it’s about all word’s

Alberto Granado

Posted on: March 6, 2011

Pemimpin puncak Kuba, Fidel Castro kini semakin kesepian. Baru saja rekan seperjuangannya, Alberto Granado, pendamping sepeda motor Ernesto Che Guevara, meninggal di Kuba pada usia 88 tahun.

Media pemerintah Kuba mengatakan Granado meninggal karena sebab alamiah di Havana. Tubuhnya akan dikremasi dan menurut keinginannya, abu harus tersebar di Kuba, Argentina dan Venezuela, kata televisi Kuba.

Bagi penggemar film, perjalanan Alberto Granado dan Ernesto Che Guevara selama delapan bulan di Amerika Latin itu diabadikan dalam film bertajuk Motorcycle Diaries pada 2004.

Perjalanan kedua mahasiswa kedoktera tersebut dimulai pada 1951. Keduanya ingin mengalami kemiskinan dan melihat ketidakadilan sosial. Perjalanan itu dipercaya membangun keyakinan revolusioner Guevara.

Setelah membantu Fidel Castro menggulingkan diktator Kuba Fulgencio Batista pada tahun 1959, Guevara diundang Granado ke Kuba. Setelah tiba di Kuba pada tahun 1961, Granado mengajar biokimia di Universitas Havana.

Jika Granado lebih memilih menjadi guru, Che Guevara memilih terus menjadi pejuang sosialisme dan harus terbunuh di Bolivia pada 1967 saat mencoba untuk memimpin revolusi di sana.

Granado lahir di Cordoba, Argentina, pada tanggal 8 Agustus 1922 dan bertemu Guevara. Dalam film 2004, Granado dimainkan oleh aktor Argentina Rodrigo De la Serna sementara Gael Garcia Bernal bermain sebagai Che.

Kisah tenar The Motorcycle Diaries adalah film biografi berbahasa Spanyol tahun 2004 yang disutradarai oleh Walter Salles.

Kisah ugal-ugalan tersebut dimulai sebelum Ernesto menyelesaikan gelar kedokterannya, dia dan sahabatnya Alberto, usianya lebih tua, meninggalkan Buenos Aires untuk bepergian di sepanjang wilayah Amerika Selatan mencari kesenangan dan petualangan, hingga mencapai tujuan terakhir Venezuela.

Sarana transportasi mereka berupa motor Norton 500 Alberto yang butut dan telah bocor yang dijuluki La Poderosa (“Si Perkasa”) oleh mereka.

Selama dalam perjalanan mereka menemukan banyak wilayah yang dilanda penderitaan dan kemiskinan. Contohnya ketika mereka sedang bersukarela di kawasan penderita kusta di sebelah utara Peru, atau tatkala berhadapan dengan si pemilik tanah yang merampas tanah sepasang suami-istri. Pengalaman tersebut mengubah pandangan Guevara melihat dunia yang dia pikir makin tidak adil.

Perjalanan mereka menghabiskan waktu lebih dari setahun dengan jarak yang ditempuh lebih dari 12.000 km, dari Argentina melewati Chili, Peru dan Kolombia hingga ke Venezuela.

Film yang pemutaran perdananya berlangsung pada Festival Film Sundance 2004 ini mendapat empat nominasi pada Festival Film Cannes 2004; satu penghargaan yang tidak berhasil dijuarai adalah “Palem Emas”.

Film ini juga mendapat dua nominasi pada Penghargaan Oscar ke-77 untuk kategori “Lagu Asli Terbaik” dan “Film Adaptasi Terbaik”. Ia berhasil meraih penghargaan “Lagu Asli Terbaik” (untuk pertama kalinya lagu berbahasa Spanyol meraih penghargaan ini).

Hasta la victoria siempre Granado! Sampai kemenangan abadi nanti Granado!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

March 2011
M T W T F S S
« Jan   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Advertisements
%d bloggers like this: