it’s about all word’s

Tommy Soeharto on interview

Posted on: August 18, 2010

‘Mau tidak mau turun tangan’

Lama tidak terlibat secara langsung di dunia balap, Hutomo Mandala Putra menggelar kompetisi gokar bagi pebalap muda termasuk berencana menghelat ajang balap internasional di Bali, untuk mengetahui hal tersebut akhir pekan lalu di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, saya berbincang dengan pereli yang akrab disapa Mas Tommy ini, berikut kutipannya:

Ada kabar Anda akan menggelar kompetisi gokar sistem sewa, bisa diceritakan?

Prinsip dari Humpuss Kart Series 2010 adalah pembinaan bagi kelas kadet. Lima seri akan dilangsungkan di Sirkuit Sentul pada 26 September, 10 Oktober, 24 Oktober, 14 November dan 28 November.

Peserta gokar adalah anak usia 7-14 tahun atau SD hingga SMP. Karena bersifat One Make Race, peserta mendapat mesin dan sasis yang kami siapkan, jadi kemampuan pebalap sangat teruji.

Ide bikin balap gokar apa?

Saya prihatin melihat orang tua atau anak-anak yang ingin balapan namun tidak cukup dana. Ajang ini juga merupakan dasar bagi para belapa roda empat, reli hingga Formula One, dasarnya gokar.

Terpikir ide kapan?

Sebetulnya sudah lama, kami berharap pada IMI [Ikatan Motor Indonesia], tapi kok tidak jalan juga. Akhirnya saya putuskan, mau tidak mau turun tangan sendiri. Prinsipnya tentu saja menguntungkan semua pihak.

Memangnya IMI pasif?

Saya lihat lebih fokus pada pembinaan di dua roda. Empat rodanya belum. Kalau tua-tua mau dibina, namanya bukan pembinaan. Pembinaan itu bukan sekadar skill tetapi terutama stamina.

Bagaimana ajang gokar ini digelar?

Penyelenggara untung, peserta juga untung. Tim boleh membawa sponsor sendiri. Kami menyediakan 20 unit kendaraan dengan mesin Kanzen berkapasitas 110cc. Bodi mobil polos. Silahkan bawa sponsor.

Alasan mempersilahkan peserta membawa sponsor?

Ya coba bandingkan dengan reli, semakin lama pesertanya turun karena biayanya terlalu mahal. Dulu kita membuat sistem terbuka sehingga banyak peserta bisa terlibat.

Alasan pemilihan mesin Kanzen?

Ya mereka yang datang dan berkomitmen. Agen Tunggal Pemilik Merek (ATPM) dalam negeri kurang aktif. Mungkin karena merasa sudah besar, jualan saja sudah untung, jadi pembinaan tidak mereka lakukan.

Berapa biaya yang harus peserta keluarkan untuk ikut kompetisi gokar?

Untuk satu seri, mereka bayar sewa gokar, Rp3,7 juta plus biaya ban Rp1,1 juta. Kenapa mereka membayar untuk ban, karena balapan umumnya hanya 30 putaran, jadi ban bisa dibawa pulang untuk latihan.

Umumnya ketahanan ban gokar bisa mencapai 60 putaran, pada para pebalap yunior malah bisa hingga 80 putaran.

Keuntungan lain bagi peserta?

Karena mereka sewa kendaraan, resiko kerusakan kami tanggung. Tentu saja para pebalap kami arahkan. Di sini mereka juga harus belajar tata krama membalap yang benar.

Total dana ajang ini berapa?

Yaaa…Tommy tertawa. Bisa dihitung lah. Satu unit gokar harganya sudah puluhan juta, belum yang lain-lain.

Panitia untung?

Tommy tertawa. Ya kalau bicara untung, panitia tidak untung. Kami bicara kesinambungan pembinaan. Kalau ini sukses, nanti kita kembangkan kelas Mini Rok.

Ada rencana untuk menggelar balap gokar di kota lain?

Ada di setiap sirkuit balap di kota lain akan digelar kompetisi. Nanti di ujung seri, digelar puncak seri mempertemukan para pebalap terbaik. Tiap tahun digilir. Mulai tahun depan lah.

Penjenjangan dari ajang ini?

Ke ajang Mini Rok. Pemenang ajang ini harus naik kelas. Untuk memberi kesempatan bagi peserta baru.

Ada rencana lain?

Kami tengah mempersiapkan pembangunan sirkuit bagi sprint rally dan off road di belakang Sirkuit Sentul.

Rencana lebih besar?

Kita mempersiapkan pembangunan sirkuit gokar di daerah Pecatu, Bali. Ini diperuntukkan untuk ajang balap gokar dunia yang digelar malam hari. Ini pertama di dunia.

Kenapa di Bali, karena memang Bali tujuan utama wisatawan. Sekarang kami menunggu ijin pembangunan, panjang trek nya sekitar 1,5 kilometer. Panggungnya nanti alami menggunakan rumput.

Ada masukan kenapa Makassar gagal jadi tuan rumah World Rally Championship (WRC)?

Tanya panitianya. [Tommy tertawa] Kelihatannya karena trek yang kurang memenuhi syarat dan dipaksakan. Dulu Medan jadi tuan rumah WRC bisa terpilih karena memang trek nya paling memenuhi syarat.

3 Responses to "Tommy Soeharto on interview"

saya tertarik ingin ikut humpuss cup, apakah ada alamat atau nomor telepon yg bisa di hubungi?

silahkan hubungi Moreno Soeprapto 0817-0888xxx

[…] algooth putranto пишет: Prinsip dari Humpuss Kart Series 2010 adalah pembinaan bagi kelas kadet. Lima seri akan dilangsungkan di Sirkuit Sentul pada 26 September, 10 Oktober, 24 Oktober, 14 November dan 28 November. Peserta gokar adalah anak usia 7-14 tahun atau SD hingga SMP. Karena bersifat One Make Race, … Leave a Reply. Click here to cancel reply. Your Name (required). Your Email (required). Your URL. Post. Notify me of follow-up comments via email. Subscribe to this site by email … […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: