it’s about all word’s

Sejarah di mata seorang para komando

Posted on: April 15, 2009

Judul: Sintong Panjaitan
Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando
Penulis : Hendro Subroto
Penerbit : Penerbit Buku Kompas, Maret 2009
Tebal : 550 Halaman

Usaha penulisan sejarah disadari atau tidak akan selalu meninggalkan sikap ambivalen. Ada hasrat menggebu ingin tahu dan keraguan apakah fakta yang disajikan bisa memuaskan karena bisa jadi melawan ingatan kolektif.

Maklum, sangat sedikit purnawirawan TNI menulis memoar mereka sebagai prajurit tempur apalagi Sintong mengupas banyak hal a.l. operasi memburu Kahar Muzakkar, penumpasan G30S/PKI, operasi tempur di Irian dan Kalimantan; hingga operasi antiteror pembajakan pesawat Garuda di Thailand.

Dalam setiap palagan itu Sintong Panjaitan—dan tentu saja lebih menarik karena penulis buku ini juga terlibat. Alhasil banyak cerita yang kemudian menjadi sangat hidup dan terasa dekat.

Membaca buku ini saya teringat buku karya Mayjen Samsudin bertajuk Pergolakan di Perbatasan (Gramedia Pustaka Utama, 1995). Karena ditulis dengan gaya novel. Buku para jenderal ini menjadi bernas.

Dengan gaya penulisan seperti ini buku ini sangat menarik dan bisa disandingkan dengan Jenderal M. Jusuf (Atmadji Sumarkidjo), Benny Moerdani: Profil Prajurit Negarawan (Julius Pour), Yoga Sugama: Memori Jenderal Yoga.

Wartawan senior Hendro Subroto diakui memberi ruang yang luas bagi Sintong menganalisis banyak hal. Simak catatannya sebagai Panglima Kodam IX/Udayana saat Peristiwa Dili 1991, upaya membangun sistem senjata dan perlengkapan ABRI, hingga peralihan kekuasaan dari Soeharto ke BJ Habibie.

Cara Sintong menyajikan fakta dengan jelas dan tegas tentu saja mematik kontroversi. Ulasannya lugas menyebut kiprah Prabowo Subianto dalam Peristiwa Maret 1983 yang dalam buku pernah disitir dalam buku Jenderal M. Jusuf.

Dalam buku yang ditulis Atmadji Sumarkidjo itu ditulis rencana pemberontakan para perwira pendukung Jusuf saat akan digusur oleh Moerdani meski tidak menyebut sosok perwira muda tersebut.

Apa lagi ketika Sintog membahas misteri kerusuhan Mei 1998 masih misterius hingga saat ini.Sejumlah petinggi disebut. Wiranto, Muchdi PR, Kivlan Zen, Subagyo HS, Hendropriyono hingga BJ Habibie.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, analisis Sintong bisa menjadi pembanding isi bagi Detik-Detik yang Menentukan (BJ Habibie), buku Wiranto Bersaksi Di tengah Badai dan Konflik dan Integrasi TNI AD karya Kivlan Zen.

Tentu saja sebagai sebuah sejarah tutur, meski disebut penulis dilengkapi serangkaian riset tetap saja buku ini didominasi sejarah ingatan yang bersifat personal dan tentu saja diakui atau tidak dipengaruhi emosi.

Namun, harus diakui keberanian Sintong membuka sebagian fakta sejumlah operasi tempur yang selama ini hanya menjadi legenda menjadikan buku ini dimiliki pecinta buku ketentaraan.

Dengan 550 halaman, buku ini dapat menjadi satu pustaka yang mampu menjawab teka-teki secara terang dan jelas tentang misteri yang terjadi di kalangan TNI, sehingga berguna untuk pembelajaran kita.

Sayang ada kekurangan pada konsistensi penggunaan ejaan maupun kesalahan ejaan. Selain itu menjadi tanda tanya besar. Sintong justru seperti melewatkan operasi pengganyangan penjahat jalanan dengan cara Penembakan Misterius (Petrus).

Sudah menjadi rahasia umum, Petrus yang direstui Presiden Suharto digelar 1983-1984 adalah operasi intelijen yang dilaksanakan tentara berkemampuan khusus. Jangan-jangan?

Bisa jadi Sintong sebagai seorang para komando tetap menjaga pesona Kopassus. “Ketidaktahuan orang akan kehebatan-dan kekuarangan-Kopassus di situlah sebenarnya letak kekuatan magis Kopassus,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: