it’s about all word’s

Angyal Zoltan: Hungarian stuntrider

Posted on: May 7, 2009

Maestro freestyler pencipta gaya unik

Dunia otomotif Tanah Air sejak lima tahun terakhir bergerak dinamis. Salah satu tren yang marak adalah olahraga akrobatik freestyle, apalagi sejak 2005 kompetisi freestyler secara nasional yang dihelat oleh U Mild U Bikers.

Kiblat olahraga menarik di atas motor ini tentu saja di Eropa dan Amerika Serikat yang menjadi gudang para stuntrider. Jenis aksi standar yang dicontoh para freestyler tanah air adalah wheelie dan stoppie.

Wheelie adalah manuver yang dilakukan dengan mengangkat roda depan sedangkan stoppie memberhentikan motor sambil mengangkat roda bagian belakang. Dari kedua gaya tersebut lahir gaya ekstrem seperti wheelie sambil berputar, lepas tangan, atau stoppie dengan duduk diatas tangki bensin, dan lainnya.

Salah satu freestyler itu adalah Angyal Zoltan, stuntrider asal Hungaria. Hampir semua kejuaraan di dunia mencatat nama Zoltan sebagai jawaranya, karena dialah satu-satunya di dunia yang bisa melakukan aksi akrobatik di atas motor dengan satu roda, berjalan berputar, dan sambil duduk membelakangi muka.

Aksi tersebut dikenal dengan nama Switch Back Circle Wheelie, salah satu jenis aksi paling ekstrem dalam freestyle atau stuntrider. Aksi stunt terbaru ini dilakukannya saat kejuaraan di European Stunt Riding Championship, Austria dan sejak saat itu namanya pun mencuat.

Sebelumnya, pria yang berasal dari sebuah kota kecil bernama Kunhegyes di Jász-Nagykun-Szolnok, Hungary ini memang sudah menjuarai berbagai macam kompetisi stuntrider di Finlandia, Belanda dan Hungaria.

“Sepeda motor yang saya gunakan untuk melakukan atraksi pertama adalah jenis MZ asal Jerman dengan kapasitas mesin 125 cc,” ujar pria kelahiran 21 Maret 1985 ini.

Karir pertamanya di bidang akrobatik bermotor ini kemudian baru dimulai tahun 2006 dan 2 tahun kemudian dia runner-up European Stunt Riding Championship, Austria dengan gaya switch back wheelie tanpa ban depan.yang hingga kini belum bisa ditiru lainnya. Tahun berikutnya dia jawara di Stuntwars Competition, Florida USA.

Tahun ini U Mild U Bikers membawa Zoltan ke ajang U Mild U Bikers Festrack 2009. Penggemar dan atlet freestyler di Yogyakarta, Batam, Jakarta dan Surabaya bisa mencuri ilmunya.

Menurut Wawan Tembong, jawara freestyle lokal Indonesia yang merupakan Best of the Best Freestyle U Mild Freestyle Competition 2008, Zoltan memang hebat.

“Aksi Switch Back Circle Wheelie-nya memang benar benar gila, dan wajib disimak,” tandas Wawan Tembong yang masih belum menemukan teknik unik Zoltan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: