it’s about all word’s

Memimpin diri Anda

Posted on: July 11, 2010

Judul: You Are A Leader!
Menjadi Pemimpin dengan memanfaatkan potensi terbesar yang Anda miliki: Kekuatan Memilih
Penulis: Arvan Pradiansyah
Tebal : xxviii+352 hal
Cetakan: Penerbit Kaifa, Mei 2010

Banyak orang yang ingin menjadi pemimpin, tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa, untuk memimpin orang lain, seseorang terlebih dahulu harus terampil dalam memimpin diri sendiri.

Banyak orang juga kagum pada seorang pemimpin, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa mereka sendiri, sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, sengaja atau tidak sengaja, pasti pernah berperan sebagai seorang pemimpin dalam berbagai situasi dalam kehidupannya.

Agar sukses menjalankan peran pemimpin, setiap orang memerlukan kemampuan untuk memimpin diri sendiri. Pesan ini yang coba untuk menjadi pesan utama karya Arvan Pradiansyah.

Pembicara publik, konsultan, fasilitator dan kolumnis beberapa media nasional ini lewat keterampilan menjalin kisah-kisah inspiratif mencoba membangkitkan kesadaran pembacanya tentang potensi kepemimpinan yang selama ini mungkin terpendam.

Diamnya potensi kepemimpinan ini membuat banyak orang yang kemudian memilih tunduk, menyerahkan hidupnya dan masa depan dengan dipimpin orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

Lewat tiga bagian, buku ini mencoba membangunkan kesadaran terhadap potensi pemimpin yang dimiliki setiap pribadi. Sekali lagi, Arvan dengan cerdik mengajak lewat kisah inspiratif dan teori yang sangat naratif . Jauh dari kesan oratoris.

Meski demikian, dengan pilihan gaya bahasa dan struktur yang ringan ini, Arvan mencoba masuk lewat kesadaran pembacanya, bahwa untuk bisa menjadi seorang pemimpin Anda hanya cukup memilih.

Bagai mantra, cukup dengan keberanian untuk memilih. Siapa pun Anda, apa pun pekerjaan Anda, begitu Anda sadar bahwa Anda mempunyai pilihan seketika itu juga Anda akan memegang kendali hidup Anda sebagai pemimpin untuk diri Anda sendiri.

Tentu saja sebagai sebuah hukum alam, saat pilihan dijatuhkan ada konsekuensi yang menyertai dan menguji tanggung jawab dari Anda untuk konsisten dengan pilihan yang Anda pilih tersebut.

Konsistensi akan menjadi modal penting karena kepemimpinan bagai mutiara yang dibentuk oleh berlapis ujian. Semakin lama konsistensi dan ujian datang, semakin bermutu pula mutiara kepemimpinan yang dihasilkan.

Menajemen humanis

Satu ide menarik yang coba disuguhkan oleh Arvan adalah ide pendekatan kepemimpinan yang seharusnya digunakan oleh korporasi justru seharusnya bersifat memanusiakan sumber dayanya.

Saat ini manajemen modern memperlakukan sumber daya manusianya sebagai mesin produksi semata. Pendekatan yang dilakukan adalah menciptakan manusia yang sangkil dan mangkus saat bekerja. Hati menjadi nomor sekian.

Lihat saja berbagai pendekatan yang dilakukan dalam manajemen—yang disebut—modern a.l. Selection & Recruitment, Assessment Center, Career Planning, Training & Development, Performance Management, Business Process Reenginering, Process Alignment, Business Process Reengineering, Balance Score Card dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mencoba menyodorkan konsep pendekatan kepemimpinan yang menghasilkan nilai-nilai manusiawai a.l. kejujuran, integritas, komitmen, tanggung jawab, kematangan, kebersamaan, motivasi , pemberdayaan, rasa memiliki, kepercayaan.

Saat ini manajemen modern telah sampai pada bentuknya yang semakin humanis sehingga manajemen tidak lagi merupakan monopoli para pemimpin yang memiliki kebiasaan buruk dengan memainkan telunjuk tangannya.

Tidak juga menggunakan ancaman untuk memenuhi apa yang diinginkannya. Perspektif humanis jelas memberikan ruang yang sama sekali baru dalam tahap perkembangan manajemen modern.

Pada kenyataannya saat ini manajemen pada akhirnya tidak hanya berhenti pada bagaimana meningkatkan produktivitas organisasi, tidak juga terpaku pada peningkatan kualitas produk yang dihasilkan, atau berapa banyak prestasi yang dicapai oleh organisasi namun melakukan sesuatu semudah mungkin guna mencapai hasil sehebat mungkin.

Untuk mencapai hasil-hasil hebat, manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan lingkungan yang mendukung mereka. Manajemen yang humanis merupakan dian yang menghasilkan ledakan potensi terbaik dari manusia-manusia yang terlibat di dalamnya.

Tentu saja, akan menjadi apa dan bagaimana Anda? Anda lah pemilik pilihan tersebut. Silahkan memilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

July 2010
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: