it’s about all word’s

Obin si pendekar kain

Posted on: August 23, 2009

Nama Josephine Werratie Komara alias Obin, sudah tak asing lagi di dunia pertekstilan dan kain tradisional. Jari-jemari tangannya piawai melukis batik dan kain, dan mendesain busana.

Perempuan yang selalu tampil dalam balutan kebaya dan kain sarung batik ini, dalam kesehariannya tak pernah diam. Ada saja yang dipikirkan dan dikerjakannya.

Saat ini, dia tengah sibuk menyiapkan pameran tekstil White on White yang menampilkan sejumlah koleksi kain karyanya sendiri, di Sampoerna Startegic Square, dan dibuka Senin kemarin.

Pameran tersebut dalam rangkaian peluncuran gedung dengan desain baru yang terletak di Jl. Sudirman Jakarta tersebut.

Pada saat yang sama Obin juga disibukkan dengan kegiatan Festival Sail Bunaken di Manado, yang bertaraf internasional. Jadilah dia beberapa kali bolak-balik Jakarta-Manado dalam waktu singkat.

Sebelumnya pendiri rumah busana Bin house ini, juga dipercaya oleh Hotel Mandarin Oriental Jakarta untuk membuat logo kipas yang baru. Desainer serba bisa ini, memilih kerangka kayu kipas tersebut dengan bentuk ukiran berwarna hitam. Sebagai warna dasar dipilihnya merah, ditambah aksen prade emas.

“Saya mengambil warna dasar merah dengan motif batik bunga melati berwarna emas, terbuat benar-benar dari prada emas 24 karat,” ungkap Obin yang membuka Bin House sejak 1986.

Menurut dia, merah merupakan warna yang secara tradisi digunakan untuk acara perayaan yang penuh dengan kemeriahan, keberuntungan, kebahagiaan, serta keberanian.

“Warna emas mewakili logo hotel Mandarin. Bunga melati saya pilih sebagai motif, karena bunga yang harum semerbak itu tersebar di penjuru Indonesia. Melati melambangkan kemurnian, eksotik, kecantikan,” ujar Obin yang mulai merancang kain tradisional sejak 1970-an.

Butuh waktu 4 bulan bagi Obin memikirkan pembuatan kipas tersebut, karena dituntut benar-benar mewakili ciri khas Indonesia. Kipas dari kain berukuran besar dengan logo baru itu, baru bisa dipamerkan Oktober nanti, saar re-lauch Hotel Mandarin usai renovasi.

Diakui dunia

Selama ini Obin dikenal sebagai perempuan yang lebih sering sendiri dan hidup dalam imajinasinya. Dia dikenal oleh sahabatnya, sebagai orang yang tak pernah mau bercerita tentang dirinya sendiri.

Berbagai macam pekerjaan pernah dicobanya, mulai dari pembuat kap lampu, jok sofa sampai membuat batik dan kain tradisional, yang hingga saat ini masih ditekuninya.

Ketika pertama kali membuka usaha Bin House, dia hanya berbekal kemampuannya dalam mengolah satu kain, yaitu sutera. Dalam perjalanannya kemudian, Obin mengembangkan teknik membatik.

Berbagai motif yang berasal dari luapan imajinasinya saat menyatu menjadi alam yang diinginkannya ditorehkannya di kain.Perempuan yang suka berkebaya dan bersarung ini, juga dikenal sangat profesional dan perfeksionis.

Banyak ide-ide yang sepertinya tak mungkin dilakukan orang lain, tapi di tangannya menjadi sesuatu yang menarik dan berarti.

Koleksi busana Obin selama ini tidak hanya dipakai oleh masyarat biasa. Aktris tenar Julia Roberts dan penyanyi Mick Jagger, pun mengoleksi karyanya. Bahkan koleksi Obin tahun lalu ikut ditawarkan dalam lelang internasional memperingati seabad Lee Coopeer di Paris.

Kini Obin melompat jauh ke depan. Usahanya merambah tempat-tempat eksklusif di berbagai negeri, produk labelnya berjejer dengan butik-butik besar di dunia.

Butiknya ada lima di Indonesia, empat di Jepang, satu di Singapura. Lebih dari 2.500 perajin kain di berbagai daerah di Indonesia diayominya, dilatihnya membuat kain tradisional yang berkelas dan elegan, serta dihargai mahal.

Saat ini dia juga menjadi ikon untuk iklan private banking Julius Bar, sebuah pengelola aset terkemuka di Swiss. Dia terpilih di antara seluruh perempuan dunia karena komitmennya pada kesempurnaan.

Bagi Obin, fashion is about be yourself. Menjadi fashionable, adalah bagian dari itu. “Tapi yang terpenting bagaimana menjadi dirimu sendiri,” ujar Obin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: