it’s about all word’s

Neal S. Wolin on interview

Posted on: May 23, 2011

Pada 19 Mei 2011, Wakil Menteri Keuangan Amerika Serikat Neal S. Wolin melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Asia Tenggara dan Australia, termasuk Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menekankan pentingnya kawasan tersebut bagi perekonomian global, termasuk Amerika Serikat. Terkait hal tersebut, tim Bisnis mewawancarai Wolin di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Berikut petikannya:

Agenda khusus apa yang Anda bahas dalam kunjungan ke Jakarta kali ini?

Kunjungan saya ke Indonesia dalam rangka untuk memperdalam dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serkat. Dalam kunjungan kali ini, saya berdiskusi dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, yang mencakup beberapa isu bilateral, multilateral, dan kemitraan bersama. Kami juga menjajaki peluang bagi kemungkinan partisipasi sektor swasta AS di Indonesia.

Apakah ada hal khusus yang mengemuka dari pertemuan dengan para pejabat senior pemerintah Indonesia ini? Terkait dengan investasi di Indonesia, misalnya.

Tidak ada hal yang spesifik yang kami bahas, termasuk juga investasi. Kami hanya membicarakan mengenai penguatan hubungan ekonomi antara dua negara, terutama dalam hal mengenai investasi dan perdagangan. Seperti yang diketahui perusahaan Amerika Serikat banyak berinvestasi di Indonesia. Kami juga membahas upaya peningkatan volume perdagangan. Yang jelas kemitraan komprehensif antara dua negara dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, keamanan, dan pemahaman bersama.

Apa arti penting Indonesia di mata pemerintah Amerika Serikat?

Indonesia memiliki arti penting untuk Amerika Serikat mengingat posisi Indonesia sebagai salah satu negara terkemuka di Asia. Kami menilai bahwa Indonesia telah berhasil melakukan tugasnya sebagai ketua ASEAN pada tahun ini. Posisi Indonesia sebagai ketua ASEAN ini, berperan penting dalam sejumlah perundingan multilateral. Selain itu Amerika juga menghargai posisi Indonesia sebagai salah satu anggota G-20. Saat ini kami menunggu gelombang baru untuk menguatkan hubungan bilateral dan multilateral antar dua negara. Cara yang akan ditempuh dengan melakukan kerjasama yang kuat di sektor ekonomi, dan sekaligus menguatkan sistem finansial. Semua itu dapat dilakukan dalam kerangka kemitraan di ASEAN, APEC, dan G-20 di mana kami membahas upaya pencapaian pertumbuhan yang seimbang dan berkelanjutan, sistem keuangan global, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan keterlibatan AS di Asia. Kami bersama akan dapat berbagi kepentingan dan kemitraan.

Terkait internal fiskal AS, saat ini Menkeu Timothy S. Geithner sudah mengajukan proposal kepada Kongres untuk menaikkan pagu utang AS. Sejauh mana upaya tersebut akan diterima oleh Kongres?

Dia [Geithner] telah berlaku transparan mengenai dampak yang ditimbulkan dari masalah itu. Kami harus melonggarkan batas yang diperbolehkan bagi pemerintah untuk berutang untuk memenuhi komitmen legal kami. Pemerintah percaya bahwa Kongres akan meluluskan permintaan tersebut, seperti yang sebelumnya telah dilakukan. Yang pasti pemerintah Amerika memiliki komitmen yang baik terkait hal tersebut. Pemerintah akan melakukan hal terbaik agar Kongres dapat mengambil keputusan yang tepat.

Apakah ada rencana lain andaikata tidak disetujui?

Kami optimistis upaya yang kami lakukan akan disetujui oleh Kongres. Kami tidak ingin mengatakan hal yang sifatnya masih hipotetis.

Apa tanggapan dari Departemen Keuangan AS mengenai keputusan Bank Sentral untuk menghentikan kebijakan pelonggaran kuantitatif? Apakah keputusan itu wajar dilakukan pada kondisi perekonomian saat ini yang masih mengalami defisit neraca perdagangan?

Kami tidak dapat memberikan komentar mengenai hal tersebut karena Dewan Gubernur di Bank Sentral merupakan badan yang independen sehingga kebijakan moneter merupakan hal yang independen juga dari sisi Depkeu. Yang pasti tidak terlihat bijak jika kami mengomentari kebijakan tersebut.

Mengenai defisit neraca perdagangan, sudah sangat jelas bahwa Presiden Obama telah menyatakan bahwa peningkatan ekspor merupakan agenda penting untuk Amerika. Pertumbuhan ekonomi dan juga berkembangnya sektor manufaktur menjadi hal utama saat ini. Yang pasti neraca perdagangan memang masih akan naik dan turun jika diperbandingkan secara bulan ke bulan tapi dalam 13 bulan terakhir, neraca perdagangan kami sebenarnya meningkat. Peningkatan ekspor bagi negara manapun termasuk Indonesia tentunya adalah hal yang penting.

Beberapa pekan lalu, ASEAN membuka kerjasama dengan Uni Eropa dalam kerangka ASEAN Summit ke-18. Sementara negara-negara ASEAN sekarang juga banyak meningkatkan volume perdagangan dengan China. Bagaimana pemerintah AS menyikapi hal ini?

Kami menghormati upaya dan kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara-negara lain. Saat ini investasi Amerika di Indonesia sangat besar di Indonesia dan mencakup berbagai bidang. Mereka boleh berinvestasi di sektor manapun yang menarik bagi mereka. Investor Amerika akan selalu datang dan hadir untuk mencari peluang berinvestasi tidak hanya di Indonesia, tapi juga negara ASEAN yang lainnya.

Apakah AS memiliki arahan khusus terkait dengan kandidat baru pengganti Dominique Strauss-Kahn sebagai Direktur Pelaksana IMF?

Kami menaruh perhatian terhadap jalannya proses pemilihan direktur pelaksana IMF namun untuk keputusannya, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Dewan Eksekutif di lembaga keuangan multilateral tersebut.

Bagaimana pemerintah AS menyikapi tentang aliran dana keuangan dari terorisme di tingkat global, termasuk di Indonesia pascakematian Osama bin Laden?

Sejak dulu kami percaya, dan sampai saat ini masih percaya bahwa sangat penting setiap negara baik di tingkat regional maupun global untuk bersatu memberantas terorisme. Ini bukan hanya tugas AS semata tapi juga tugas multilateral. Indonesia bagi kami akan menjadi mitra AS dalam memberantas isu terorisme ini.

Bersama : Diena Lestari/Nana Oktaviana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2011
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: