it’s about all word’s

Loudness: loud Indonesia

Posted on: October 1, 2010

Tahun depan pastikan tampil di Jakarta

Bagi penghayat musik cadas, kecintaan terhadap aliran musik keras adalah selayaknya devosi keagamaan. Menurut Abdullah Sumrahadi, doktor sosiologi jebolan UGM dengan disertasi Menemukan Kritik Sosial dan Kesadaran Kritis dari Musik Rock Indonesia menyatakan musik rock memiliki peran yang berpengaruh terhadap perubahan sosial.

Mulai dari kritik sosial yang dilancarkan melalui lirik lagu, gerakan musik cadas paling fenomenal dapat dilihat pada konser Woodstock yang mampu menjadi gerakan perlawanan terhadap rezim.

Sedemikian besar pengaruh musik rock, sampai-sampai fundamentalis Kristen Jeff Godwin dalam dua bukunya, Devil’s Disciples: The Truth About Rock Music and Rock & roll religion: A war against God menyebut rock sebagai agama setan.

Akhir pekan lalu, Lapangan Merdeka, Medan menjadi tempat ibadah bagi penghayat musik heavy metal di Indonesia. Loudness, super rock band asal Jepang akhirnya tampil di wilayah Indonesia.

Loudness memang hanya tampil di Medan karena dijadwalkan manggung di Loud Park Festival pada 16 – 17 Oktober. Ajang ini akan menampilkan Motorhead, Korn, Accept, Ratt, Rob Halford, serta Ozzy Ozbourne.

Bagi sekadar penikmat musik cadas, sosok Loudness yang berdiri pada 1981 memang tidak terlalu menghentak dibandingkan grup band asal Eropa dan Amerika saat itu, seperti Judas Priest, Scorpion, Iron Maiden, Motley Crue, AC/DC, Poison, Stryper dll.

Namun sejarah mencatat, band yang didirikan Akira Takasaki (gitaris) dan drummer Munetaka Higuchi ditambah Minoru Niihara (vocal) dan Masayoshi Yamashita (bas) adalah band Asia pertama yang menghentak Eropa dan Amerika Serikat lewat album Disillusion.

Dengan sejarah panggung mencapai 20 tahun, Loudness tercatat sebagai band paling konsisten dalam urusan merilis album, tercatat 24 album penuh dan 2 mini album mereka rilis. Angka yang sangat fantastis untuk grup band heavy metal dunia.

Tampil dalam pre-event Java Rockin`land, Loudness sepanggung dengan Netral, Saint Loco, dan The Brandals. Sebagai penampil senior, Loudness menunjukkan kematangan mereka.

Ditambah pemain drum baru mereka, Masayki Suzuki, trio Akira Takasaki, Minoru Niihara dan Masayoshi Yamashita menggebrak lewat lagu perdana Fire Of Spirits, dinginnya sambutan penonton yang awam mulai terusik oleh tembang Hit The Rails dan nomor klasik Crazy Night.

Usia ketiga personil utama yang separuh abad tidak membuta penampilan Loudness turun, tarikan suara Minoru Niihara tetap melengking saat menyanyikan Heavy Chains atau tembang balada So Lonely dari album Hurricane Eyes, yang tenar di Tanah Air di era 1980-an.

Gemuruh penonton mulai naik saat tembang Crazy Doctor dan In The Mirror, kejutan bagi pecinta musik cadas Medan adalah ketika Loudness memainkan tembang metal King of Pain, gebukan dan double pedal drum Masayki Suzuki yang hari itu berulang tahun ke-38 sukses membius penonton.

Hanya tujuh lagu mereka mainkan, sebuah pertunjukan singkat mengingat biasanya di konser lain mereka memainkan hingga belasan bahkan 20 lagu, namun dengan mengejutkan Loudness kembali naik panggung untuk memainkan nomor klasik lain, S.D.I.

Sejumlah tembang hits Loudness yang tenar di Indonesia seperti Rock & Roll Gypsies, Soldier of Fortune, Long Distance Love atau Let It Go hanya tinggal harapan karena Loudness memang tampil singkat. Aksi solo gitar, solo bass, serta solo drum tak nampak.

“Kami cukup menderita. Medan sangat panas dan lembab. Kami cukup kesulitan bermain di negara Anda,” ujar gitaris Akira Takasaki usai pertunjukan yang memamerkan permainan melodic speed metal tersebut.

Menurut Minoru Niihara sambutan hangat pecinta musik cadas Indonesia membuat Loudness memastikan akan tampil di Jakarta tahun depan. “Tahun depan kami akan tampil di Jakarta. Tunggu kami.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: