it’s about all word’s

Sihir telepon pintar Blackberry

Posted on: May 26, 2009

Judul buku: Blackberry for Everyone
The Best Gadget in your hand
Penulis: Muhammad Sufyan A
Penerbit: Penerbit E-tera
Tebal: 174 halaman
Tahun : April 2009

Bagi gadget freak, setiap April adalah tahun kelahiran telepon pintar (smartphone). Gaung smartphone dimulai ketika Paramount Pictures merilis film The Saint yang disutradarai Phillip Noyce dengan aktor Val Kilmer dan Elisabeth Shue pada April 1997.

Dalam film bergenre suspense thriller yang diangkat dari novel karya Leslie Charteri itu diperlihatkan sosok pencuri profesional Simon Templar beraksi dengan gadget Nokia 9000 Communicator.

Sontak setelah film ini beredar dan mencetak boxoffice, pelan namun pasti telepon pintar seukuran batu bata ini menjadi alat pendongkrak status yang kosmopolitan. Saat itu petinggi pemerintahan, CEO hingga pebisnis Tanah Air kurang percaya diri jika tidak menenteng Communicator.

Hanya saja, sejarah selalu mencatat para pemenangya. Apalagi dalam budaya pop yang cepat menggilas. Budaya atau tren bisa berubah sedemikian cepat. Communicator yang dulu terasa canggih berubah dekaden oleh kehadiran Blackberry.

BlackBerry atau sering disingkat BB, smartphone asal Kanada buatan Research In Motion (RIM) ini sebetulnya masuk ke Indonesia sejak 2004 lewat operator Indosat. Belum meledak karena masih mahal.

BB menggeliat baru terjadi setelah operator XL bikin kejutan dengan tarif Rp199.000 untuk layanan tidak terbatas (unlimited). Persaingan terjadi dan puncaknya ketika raksasa Telkomsel ikut bermain di awal 2008.

Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah pesona smartphone ini yang makin moncer karena menjadi trade mark senator sekaligus calon presiden Amerika Serikat Barack Obama yang tidak rela melepaskan diri dari gadget kesayangannya itu.

Koran New York Times edisi 15 Desember 2008 memasang foto Obama dengan ukuran yang besar saat memegang BlackBerry. Kontan saja hal tersebut mengguncang dunia. Sejak ekspos aktifitas itu, demam BlackBerry yang tengah menyerang seluruh dunia,

Kisah BB ditulis cukup renyah oleh Muhammad Sufyan A. Momennya pun tepat ketika demam BB masih melanda Indonesia. Peranti genggam yang menjadi antitesis telepon genggam imut yang sempat menjadi tren.

Seperti halnya Communicator, BB tidak hanya menjadi gadget pilihan kaum profesional, namun juga kalangan artis. Banyak artis ibukota yang dengan bangga menenteng BB. Bukan hanya untuk pamer, karena fitur push email untuk memenuhi kebutuhan bergosip via chatting.

Buku setebal 174 halaman ini ditulis cukup lengkap karena berisi mengenai sejarah, cerita para pengguna, sampai tips and trik mengoptimalkan BB.

Sang penulis menyelipkan hal-hal unik akibat fenomena BB dalam kehidupan seperti munculnya pijat khusus pengguna BlackBerry yang dibuka di Hotel Hyatt Chicago (Hal124).

Layanan pijat yang diberi nama Blackberry Thumb itu muncul karena banyak pengguna BB yang mengeluh ibu jarinya sakit. Pijat yang menggunakan BB balm ini, berlangsung selama setengah jam. Selain area jempol, pijatan unik itu diarahkan ke wilayah pergelangan tangan yang menjadi sandaran gengaman.

Rupanya terlalu sering menggunakan BB bukan tanpa resiko, ibu jari pun dapat mengalami cidera tandon jempol. Dengan bentuk BB dan fiturnya yang menggoda, BB sangat memungkinkan terjadinya cedera jempol.

Pendek kata buku ini menarik meski menyimpan sejumlah kekurangan. Sebut saja hasil cetakan ilustrasi yang kurang tajam. Bahkan terdapat dua foto yang identik di halaman 62 dan 107.

Toh, sebagai produk cetak. Menu buku ini cukup berhasil menyampaikan pesan superioritas BB. Sebagai sebuah media marketing. Edisi revisi bisa menjadi pilihan bagi sang penulis dan penerbitnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: