it’s about all word’s

Hutchison CP Telecommunications

Posted on: April 23, 2009

Makin ekspansif sasar komunitas

Pertumbuhan telepon selular Tanah Air begitu cepat. Sepanjang 2001-2007 mencapai 65% setiap tahun. Dari hanya 5,2 juta pelanggan pada 2001, berkembang sampai 80 juta pelanggan pada 2007.

Grafik terus meningkat hingga semester 1 2008 lalu penetrasi telepon selular baru mencapai 103 juta orang dan didukung tingkat Average Revenue Per User (ARPU) US$6 per bulan.

Namun tingkat penetrasi seluler di Indonesia yang hanya 40% terhitung rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya yang mencapai lebih 50%. Tak heran ATSI mematok pelanggan seluler Indonesia tembus ke angka 120 juta.

Target itu realistis mengingat tarif telekomunikasi seluler di Indonesia kini tergolong paling dinamis sejagat. Perubahan nominal rupiah hingga kalkulasi detik bisa berubah hanya dalam tempo kurang dari sebulan.

PT Hutchinson Indonesia (3) masuk sebagai pemain baru di pasar yang ketat. Strategi tarif hingga bundling telah ditempuh.

Berdasarkan data terakhir Hutchison Telecommunications International Limited (HTIL) sebagai induk perusahaan Hutchison CP Telecommunications (HCPT) yang beroperasi di Indonesia mencatat setelah hampir 2 tahun beroperasi, ’3’ telah berhasil menjangkau 19 propinsi di Indonesia.

Pada kuartal ke-4 tahun 2007, jumlah pemakai kartu ‘3’ mencapai 2,039 juta pelanggan, sementara pada kuartal IV 2008 jumlah pengguna ‘3’ mencapai angka 4,501 juta pelanggan atau meningkat 120%.

Peningkatan jumlah pelanggan tersebut dibarengi perbaikan kualitas layanan dan inovasi kepada pelanggan, tarif yang semakin terjangkau serta fitur-fitur Value Added Service (VAS) yang inovatif, seiring dengan perluasan jaringan di seluruh Indonesia, dan sistem distibusi yang efektif.

Tahun lalu ditutup oleh HCPT dengan keberhasilan membangun lebih dari 6.300 Base Transceiver Station yang melayani 67 % total populasi pengguna ‘3’ di kota-kota besar di Indonesia. Peningkatan jumlah pelanggan ‘3’ juga akan diimbangi dengan penambahan jumlah BTS jaringan di seluruh Indonesia.

Hingga akhir 2009, ‘3’ menargetkan untuk mengoperasikan hingga 9.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera, Jawa, Bali-Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Sejauh ini kami masih sejalan dengan komitmen kami untuk secara agresif mengadakan pemekaran jaringan di berbagai wilayah Indonesia, dan untuk menjadi operator GSM nasional ke-4 di Indonesia”, tegas Chief Executive Officer Hutchison CP Telecommunications, Manjot Mann.

Facebook dan MU

Mengawali 2009, menurut Suresh Reddy – Chief Commercial Officer HCPT, ‘3’ menyasar pengguna mobile internet di ponsel. Hanya dengan mengisi isi ulang kartunya, seorang pelanggan 3 bisa menikmati gratis internet hingga 1MB perhari.

Mereka kemudian meluncurkan layanan facebook via SMS dan MMS. “Kami menjadi operator pertama di Asia Tenggara dan di Indonesia yang meluncurkan layanan facebook melalui ponsel,” kata Suresh.

Facebook (FB) dipilih karena saat ini telah menjadi situs jejaring sosial yang paling tren di dunia. Terdapat 175 juta penduduk dunia yang telah memanfaatkan layanan pergaulan paling populer tersebut. Khusus di Indonesia per Maret 2009 ada lebih dari 1,4 juta anggota FB.

“Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki anggota facebook terbanyak se-Asia dan ke-5 di seluruh dunia setelah AS, Inggris, Italia, dan Kanada,” katanya.

Google Trends mencatat dengan laju peningkatan jumlah anggota sebesar 40% selama 2008, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan jumlah anggota FB paling cepat di dunia selama 2008.

Pengguna ‘3’ bisa meng-update status FB kapan pun dan di mana pun dengan mengirimkan SMS ke 32665. Selain itu, pelanggan dapat memantau status rekan setiap ada up-date status yang dilakukan.

“Kita akan mendapatkan status tersebut melalui SMS juga yang secara real time dan melakukan berbagai aplikasi FB melalui SMS,” kata General Manager VAS PT Hutchison CP Telecomm Indonesia, Patricia Tedjasendjaja.

Patricia menjelaskan, pelanggan juga dapat meng-upload foto semudah mengirim SMS. Soal biaya pelanggan hanya perlu membayar Rp5 ribu per bulan untuk layanan FB sepuasnya.

“Sejalan dengan komitmen kami yang secara konsisten memberikan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya kini kami kembali menghadirkan terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pelanggan,” katanya.

Namun gebrakan HCPT di Indonesia paling heboh tentu saja ketika memutuskan menghadirkan Manchester United ke Jakarta pada 24 Juli. Kita tahu penggemar Setan Merah di Indonesia mencapai 28 juta atau tercatat terbesar ke-2 di dunia.

Ini jelas strategi promosi yang tak murah. Karena kompensasi tanding MU selangit. Sebagai perbandingan Arab Saudi meski menjadi sponsor resmi MU lewat Saudi Telecom (STC) harus membayar Rp18,75 miliar untuk dana kompensasi tanding laga persahabatan 2008.

Sedangkan Bank Investasi dan Pengembangan Vietnam (BIDV) sampai mesti menyediakan dana hingga Rp24 miliar untuk merayu manajemen MU agar mau menyapa Vietnam. Itu pun gagal.

Mahalnya harga kedatangan MU berkorelasi pada harga tiket pertandingan yang fantastis. Situs tiket online Worldticketshop membandrol bangku samping lapangan 335 Euro atau setara Rp5 juta-an sedangkan kursi di belakang gawang 385 Euro atau Rp6 juta-an.

Mahal? Jelas! Tetapi Suresh memberi sinyal ‘3’ akan menyediakan nilai lebih dan penawaran yang inovatif kepada para pelanggan terkait kehadiran pasukan Alex Ferguson di Senayan.

“Beberapa bulan lagi, kami akan mendekatkan Anda dengan MU melalui beberapa seri terbatas kartu perdana dan voucher ‘3’, MU mobile experience yang dapat dinikmati sepuasnya, dan berbagai macam konten dari telepon ‘3’ Anda,” paparnya. Jadi siap-siap saja dengan kejutan ‘3’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: