it’s about all word’s

Panglima Bambang Sugeng

Posted on: May 19, 2010

jejak sunyi seorang Panglima

Judul: Panglima Bambang Sugeng: Panglima Komando Pertempuran Merebut Ibukota Djogja Kembali 1949 dan Seorang Diplomat
Penyusun: Edi Hartoto
Pengantar: Hashim S.Djojohadikusumo
Tebal: xxxiii+323 halaman
Penerbit: Keluarga Besar Pejuang Mantan Kasad Bambang Sugeng berkoordinasi dengan Disbintal TNI Angkatan Darat dan Disjarah TNI Angkatan Darat.

Rekam jejak militer seorang Bambang Sugeng sungguh panjang, namun pijarnya redup oleh angin jaman yang sunyi. Semua tentu masih ingat pada era pemerintahan Presiden Soeharto, ’Serangan Umum 1 Maret’ merupakan sebuah peristiwa sakral.

Berbagai ajang selalu digelar untuk memperingati aksi heroik tersebut. Mulai dari upacara, ritual pemutaran film Janur Kuning hingga puncaknya pendirian Monumen Jogja Kembali.

Pendek kata peristiwa serangan 1 Maret 1949 ke jantung ibukota negeri bayi Indonesia yang diduduki Belanda lewat cadar aksi polisionil menjadi sebuah peristiwa yang selalu diperingati dan menjadi identik dengan sosok Letkol Soeharto yang kemudian menjadi Presiden RI.

Mata publik baru terbuka setelah Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 1989 menerbitkan buku Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta yang mencatat peranan seluruh pelaku peristiwa tersebut.

Buku tersebut menesik tidak saja peran Komandan Brigade 10 Letkol Soeharto, tetapi peranan Sri Sultan HB IX sebagai kepala pemerintahan Yogyakarta, juga peran Kolonel Bambang Sugeng sebagai Panglima Wehrkreise Divisi III Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sebagai penguasa teritorial, Bambang mengendalikan jalannya pertempuran di wilayah Divisi III Jawa Tengah dan Yogyakarta di masa 1948-1949. Dari tangan pria kelahiran Magelang itu muncul Perintah Siasat dan Intruksi Rahasia untuk melakukan perang propaganda terhadap Belanda.

Peran Bambang sangat jelas, bahkan diungkap secara tegas oleh dua tentara pemikir asal Sumatera Utara yang sama-sama cerdas dan berprinsip keras, A.H Nasution dan T.B Simatupang.

Buku setebal 323 halaman ini runtut mencatat kehidupan Bambang yang penuh warna-warni, bahkan termasuk mengejutkan seperti kebiasaan merokok di masa anak-anak, sebuah penulisan yang tidak umum dalam sebuah biografi.

Penyusun buku ini, Edi Hartoto juga tidak segan menceritakan pengorbanan Bambang sebagai seorang pemimpin tentara yang dituntut ada di tengah anak buahnya di palangan, harus ditinggalkan belahan hatinya karena sakit dan harus membesarkan anak-anaknya sendirian.

Perwira senior

Dalam buku ini juga bisa ditemukan perjalanan pendidikan Bambang yang berkorelasi lurus pada kiprahnya di dunia militer. Kecerdasan, sikap kepemimpinan dan latar belakang pendidikanya yang di atas rata-rata, Bambang menghasilkan banyak anak buah yang berkualitas a.l. Ahmad Yani , Sarwo Edi Wibowo, Suryo Sumpeno dan Mariadi.

Dengan posisinya yang senior, tidak heran jika kemudian Pemerintah menunjuk Bambang Sugeng untuk menjadi wakil Panglima Besar Sudirman atau Wakil 1 Kepala Staf Angkatan Perang (KSAP).

Sosoknya yang senior dan bisa diterima semua pihak yang menjadikanya satu-satunya alternatif bagi Presiden Soekarno saat mencopot AH Nasution yang mendalangi peristiwa 17 Oktober 1952.

Dengan bijaksana Bambang menggunakan pendekatan unik khas Indonesia yaitu musyawarah untuk menyatukan hati para perwira TNI yang terbelah dan menghasilkan Piagam Djogja 1955.

Piagam yang meredam friksi di dalam militer bahkan meluluhkan hati Soekarno untuk mengangkat kembali AH Nasution menjadi KSAD, dengan konsekuensi Bambang kehilangan jabatan yang dia genggam tersebut.

Uniknya, Bambang juga yang ternyata memprakarsai pencatatan setiap prajurit TNI atau Nomor Registrasi Pusat NRP) yang kemudian ditiru pada pencatatan organisasi sipil atau Nomor Induk Pegawai NIP).

Buku ini menarik karena dilengkapi sejumlah artikel sejumlah rekan militernya, mantan anak buah hingga sejumlah wartawan. Hasil kolaborasi ini membuat kisah seorang Bambang Sugeng penuh warna.

Mungkin kekurangan dari buku ini adalah banyaknya kesalahan penulisan ejaan. Ketidaktelitian yang menimbulkan pertanyaan perihal ketatnya kualitas sebuah penulisan sebuah buku sejarah.

Kekurangan lain yang sangat disayangkan adalah kualitas reproduksi foto yang tidak tajam, alhasil foto yang dimaksudkan untuk memperkuat tutur sejarah buku ini justru sebuah penggalan yang mengganggu pembaca.

Namun, lepas dari kekurangan tersebut, prakarsa Hashim S.Djojohadikusumo dan penyusun untuk menyajikan sisi lain sejarah yang terlupakan dari seorang Bambang Sugeng patut mendapat pujian

5 Responses to "Panglima Bambang Sugeng"

Sayangnya kenapa kok baru diterbitkan sekarang, padahal itu kan fakta sejarah yang dihilangkan, ayo dong penerbit tunggu apa lagi kasian kan banyak masyarakat yang tertipu oleh kebohongan sejarah

tadi saya berkesempatan bicara dengan Pak Edi Hartoto hampir 5 jam lamanya. Perjuangan beliau menyusun buku ini dmulai lebih dari 10 tahun lampau.. bukan perjuangan yg mudah dan singkat yg dimulai sejak jaman Megawati hingga saat ini. Rencananya besok beliau akan bertemu dengan perwakilan Gramedia untuk membahas masalah penerbitan.😉 dan.. smoga suatu saat difilmkan beneran n_n

aduh sy sgt terlambat ngasi komen di sini. saya selalu berkunjung ke rumah pak pur di kranggan temanggung (sebelah timur sungai progo). beliau adalah adik kandung bambang sugeng yg masih hidup. beliaulah saksi hidup perjuangan kakaknya. dia selalu menyesal dg kepalsuan2 sejarah yang dibuat oleh masa orba. untuk menghubungi beliau bs telp atau sms saja di 08985669805. trims

ayo dong diterbitkan , saya tidak mau melihat banyak orang yang dibohongi oleh sejarah yang palsu ini .
saya berharap banyak , karna sana asli temanggung .

buku ini sangat menarik untuk mengetahui sejarah bangsa kita dan tauladan seorang ambang sugeng, saya merasa sangat beruntung karena selain membaca buku ini juga langsung di jelaskan oleh penulisnya pak edi hartoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: