it’s about all word’s

Ibu para vampir modern

Posted on: November 25, 2009

Dunia sastra pop era milenium harus diakui memang milik para penulis perempuan. Setelah Joanne K Rowling sukses dengan seri penyihir Harry Potter, kini giliran vampir racikan Stephenie Morgan Meyer.

Anak kedua dari enam bersaudara pasangan Stephen dan Candy Morgan ini kelahiran Hartford, Connecticut, 24 Desember 1973 adalah penulis yang melahirkan novel Twilight, novel tersebut langsung memuncaki daftar buku laris di Amerika Serikat.

Twilight dan tiga novel sekuelnya telah terjual ratusan juta eksemplar, diterjemahkan ke dalam 37 bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan diangkat menjadi film layar lebar.

Tentu saja tidak mudah mencapai hal ini semua. Semua berawal mimpi pada Juni 2003 yang memperlihatkan pertemuan dua remaja di atas hamparan padang rumput. Yang satu gadis belia, dan lainnya pemuda tampan yang kulitnya berpendar terkena cahaya matahari.

Pemuda itu adalah vampir! Mereka saling jatuh cinta dan si pemuda memberitahu gadis itu, betapa sulit baginya untuk tidak membunuh si gadis.

Sejak mimpi itu, sepanjang tiga bulan penuh istri Christian Meyer ini terus menulis novel. Demi obsesinya, dia harus menembus jam-jam tidurnya dan terkadang harus mengetik dengan satu tangan, karena tangan lainnya mendekap bayinya yang tertidur pulas di pangkuan.

Hasilnya memang unik, penulis yang tak doyan minum alkohol ini membuang semua unsur kekerasan, senjata, dan seks dari novelnya. Paling-paling, tokoh novelnya hanya berpegangan tangan. Berkelahi pun digambarkan lewat perang urat saraf.

Bahkan vampir versi Stephenie cukup nyeleneh: tak mengisap darah manusia dan punya sifat baik, serta suka menolong orang.

Berkat Twilight, sarjana sastra Inggris dari Brigham Young University mendapatkan beberapa penghargaan a.l. dari New York Times sebagai Editor’s Choice, Amazon.com sebagai Best Book of The Decade… So Far.

Uniknya ibu dari Gabe, Seth, dan Eli yang mengaku fans berat band Muse ini selalu dibanding-bandingkan dengan J.K. Rowling. Sebut saja J.K. Rowling yang menulis Harry Potter saat anaknya tertidur lelap.

Toh dari sisi karya, novel New Moon berhasil menggeser posisi jilid terakhir Harry Potter dari puncak daftar buku terlaris New York Times. Bahkan jadwal tayang perdana film Twilight pada 21 November 2008 pun sebenarnya jadwal pemutaran hari pertama film Harry Potter and the Half-Blood Prince.

Untuk seri kedua Twilight, New Moon pekan ini berhasil meraih pendapatan sebesar US$141 juta pada tiga hari pemutaran pekan pertamanya di 4.024 lokasi bioskop, dengan jumlah layar sebanyak 8.500.

Film yang dibintangi Robert Pattinson dan Kristen Stewart bahkan melampaui pendapatan perdana The Dark Knight dan Spider-Man.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: