it’s about all word’s

Cerdas mengelola duit ala Mike Rini

Posted on: May 19, 2009

Mengelola keuangan pribadi maupun keluarga kini sudah menjadi salah satu hal yang sangat menyentuh kebutuhan sehari-hari. Banyak buku telah mengupas hal ini, namun sedikit yang menyentuh tataran praksis.

Mike Rini Sutikno, seorang konsultan perencanaan keuangan mencoba melakukan terobosan dengan meluncurkan buku Smart Money Games-35 Tip Menjadi Keluarga Sejahtera.

“Semua orang ketika ingin mencapai kesejahteraan moral dan materiil tentunya harus melalui beberapa tahapan usaha dalam kehidupan. Buku yang dilengkapi permainan ini bisa dengan mudah menjelaskan bagaimana dan apa strategi keuangan yang dipilih,” ujarnya ketika berkunjung ke Bisnis beberapa waktu lalu.

Buku yang diterbitkan penerbit Elex Media Komputindo dengan bandrol Rp148.800 diharapkan dapat menjawab persoalan yang paling banyak muncul di kalangan pembaca terkait perencanaan keuangan. Buku tersebut dilengkapi dengan permainan semacam monopoli untuk melatih merencanakan keuangan.

Intinya, ingin mencapai tujuan keuangan di masa depan, tapi bingung bagaimana cara untuk sampai ke tujuan tersebut. Tindakan perencanaan keuangan tidak hanya fokus pada mengalokasikan yang sudah ada, tapi sebenarnya harus memunculkan penghasilan baru juga.

“Dengan demikian kita harus lebih menggali kompetensi, hobi, atau hal-hal lain yang di luar aset berupa uang atau materi. Hobi juga sebenarnya aset, yang kalau kita bisa optimalkan akan bernilai ekonomis,” papar dia.

Menurut alumnus Akademi Keuangan Perbankan Lembaga Pendidikan Indonesia (AKP LPI) ini, setiap orang bisa menjadi perencana keuangan untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Soal perencanaan keuangan Mike sudah teruji. Bekalnya adalah pengalaman kerjanya di dunia perbankan, pelatihan dan bimbingan di bidang perencanaan keuangan keluarga melalui praktek konsultasi langsung kepada klien.

Dia mengawali karirnya di bidang perbankan sebagai teller di Bank Bali pada 1996. Sejak saat itu karirnya terus menanjak seiring dengan meningkatnya kemampuan operasional dan manajerialnya.

Keberhasilannya mengembangkan potensi marketingnya membuat dia dipercaya menjabat posisi marketing supervisor dan kemudian meningkat menjadi seorang business officer.

Berturut-turut, Mike mengembangkan kemampuan dan wawasannya dengan bekerja sebagai account officer di Bank Artha Graha dilanjutkan sebagai corporate dealer pada Sumitomo Mitsui Indonesia.

Pada masa-masa inilah keterampilannya dalam bidang analisa kredit baik sektor bisnis korporasi maupun ekonomi menengah dan retail semakin terasah.

Seiring dengan perkembangan dunia perencana keuangan, dia mendapatkan kesempatan bergabung dengan Safir Senduk & Rekan pada 2000 sebagai staf perencana sebelum pada akhirnya menjadi seorang perencana keuangan yang mandiri.

Selain menangani jasa pembuatan rencana keuangan lengkap untuk kebutuhan personal, Mike memiliki beberapa rubrik di sejumlah media cetak dan elektronik yang diisinya secara teratur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: