan berkibar di situ hingga sekarang dengan gaji per tahun pada 2007 mencapai $33 juta.

Namun sekali lagi dedikasi Limbaugh yang berlebihan membuat Sixta mengajukan talak pada 1990. Empat tahun kemudian dia menikahi si cantik Marta Fitzgerald yang terpikat pada radio star peraih Radio Hall of Fame 1993 itu.

Tapi, lagi-lagi hanya 10 tahun Marta bertahan di sisi Limbaugh. Jadilah kini Rush Limbaugh terus menjomblo dan terus menggila di udara mengganggu Obama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: