it’s about all word’s

Menyelami taktik bisnis bangsa Viking

Posted on: June 8, 2009

Judul: The Viking Manifesto
Strategi Perang di Pasar Modern ala Skandinavia
Penulis: Steve Strid dan Claes Andereasson
Penerbit: Publishing One, April 2009
Tebal: 220 halaman

Bangsa Viking, seperti halnya China adalah para pengelana. Jauh sebelum bangsa Eropa menemukan Amerika. Jejak kaki Viking dan China dipercaya sudah terlebih dulu menapak di benua bangsa Indian.

Hanya saja Viking memiliki nyali penakluk setara bangsa Mongol. Mereka adalah bangsa yang dilahirkan dalam lingkungan teramat keras. Dalam jaman yang berbeda sifat penakluk dan pengelana itu diturunkan hingga kini.

Jika dahulu nenek moyang Viking menancapkan pengaruh dan aneksasi lewat tajamnya pedang maka kini bangsa anak cucu mereka, bisa dikenal sebagai Skandinavia hadir dalam bentuk sejumlah bisnis sukses yang menginspirasi dunia.

Bangsa Viking modern menciptakan sejumlah bisnis yang menorehkan sejarah a.l. Ikea, Lego, Absolut Vodka, Volvo, Hennes & Mauritz, Ericsson, Electrolux, Saab, dan Astra Zeneca.

Jika ingin nama-nama aneh Skandinavia tetapi menggurita diam-diam. Sebut saja Baugur, Kaupthing, Abb, Skanska, hingga Sca.

Populasi mereka hanya kurang dari 20 juta orang atau 0,3% dari seluruh populasi dunia dan tersebar di Swedia, denmark, Norwegia serta Islandia. Tetapi kontribusi mereka mencapai 3% seluruh ekspor seluruh dunia.

Selain bisnis, mereka menciptakan genre budaya tersendiri a.l. Hadiah Nobel hingga sejumlah band pop yang cukup mampu mengimbangi gelombang pemusik Amerika Serikat dan Inggris.

Bahkan dalam dunia olahraga pun, para Viking selalu diperhitungkan. Palagan sepakbola akan terus menantikan ledakan Tim Dinamit Denmark atau tarian maut kesebelasan Swedia.

Jika hal-hal itu masih dianggap normal. Maka Skandinavia juga menjadi tempat kelahiran bisnis gila. Satu contohnya adalah Cyros International Sperm Bank yang didirikan pebisnis Denmark Ole Schou.

Renyah nan bernas

Buku ini dikemas kedua penulis dalam gaya yang renyah dan bernas. Pantas mendapat acungan jempol adalah tim alih bahasa buku ini dan editor, Ratri Prakoso yang tetap mampu memelihara semangat buku ini.

Dengan semangat kesederhanaan, literatur ini hanya dibagi menjadi dua bab. Tentang pemasaran dan budaya korporasi. Setiap bab berisi banyak cerita unik bangsa Viking dan artikel pendek menukik yang selalu menggelitik saraf humor Anda.

Sebut saja tentang bagaimana Absolut Vodka menjadi merek berkelas lewat strategi cerdas yang boleh saja disebut sebagai sebuah tindakan mengejek pola pikir rasionalitas pemasaran modern.

Atau ketika bagaimana Light My Fire yang didirikan di Malmo sukses menjadi pebisnis barang-barang yang mudah dilalap dan menimbulkan api.

Bahkan ide bisnis yang fenomenal seperti Ice Hotel Jukkasjarvi, sebuah hotel yang seluruhnya terbuat dari es, yang setiap November dibangun dan setiap April dibiarkan meleleh.

Duet penulis Steve Strid dan Claes Andereasson dengan bahasa sangat ringan menguliti tradisi dan budaya bangsa Viking yang turun menurun menjadi kunci sukses bisnis modern mereka.

Tentu saja, tidak bisa dipungkiri keduanya sangat fanatik dengan Viking karena Steve Strid adalah otak di balik kesuksesan Absolut Vodka, Magic, Light My Fire, Libresse dan Baby Bjorn. Sementara rekannya, Andereasson adalah direktur The Absolut Company Amerika Utara dan direktur Absolut Akademi.

Keduanya jelas mengerti betul taktik dan strategi ala Viking yang mengutamakan budaya, kesederhanaan, keterbukaan, tanggung jawab, kesetaraan dan kerjasama tim yang dalam beberapa kasus justru unik dan sangat bertentangan dengan teori manajemen modern.

Uniknya, meski buku setebal 220 halaman ini bercerita tentang manifesto Viking, kedua penulis tidaks segan-segan mengambil kisah- sukses orang-orang dari golongan non Viking a.l. Steve Jobs, The Beatles, Henry T Ford, Bill Gates hingga Muhammad Yunus.

Tentu saja sosok tersebut dipilih karena kegilaan mereka yang berani melawan arus jaman. Pendek kata membaca buku ini adalah sebuah meditasi kontemplatif yang menyegarkan insting bisnis Anda.

6 Responses to "Menyelami taktik bisnis bangsa Viking"

Wow, reviewnya dalem dan analitis. Pantes saja, yang nulis redaktur kawakan Bisnis Indonesia. Thanks Mas… Semoga buku ini bisa menambah wacana kita. Dan semoga trdisi intelektual bangsa kita, termasuk presiden yang sebentar lagi kita contreng, semakin meraja. Bravo!

Antonius Hermawan S.
Chief Editor
Publishing One

mas saya belum jadi redaktur…dan belum jadi senior…makasih bukunya mas…mantep

Dear Mas Algooth,

Saya atas nama Publishing One mengucapkan terima kasih, ulasannya sangat bagus. Tapi buku ini memang sangat menarik, ringan, and very inspiring. Selain pelajaran bisnis, buku ini juga memberikan kita pelajaran hidup yang sangat berharga. Mungkin hal itulah yang membuat buku ini menjadi sangat spesial. Oh iya, saya link page ini ya, mas ke facebook PublishingOne Indonesia.

silahkan

untuk di indo udah ada bukunya ga mas

ini buku rilis udah lama banget….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: