it’s about all word’s

Berani tampil beda dan cerdas

Posted on: July 20, 2009

Judul: Managing Competition
Penulis: Janpie Siahaan
Terbitan: Penerbit Salemba Empat, Juni 2009
Tebal: 258 Halaman

Seperti sebuah pertempuran, keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh strategi. Buku ini menjelaskan bagaimana mengenali kemampuan diri sendiri dan seteru bisnis untuk mempersiapkan strategi jitu tersebut.

Selama ini kegiatan bisnis cenderung diposisikan sebagai ajang pertempuran yang keras, licik dan berdarah-darah, sehingga kehilangan sisi manusiawinya dan terkesan kejam nan culas.

Dalam era globalisasi yang serba cepat ditingkahi persaingan yang amat ketat. Bisa digambarkan hampir tidak ada satu pun produk, jasa maupun usaha yang berjalan tanpa pesaing. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Begitu sebuah usaha maju atau terkenal maka sang di pasar yang sama bertebaran pesaing-pesaing membayangi sambil terus mencari celah dan cara untuk mengungguli produk atau usaha kampiun itu.

Caranya, bisa saja lewat strategi murahan ala red ocean seperti membanjiri pasar dengan taktik banting harga, imitasi merek hingga produk yang terus menerus terjadi sejak dulu hingga kini.

Untuk itu diperlukan analisis, perencanaan matang dengan taktis sekaligus bertindak praktis untuk menjadikan produk yang dihasilkan bisa mencuri hati konsumen melalui stragegi diversifikasi produk atau postioning ala blue ocean.

Sebab dengan menjalankan blue ocean bisnis bisa dijalankan dengan sangat elegan, halus sekaligus cerdas namun taktis tanpa harus ada kesan memangsa sesama.

Janpie Siahaan mengajak Anda menelusuri beberapa strategi cerdas yang sukses dilakukan beberapa raksasa internasional. Dengan latar belakang pendidikan dan praksis penulis menyajikan buku ini dengan unik.

Mulai dari lembaga penelitian Buckman Laboratories, supermarket Wal Mar, produsen consumer goods P&G, General Electric, jasa pengantaran UPS hingga raksasa fashion Zara.

Beberapa di antara studi kasus bukanlah perintis pasar, beberapa malah pendatang baru. Beberapa subyek tulisan malah perintis yang dipaksa berpikir cerdas untuk menaklukkan pendatang baru. Semua disajikan dengan runtut dan bernas.

Pada beberapa kasus menunjukkan dalam kondisi apa pun dan bagaimana pun kualitas dan layanan tidak akan dijual murah. Jika fenomena yang disebut trading-up ini telah terjadi maka bagi konsumen, uang akan menempati nomor terakhir dibanding gengsi yang didapatkan dari benda yang dapat mereka miliki.

Kita tahu, diantara pentingnya fungsi sebuah produk terdapat nilai gengsi yang dicari-cari konsumen. Dan dalam hal gengsi yang sangat lekat adalah unsur emosional dan imajinasi.

Tentu tak mudah mencapai itu, perlu strategi dan prinsip yang keras—kepala—untuk terus memposisikan diri sebagai produk berkelas dan memberi nilai tambah bagi penggunanya.

Sebab untuk menjadi pemenang dalam kerasnya kompetisi dibutuhkan konsistensi pada posisi yang telah dipilih termasuk konsekuensi produsen tidak boleh sekali pun turun ke kelas yang lebih rendah meski dari segi kuantitas hal itu jauh menggiurkan.

Sekali hal itu dilakukan, citra dan emosi yang telah dibangun akan runtuh di mata konsumen yang telah dibangun untuk waktu yang tidak pendek.

Tentu saja, selain terus memeprtahankan diri pada pasar yang telah dipilih itu produsen juga harus terus memberi nilai tambah bagi produk yang dihasilkan, nilai tambah tidak akan dimiliki oleh pesaing.

Termasuk menjaga sifat ekslusif new luxury produk tersebut, artinya membatasi jumlah produk yang dikeluarkan. Jika hal ini terus dilakukan maka, margin tinggi dari sebuah produk akan terus didapatkan dari pasar fanatik itu.

Buku ini menarik karena meski penulis membawakan materi buku ini dengan sangat ringan. Gaya bahasa yang serba resmi dan kaku berikut komparasi data tidak dipaksakan berjejalan secara sistematis dari depan hingga belakang buku ini

Padahal, penulis berasal dari institusi pendidikan bisnis dan manajemen yang sudah terpola untuk menyampaikan segala sesuatunya dengan sistematis, mengikuti kaidah ilmu dan metodologi di bangku kuliah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: