it’s about all word’s

Kesaksian sang wartawan

Posted on: December 8, 2009

Pekan ini Indonesia heboh. Sebuah film bertajuk Balibo dilarang penayangannya oleh Lembaga Sensor Film (LSF). Balibo adalah film garapan Robert Connoly diangkat dari buku karya Jill Jolliffe bertajuk Cover Up.

Film ini mengisahkan penelusuran wartawan Australian Associated Press (AAP), Roger East (diperankan Anthony LaPaglia) dan Jose Ramos-Horta (Oscar Isaac) untuk mencari keberadaan lima Australia yang hilang saat meliput konflik Timor Timur pada 1975.

Lima wartawan itu adalah Gary Cunningham, Greg Shackleton, Tony Stewart dari stasiun Channel Seven sementara Malcolm Rennie dan dan Brian Peters dari Channel Nine.

Jill Jolliffe mengikuti jejak kasus yang kerap disebut sebagai Balibo Five ini selama 34 tahun. Kala bekerja untuk Reuters dia menyaksikan invasi pertama pasukan regular Indonesia ke Timor Timur pada September 1975.

Bersama Michael Richardson dari The Age dan Roger East dia melaporkan kematian lima orang rekan seprofesinya di Balibo pada Oktober. Bersama Richardson, dia dievakuasi dari Dili ke Darwin oleh Palang Merah Internasional, 4 hari sebelum pasukan Indonesia menyerang Dili pada 7 Desember 1975. Sayang East memilih tinggal dan mati dalam peristiwa itu.

Pada 1978, Jolliffe pindah ke Portugal sambil terus mengikuti cerita Timor Timur sebagai koresponden untuk The Guardian, The Sunday Times, The Age, Sydney Morning Herald, dan BBC.

Jolliffe kini tinggal di Darwin dan kerap memberikan laporan terkait perkembangan Timor Timur. Tidak heran dengan pengalaman traumatic tersebut, Jolliffe bisa membuat buku yang begitu dalam.

Jurnalis Jim Dunn dari Sydney Morning Herald menyatakan buku Cover Up memaparkan kisah-kisah memalukan dalam sejarah Austrlia. Cerita yang merupakan hasil penyelidikan selama lebih dari 20 tahun dan penelitian tanpa henti mengenai Balibo Lima.

Cover-Up menyuguhkan sudut pandang yang berbeda sehubungan dengan tewasnya lima orang reporter muda ditangan militer Indonesia saat berusaha mengabadikan dalam film aksi pasukan infantri Indonesia atas Timor Timur di kota perbatasan Balibo pada Oktober 1975.

Buku itu juga memaparkan cerita mengenai para reporter itu dari sudut pandang keluarganya dalam mengejar kebenaran.

Jill Jolliffe menyuguhkan bantahan bahwa pemerintah Australia mengetahui situasi pembunuhan tersebut dan aksi bungkam serta penutupan yang dilakukan menjadi landasan keputusan pemerintah Indonesia untuk menduduki Timor Timur.

Akibatnya, para politisi dan pengambil kebijakan asing Australia terpaksa menanggung tanggung jawab atas teror yang berlangsung selama 24 tahun di wilayah itu.

Melalui Cover-Up, perjalanan Jolliffe untuk menyelidiki dan menemukan para pelaku pembunuhan Balibo dikaitkan dengan tragedi terakhir yang terjadi di Tim-tim. Saat menelusuri proses persidangan para terdakwa, dia menemukan bukti atas pembataian yang menimpa ratusan penduduk yang diberondong senjata mesin beberapa tahun kemudian.

Bagian dari memoar dan juga bagian dari sejarah, buku ini memaparkan penyelidikan atas pendudukan Indonesia di Timor Timur dengan fokus utama studi kasus pada pembunuhan Balibo.

Tidak heran jika Jolliffe berhasil mengumpulkan bukti-bukti pendukung yang menceritakan kisah kematian para kru pencari berita itu dan siapa yang bertanggung jawab di balik peristiwa itu.

Penekanan pada bukti-bukti yang memberatkan gugatan terhadap para pelaku diantaranya Kapten Yunus Yosfiah sekarang pensiunan letjen dan Sersan Kopassus Christoforus da Silva.

1 Response to "Kesaksian sang wartawan"

Bagi jurnalis, buku dan film-nya wajib disimak.
Kisah ini sebenarnya bukan hanya memalukan Indonesia, tetapi juga Australia. Bedanya, kuping para petinggi kita ini tipis banget, jiwa pemimpin kita begitu dangkal dalam menyikapinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: