it’s about all word’s

M. Raka Sebastian: Jogja Rookie

Posted on: May 7, 2009

Menepis mitos pembalap naik kelas

Arena balap memang keras apalagi kalau berstatus pembalap naik kelas. Lintasan road race kelas bebek (underbone) Tanah Air bahkan punya mitos pembalap pemula (rookie) dipastikan selalu terpuruk di musim pertamanya di kelas seeded.

Jika biasanya mereka menjadi jawara di kelas pemula maka ketika naik kelas ke kelas seeded yaitu MP1 Bebek 110 cc 4 Tak Tune Up Seeded, prestasi mereka kerap tenggelam.

”Saat masuk ke seeded mereka harus menghadapi atmosfer berbeda. Jika sebelumnya mereka menjadi jawara di kelas pemula, kini harus bertarung dengan para pembalap senior,” kata Faryd Sungkar, promotor balap terkenal dari FR Action.

Para pembalap senior tentu sudah punya pengalaman balap segudang dan sangat agresif dalam kompetisi. Tidak heran, tidak sedikit para pembalap muda yang depresi dan akhirnya prestasinya semakin lama makin terpuruk.

Tahun ini di ajang road race U Mild U Bikers Festrack 2009 yang digelar PT Asia Tembakau produsen rokok U Mild diberikan penghargaan rookie di kelas seeded.

Menurut Faryd yang juga mantan pembalap nasional ini kategori ini belum pernah ada di dunia balap Tanah Air. Penghargaan ini diberikan agar para pembalap muda punya semangat juang berkompetisi dengan para seniornya.

Dari seri perdana U Mild U Bikers Festrack 2009 di Yogyakarta 18-19 Maret, mencuat M. Raka Sebastian dari Yamaha Pertamina IRC Raka Racing Team.

Menurut Brand Manager U Mild Yasin Tofani Sadikin pembalap berusia 22 tahun ini tampil kompetitif di sesi kualifikasi dan dua race. Raka dinilai tampil sportif, berteknik tinggi, mampu menguasai emosi dan patuh pada regulasi

Pada sesi kualifikasi, anak Yogyakarta ini start dari grid ke-6, dan finish di posisi ke-5 pada race pertama dan di race terakhir masih bisa mempertahankan ritmenya sehingga finish di urutan ketujuh.

Klasemen sementara, Raka mengumpulkan total 20 poin dan berada di urutan ke enam untuk kelas MP1, sebuah prestasi yang cemerlang seorang rookie di kelas seeded.

“Di MP1 untuk naik podium memang butuh perjuangan ekstra, karena harus bertarung dengan pembalap-pembalap juara. Saya bersyukur, meski belum bisa naik podium masih bisa dapat penghargaan Best Rookie, “ tandas Raka.

Menurutnya, di arena balap tanah air, ini pertama kalinya ada penghargaan untuk para rookie di kelas seeded. Kategori baru ini membuat dirinya dan juga para pembalap yunior di kelas seeded menjadi lebih semangat untuk bertarung bersama para seniornya.

”Dengan penghargaan Best Rookie ini kita jadi lebih percaya diri untuk bertarung dengan para jawara seeded di putaran berikutnya, semoga kedepannya hal yang baik ini tetap terus ada,” tandas Raka.

Meski terpilih sebagai Best Rookie, dia mengaku masih harus meningkatkan kemampuan fisik agar bisa lebih kompetitif lagi. Kelas seeded menuntut ketahanan fisik agar tetap fokus dan dapat mempertahankan ritme balap untuk menekan rival.

“Saingan terberat adalah Florianus Roy dan Sigit PD. Roy sangat konsisten sementara Sigit pandai overtake di tikungan,” jelas anggota pasukan U Mild U Bikers Indonesia team yang berlaga di 6 seri FIM Asian GP 2009.

Buat Raka, mematahkan mitos bukanlah hal yang utama, yang penting adalah tetap optimis bahwa podium bukan hal yang mustahil untuk diraih pendatang baru. Maju terus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: