it’s about all word’s

Melirik jasa pengamanan di laut Somalia

Posted on: April 11, 2011

Pembajakan kapal berbendera Indonesia Sinar Kudus milik PT Samudra Indonesia sekitar 320 mil timur laut Pulau Socotra di perairan Somalia belum menemui titik terang karena pihak yang berkepentingan enggan memenuhi permintaan tebusan dari para pembajak.

Nilai kapal Sinar Kudus mencapai Rp85 miliar sementara nilai muatan biji nikel milik PT Aneka Tambang sejumlah 8.000 ton mencapai Rp1,5 triliun, sementara nilai tebusan yang diminta pembajak di bawah pimpinan Kapted Salad hanya US$3 juta atau setara Rp25,5 miliar.

“Menurut Slamet Juari, Kapten Kapal MV Sinar Kudus hari ini (11/4) pembajak bersedia menurunkan nilai tebusan dari US$3,5 juta menjadi Rp3 juta saja. Seharusnya dengan nilai kapal dan muatan yang dibawa, bisa dibayar tebusan itu,” kata Hanafi Rustandi kepada Bisnis, kemarin.

Juru bicara Menko Polhukam Sagoem Tambun, lanjut Hanafi, juga telah memberikan saran untuk melakukan pembayaran tebusan.

Hanafi melihat kemungkinan melakukan aksi pembebasan awak kapal oleh TNI sulit dilakukan karena Indonesia belum bergabung dengan operasi bersama keamanan Laut Somalia.

“Indonesia tertinggal dibandingkan Singapura dan Malaysia. Pelaut mereka sudah memiliki standar keamanan, jika kapal dibajak mereka memiliki bunker, menghubungi tentara mereka dan dalam tempo setengah jam sudah datang militer mereka,” ujarnya.

Padahal, lanjut Hanafi, lalu lintas kapal Indonesia yang melintas di laut Somalia tidak sedikit. Data Angkatan laut Somalia Uni Eropa (EUNAFOR) dalam dua tahun terakhir, bajak laut di Somalia telah membajak lebih dari 80 kapal.

“Jika Pemerintah tidak mampu melindungi pelaut [Indonesia] mungkin pemilik kapal bisa menyewa jasa pengamanan swasta yang profesional dan beroperasi di wilayah tersebut. Biayanya sekitar US$25.000 hingga US$100.000,” papar Hanafi.

Penelusuran Bisnis mendapati terdapat empat penyedia jasa keamanan bagi kapal yang melintas di laut Somalia yaitu Barthe Cortes, Espada Logistics and Security Group, Maritime & Underwater Security Consultants (MUSC) dan Muse Professional Group Inc.

Jasa keempatnya dimanfaatkan berkat resolusi 1676 yang diloloskan PBB yang memberikan hak untuk menggunakan setiap dan semua langkah yang diperlukan di darat, udara dan laut yang bertujuan untuk menghentikan orang-orang yang melakukan serangan bersenjata atas kapal.

Barthe Cortes adalah pemilik raksasa jaringan transportasi udara dan laut BVC Kenya. Aksi mereka adalah membebaskan kapal mereka pada akhir 2008 yang disebut-sebut mirip film aksi dar der dor.

“Tidak lebih dari setengah jam. Banyak asap, banyak letusan senjata. Hebatnya tak seorang pun tewas,” seorang saksi yang dilindungi seperti dikutip oleh penulis Aaron Wedege.

Sosok bos Barthe Cortes cukup misterius namun aksi korporasi mereka sungguh populer. Salah satunya bekerjasama dengan Virgin Group, Sir Richard Brosman, General Electric dan Boeing untuk uji pesawat angkut berbahan bakar biofuel yang menempuh penerbangan Nairobi (Kenya) ke Marrakesh (Maroko).

Namun, koran Kolumbia, El Espectador menyebut Barthe Cortes dekat dengan fraksi pemberontak FARC, hal ini disebabkan sejumlah karyawan BVC adalah mantan pentolan tentara FARC.

Layanan 24 jam

Sementara Espada Logistics and Security Group adalah organisasi jasa pengamanan yang berdiri sejak 2004 dan bermarkas di San Antonio, Texas, AS. Mereka menyediakan jasa perlindungan on-board (menempatkan petugas di kapal dari titik keberangkatan hingga tujuan.

Espada juga menawarkan pelatihan anti-pembajakan perjalanan di wilayah Teluk Aden atau perairah Somalia. Jasa mereka telah teruji terbukti berhasil menggaet kontrak jangka panjang dengan raksasa jasa pelayaran African Shipping Lines untuk memberikan keamanan untuk kapal perjalanan sepanjang pantai Afrika Timur.

Bagi kalangan pengusaha jasa kapal, Espada yang dikelola oleh mantan pasukan khusus dan mempekerjakan para mantan anggota militer ini paling dikenal karena sudah beroperasi di Asia, Amerika Selatan dan Afrika.

Penulis Stars and Stripes, Sandra Jontz untuk edisi Eropa mendapatkan bandrol jasa Espada. Untuk tiga hari pengawalan kapal cukup bayar US$54.000 sementara tariff jasa pengamanan perjalanan empat hari dari Afrika Timur ke Seychelles atau Mombasa (Kenya) mencapai US$74,000. Untuk mendapatkan jasa Espada, Jim Jorrie menyediakan layanan telepon 24 jam.

Profil jasa Espada yang dipimpin Jim Jorrie identik dengan akronim ‘apa lu minta gua ada’ (palugada) selain menyediakan jasa pengawalan, Espada menyediakan jasa pelatihan, konsultasi, hingga menyiapkan kamp pegawai dengan fasilitas lengkap.

Berbeda dengan Espada yang menyediakan seluruh jasa, Maritime & Underwater Security Consultants (MUSC) yang bermarkas di London lebih fokus pada jasa anti pembajakan dan keamanan kapal.

Sama seperti Espada, jasa MUSC yang konon disebut-sebut didirikan para veteran SAS ini bisa diminta 24 jam melalui telepon atau surat elektronik. Sayang bandrol MUSC tidak diketahui.

Satu perusahaan yang juga mulai kerap dilirik adalah Muse Professional Group Inc atau Muse Professional Group (MAPS) karena menawarkan bandrol lebih miring padahal didirikan oleh para mantan serdadu pasukan khusus.

Perusahaan yang dipimpin Charles Kuneff yang didirikan pada 2002 ini membandrol biaya pengamanan melintasi Teluk Aden hanya US$25.000 dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan aksi pembebasan kapal yang dibajak.

Untuk tim pembebasan kapal, Muse memiliki tim negosiator mantan anggota FBI Soal lobi, Muse memberikan jaminan karena pendiri mereka mantan pasukan khusus SEAL, Baret Hijau hingga bos pabrik senjata api.

Bagaimana mendapatkan jasa mereka? Mudah! Seperti halnya Espada dan MUSC, kontak Muse bisa dilakukan via surat elektronik atau telepon 24 jam. Pertanyaannya? Wani piro?

*Terbit di Bisnis Indonesia edisi 12/4/2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

April 2011
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
%d bloggers like this: