it’s about all word’s

Florianus ‘Jontor’ Roy

Posted on: November 25, 2009

Sleman super rider

Florianus Roy, pebalap tim Yamaha TDR Yonk Jaya, memastikan menjadi pebalap terbaik nasional dalam ajang U Mild-U Bikers Festrack 2009 yang berakhir di Park Sirkuit Kenjeran, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, akhir pekan lalu.

Dengan hasil ini, pebalap dengan nomor 92 ini juga berhak menjadi wakil dari region Jawa yang mewakili Indonesia di Asia Road Racing Championship (AARC) 2010.

Pebalap dengan panggilan kesayangan ‘Jontor’ memastikan kemenangannya setelah sukses merajai kelas MP 1 110 cc pada seri 1 di Yogyakarta, seri 4 di Jakarta, dan seri 6 di Surabaya.

Sejak sebelum dimulai lomba Florianus sudah diunggulkan karena telah memimpin klasemen dengan 100 poin. “Target mengamankan posisi!” ujarnya merendah.

Tetapi hasilnya, Jontor mengamuk. Dari dua race yang digelar, pebalap asal Yogyakarta ini mengamuk. Pada race satu, dia melesat dengan catatan waktu 13 menit dan 32, 983 detik, sementara pada race 2 catatan waktunya membaik menjadi 13 menit dan 24,906 detik.

Bakat Florianus Roy ditemukan oleh Kiswadi, mantan pembalap Yogyakarta yang juga ayah dari Doni Tata, pembalap terbaik Indonesia. Polesannya membuat Florianus Roy atau yang akrab disapa Jontor terus meningkat pesat ketika turun di sirkuit.

Debut pebalap kelahiran Sleman, 4 Mei 1983 ini dimulai pada 2002 dengan menunggang Yamaha F One ZR. Bermodal sendiri sebagai pebalap pemula (privateer) tidak membuat Roy patah arang, justru menjadi pemicu semangatnya menjadi pembalap profesional.

Pada tahun itu, Jotor menyabet juara umum Yamaha Cup Race Bebek standar 2 tak pemula dan juara nasional bebek standar pemula. Hasilnya pun mulai terlihat dengan mulai dilirik oleh tim-tim road race besar berkat prestasinya yang terus meningkat.

Tahun 2003, Roy sudah naik menjadi pembalap seeded dengan bergabung di tim HMTC lalu setahun berikutnya di tim Putra Gading Cilacap dengan prestasi juara umum Yamaha Cup Race bebek 110 seeded.

Sinarnya terus bersinar setelah pada 2005, dia ditarik oleh tim papan atas Yonk Jaya Bandung. Kepercayaan itu dibayar dengan juara 1 Yamaha Asean Cup Race 2006.
Sederet prestasinya terus memayungi Florianus Roy di beberapa seri road race.

Dua pekan lagi, Florianus Roy yang bertarung di bawah bendera tim U Mild U Bikers Indonesia Racing punya target membayar dendam di seri terakhir Asia Road Racing Championship di Sirkuit Zhuhai, China. Tahun lalu, dia gagal mencapai podium karena setelan motor dan kecelakaan.

Hanya saja, tahun ini Florianus lebih percaya diri. Modalnya adalah naik podium pertama pada race pertama dan podium ketiga saat race kedua di kelas underbone 115 cc kejuaraan Asia Road Racing Championship 2009 seri kelima di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Oktober lalu.

Jontor yang start dari grid keempat berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari tim negara Asia lainnya. “Tantangan bertarung di Zhuhai adalah cuaca dingin yang menuntut setting mesin dan kesiapan fisik pebalap. Tetapi saya optimistis bisa mengibarkan Merah Putih.”

Sebelum ke China, akhir pekan ini, Florianus Roy bakal pamer kekuatan di depan rider Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo pada seri terakhir Yamaha Asean Cup di Sirkuit Sentul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: