it’s about all word’s

Mengilapkan entitas perusahaan

Posted on: October 10, 2010

Judul: Earth.Inc: Using Nature’s Rules to Build Sustainable profit
Penulis: Gregory Unruh
Penerbit: Harvard Business School Publishing, 2010
Tebal: 189 Halaman

Hukum evolusi Charles Darwin secara tegas menyatakan, adaptasi atau mati. Apa yang membuat dinosaurus yang luar biasa besar gagal bertahan? Karena gagal beradaptasi dengan tren alam.

Hal serupa terjadi pada industri global yang mau tidak mau terpengaruh isu dampak lingkungan (enviromental effect) dalam setiap aktivitas dan keputusan bisnis.

Dalam era liberalisasi dan kapitalisme, masyarakat berhak mendapatkan akses informasi secara terbuka dan transparan tentang proses bisnis dalam korporasi yang berpengaruh kepada penataan lingkungan yang lebih baik.

Gerakan ini menumbuhkan istilah-istilah yang muncul di era 1980-an seperti environment governance, eco labelling, dan greener business menjadi suatu ukuran apakah sebuah korporasi memiliki akuntabilitas terhadap lingkungan atau tidak.

Relasi bisnis dengan komunitas masyarakat dan konsumen menjadi suatu model baru dalam mentransformasikan pengelolaan korporasi ke model bisnis yang “lebih hijau” (greener business model).

Tidak bisa dipungkiri gerakan lingkungan sangat berpengaruh dalam perubahan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat sebagai konsumen.

Korporasi yang mampu menciptakan produk dan jasa yang ramah lingkungan akan mendapatkan kredit lebih di mata konsumen. Bahkan produk yang dinilai ramah lingkungan menjadi produk premium di mata konsumennya.

Gregory Unruh mencoba mengajak pembacanya untuk melihat arah di masa datang untuk mengintegrasikan praktek-praktek hijau. Dengan gambling dia memberikan contoh korporasi yang berlomba-lomba menampilkan produk-produk yang selaras dengan isu lingkungan global. Tujuannya tak lain agar konsumen menerimanya.

Korporasi seperti SC Johnson, UPS, Kodak, Coca-Cola, dan Clorox menjadi beberapa contoh korporasi yang memimpin proses cara menciptakan produk bahan yang meniru sifat-dan (hampir) sebagai bumi yang ramah.

Unruh mencoba mengajak agar perusahaan-perusahaan yang telah mapan dengan lini usaha mereka mencoba melakukan perubahan-perubahan yang positif dengan menggabungkan praktek-praktek berkelanjutan.

Buku ini dibagi menjadi lima bab yang masing-masing dengan sistematis memberikan langkah dan data-data yang secara terstruktur bahkan teratur dilakukan perusahaan-perusahaan besar, termasuk kegagalan sejumlah perusahaan karena tidak mengiktui gerakan hijau yang terus bergerak.

Pada bab pertama penulis mengajak lewat langkah sederhana, penghematan bahan baku. Dalam buku ini dijelaskan bahwa sebagian besar produktivitas Bumi terdiri dari karbon saja, hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

Bahan dasar alam ini, termasuk yang membentuk asam amino protein, dan gula menunjukkan hampir semua produk yang diciptakan seharusnya selaras dengan unsur-unsur alam.

Tentu saja untuk dapat menciptakan terobosan yang ramah lingkungan diperlukan otonomi kekuassan dalam hal mencipta dalam hal ini dalam tataran lanjut adalah menciptakan tren ramah lingkungan..

Dengan menciptakan tren ini, secara otomatis akan tercipta siklus nilai karena di setiap lini produksi produk akan tercipta keuntungan ekonomi. Mulai dari penyediaan bahan baku, pengolahan, produksi bahan jadi hingga proses daur ulang.

Di lain pihak berbagai korporasi mulai mendorong perhatiannya kepada upaya pembangunan sosial sebagai sebuah nilai tambah dalam menciptakan merek korporasi di mata konsumen.

Korporasi yang tidak tanggap terhadap perubahan nilai konsumen ini akan di hukum oleh konsumen dengan tidak mengkonsumsi barang dan jasa korporasi tersebut. Upaya korporasi untuk menciptakan produk dan jasa yang selaras dengan nilai-nilai konsumen, bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari publik di pasar.

Dan pada akhirnya terjadi peningkatan konsumsi atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh korporasi tersebut. Sayangnya, ide luar biasa buku ini tidak didukung penerbit, Lihat saja enam lembar kertas yang dibuang secara percuma di bagian akhir buku ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: