it’s about all word’s

John Carlin: Perekam jejak Mandela

Posted on: January 8, 2010

Nelson Rolihlahla Mandela atau biasa disapa dengan Madiba adalah peraih Hadiah Nobel 1993, hanya berselang kurang dari setahun setelah menjadi Presiden menggantikan Frederik Willem de Klerk, Mandela berhasil menyatukan warganya lewat cara yang unik. Olahraga.

Semakin unik karena olahraga yang dipilih adalah rugby. Olahraga tubruk menubruk yang cenderung populer di kalangan warga kulit putih, bukan sepak bola yang menjadi kegemaran warga kulit hitam. Semua ini terekam lewat buku Playing the Enemy: Nelson Mandela and the Game that Made a Nation karya John Carlin.

Pria kelahiran 12 Mei 1956 ini berhasil merekam tahun pertama Mandela memimpin negara yang masih dalam kondisi rapuh menjadi sebuah bangsa yang bersatu padu. Semua berkat pendekatan kemanusiaan dan kebutuhan kebanggaan berbangsa.

Carlin adalah pria keturunan campuran Skotlandia (ayah) dan ibu dari Spanyol. Masa balitanya dihabiskan di London Utara sebelum pindah ke Buenos Aires, Argentina mengikuti penugasan sang ayah sebagai diplomat.

Dia kemudian kembali ke Inggris untuk sekolah asrama di Ludlow, Shropshire hingga lulus sarjana sastra dari Universitas Oxford dan memulai karir sebagai wartawan untuk koran The Independent’s.

Sejak 1989-1995, Carlin menjadi kepala biro The Independent’s Afrika Selatan sembari menjadi pembawa acara dokumenter South African Third Force milik stasiun BBC sejak 1993. Usai bertugas di Afrika Selatan, Carlin menjadi kepala biro Amerika Serikat hingga 1998.

Pada 1997, Carlin menulis artikel bertajuk A Farewell to Arms untuk majalah Wired yang menceritakan perang di dunia maya yang kemudian dilayarperakan pada 1999 dengan judul WW3.com, sayang proyek ini gagal dan baru bisa ditulis ulang pada 2007 dengan judul Live Free or Die Hard atau Die Hard 4.0 yang dibintangi Bruce Willis.

Sebagai jurnalis top, Carlin memang jago menulis naskah.Sejak 1991, dia terlibat penggarapan film dokumenter American Experience yang digagas Peter McGhee. Program ini didistribusikan oleh stasiun PBS sejak 1988 hingga saat ini.

Pengalaman di Afrika Selatan dan pengalaman Carlin di dunia film membuatnya terpilih untuk menjadi penulis naskah dan pewawancara untuk program Frontline episodeThe Long Walk of Nelson Mandela yang ditayangkan oleh American PBS yang juga disiarkan dengan judul The First Accused in South Africa oleh stasiun SABC.

Artikel Carlin yang juga heboh adalah wawancaranya dengan si bogel Tangan Tuhan Maradona Maradona – Kicking the Habit yang disiarkan stasiun Prancis Channel 4 pada 2000. Hanya berselang bulan, dia meraih penghargaan prestisius El País Ortega y Gasset Award untuk artikelnya di koran berbahasa Spanyol el País. Sejak 2004 hingga 2008, Carlin adalah penulis senior internasional bagi El País.

Kejelian Carlin dalam menulis mendapat pujian dari Nelson Mandela yang ditulis sang Madiba pada buku berbahasa Spanyol bertajuk Heroica Tierra Cruel about Africa yang terbit pada 2004 atau berselang bulan setelah buku bertajuk White Angels: Beckham, Real Madrid and the New Football.

Berselang 4 tahun, Carlin menerbitkan buku Playing the Enemy: Nelson Mandela and the Game that Made a Nation yang membuat aktor dan sutradara Clint Eastwood tertarik untuk memindahkannya ke layar seluloid.

Demi pembuatan film senilai US$50 juta ini, Carlin menghabiskan waktunya beberapa pekan di Barcelona untuk berdiskusi dengan penulis naskah Anthony Peckham. Hasilnya memang pantas jika Invictus menjadi unggulan di Oscar 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: